Ilustrasi seseorang belanja daring. (Sumber gambar: cottonbro studio/Pexels)

10 Produk Lokal yang Paling Dicari di Ecommerce Sepanjang 2023

23 November 2023   |   18:30 WIB
Image
Luke Andaresta Reporter Hypeabis.id| Menulis seputar arsitektur, desain interior, buku, musik, dan film.

Produk lokal kini makin mendapatkan tempat di hati masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Hal ini tak terlepas dari berbagai inovasi kreatif dari para jenama lokal dan UMKM, yang mampu menciptakan beragam produk  berkualitas. Kontribusinya terhadap ekonomi nasional pun cukup signifikan selama beberapa tahun terakhir. 

Data dari Asia: Markets to Watch 2023 yang diterbitkan WGSN menyebutkan bahwa Indonesia menjadi satu dari lima pasar di Asia Pasifik dengan industri ritel yang berkembang cukup pesat. 

Baca juga: Mau Punya Usaha Jangka Panjang? Cek 8 Hal Penting dalam Business Plan Berikut Ini

Di sisi lain, menurut catatan Badan Pusat Statistik pada 2022, dampak pembelian produk dalam negeri mencapai Rp400 triliun atau berkontribusi cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, yakni sebesar 1,67 persen hingga 1,71 persen. 

Begitupun data Ipsos Global Trend 2021 yang menemukan bahwa 59 persen konsumen di Indonesia tidak setuju bahwa brand global memiliki produk lebih baik daripada brand lokal. Sebanyak 87 persen konsumen pun lebih cenderung untuk memilih membeli produk lokal dibandingkan dengan produk global.

Genhype mungkin bertanya-tanya apa saja produk lokal yang paling diminati masyarakat sepanjang tahun ini. Berikut adalah sejumlah produk lokal favorit masyarakat dari berbagai kategori mulai fesyen, aksesoris, kecantikan, hingga makanan dan jajanan menurut data dari Shopee.

1. Fesyen
Sebagai kebutuhan sandang, fesyen menjadi salah satu kategori produk lokal favorit para pengguna sepanjang tahun ini. Setidaknya terdapat tiga produk fesyen lokal yang paling banyak dicari yakni celana kulot, rok batik lilit, dan hijab pashmina

Kulot adalah celana berpotongan lebar dan sebatas lutut, yang disebut juga sebagai perpaduan antara rok dan celana. Kulot diminati masyarakat lantaran kombinasi sempurna antara gaya trendi dan kenyamanan, serta fleksibel digunakan di berbagai kegiatan.

Sementara itu, rok batik lilit diminati lantaran menggabungkan keanggunan tradisional dan sentuhan modern. Seiring berkembangnya tren outfit berkain tradisional di kalangan generasi muda, keunikan dan kenyamanan rok batik lilit rupanya berhasil menjadi daya tarik sendiri.

Adapun, hijab pashmina dicari lantaran fleksibilitas desainnya yang memungkinkan penggunaya untuk padu padan dengan berbagai gaya. Bahan yang lembut dan ringan dari pashmina memberikan kenyamanan sepanjang hari.
 

Sumber gambar: Shopee

Sumber gambar: Shopee

2. Aksesori
Sebagai pelengkap gaya fesyen, pada kategori aksesoris terdapat dua produk yang paling diminati sepanjang tahun ini yakni dompet dan sepatu sneakers. Dompet yang selalu diandalkan menjadi teman setia dalam menyimpan berbagai dokumen dan materi penting dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam saku-saku fungsional yang dibalut dengan desain stylish, dompet dapat memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mencari kepraktisan dalam menjalani rutinitas.

Sementara sepatu sneakers lokal kini makin diminati lantaran hadir dengan beragam desain yang inovatif, ditambah dengan bahan berkualitas tinggi. Beberapa alasan itulah yang membuat sepatu sneakers karya brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dalam beraktivitas.

Tren ini turut dirasakan oleh Adhitya Caesarico selaku Owner Aerostreet. Adhitya mengatakan meningkatnya tren minat sepatu sneakers lokal di kalangan masyarakat tak lepas dari upaya dan strategi brand lokal dalam membangun budaya pop di masyarakat, lewat inovasi sepatu sneakers yang semakin trendi mengikuti perkembangan preferensi skena sneakers global.

"Melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap koleksi sneakers, kami terdorong untuk mulai mengembangkan produk basic apparel yang tentunya juga cocok digunakan oleh para penggemar sneakers," katanya.

3. Makanan & jajanan tradisional
Berbicara tentang makanan dan jajanan Nusantara, tahun ini basreng dan sambal menjadi bintangnya. Basreng, singkatan dari bakso goreng, merupakan sebuah olahan kuliner yang menggoda selera dengan kelezatan dan kegurihan rasanya. Sebagai menu kuliner yang sangat familiar di Indonesia hingga dunia dan dibalut dengan selera kekinian, basreng berhasil menjadi pilihan favorit baru para pecinta kuliner lokal. 

Sementara itu, beragam varian sambal dengan rasa autentik dari berbagai penjuru Nusantara turut menjadi pilihan favorit penikmat kuliner pada tahun ini. Sebagai warisan rasa Indonesia, sambal memiliki citarasa pedas yang kaya akan kenikmatan rempah-rempah. Kini ada banyak UMKM lokal yang mampu mengkreasikan beragam olahan sambal dengan citarasa kuliner khas Nusantara.

4. Produk kecantikan & perawatan diri
Produk kecantikan dan perawatan diri lokal tak ketinggalan menjadi favorit masyarakat pada tahun ini. Dengan kandungan bahan baku alami, banyak produk perawatan dan kecantikan lokal hadir dengan kandungan vitamin yang sesuai dengan karakteristik kulit masyarakat Indonesia.

Ada tiga produk kecantikan dan perawatan diri lokal yang paling dicari yakni sunscreen, toner, dan lipstik. Sunscreen menjadi salah satu produk paling dicari karena berfungsi memberikan perlindungan optimal dari sinar matahari di cuaca tropis, untuk menjaga kulit dari efek buruk paparan matahari. 

Sementara toner berfungsi untuk menjaga kelembaban dan menyegarkan kulit wajah selama seharian. Adapun, lipstik turut  menjadi pilihan produk lokal favorit masyarakat tahun ini berkat keramahan bahan bakunya serta warna-warnanya yang begitu variatif.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, dengan mutu kualitas yang makin tinggi, produk lokal telah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam berbagai kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, dia menambahkan, pihaknya berkomitmen senantiasa mendampingi perjalanan perkembangan bisnis para pelaku usaha melalui ekosistem terintegrasi yang inovatif dan inklusif. "Kami bertekad untuk selalu menciptakan ruang bagi para pelaku usaha lokal agar semakin inovatif dan berdaya, demi menghadirkan berbagai solusi terbaik untuk menjawab kebutuhan masyarakat," katanya.

Baca juga: Mau Kerja di Perusahaan Teknologi? JobStreet Beberkan Skill yang Dibutuhkan Industri


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Serba-Serbi Kekerasan dalam Rumah Tangga, Penyebab sampai Cara Melaporkan Pelaku

BERIKUTNYA

4 Destinasi Liburan Konsep Nostalgia di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: