ASTON Serang (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Melihat Desain Interior Minimalis Rustic di ASTON Serang, Kedepankan IoT & Smart Room

21 November 2023   |   21:17 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Di tengah maraknya tren staycation, hotel kian berlomba membuat inovasi unik baik dari segi fasilitas hingga tampilan. Desain interior yang menarik disesuaikan dengan konsep tertentu untuk menggaet tamu dengan segmentasi khusus.

Hotel sebagai salah satu akomodasi kini hadir dengan beragam target penginap. Beberapa hotel fokus sebagai akomodasi bagi para pebisnis, beberapa lainnya fokus sebagai akomodasi ramah keluarga. Namun kini tren keduanya bergabung dan diadopsi oleh ASTON Serang, sebuah hotel baru yang memadukan gabungan fasilitas hotel sebagai destinasi berlibur maupun untuk melakukan pertemuan bisnis.

Baca juga: Dar Al Eiman Al Haram Resmi Beroperasi, Pilihan Hotel Bintang Lima di Madinah

Sebelumnya, ASTON membawa konsep beach hotel untuk ASTON Anyer dan konsep boutique hotel untuk ASTON Cilegon. Kini, hotel terbaru dari ASTON di Serang ini membawa konsep yang berbeda lagi. Sejak memasuki bagian lobby, pengunjung tidak banyak melihat ornamen artistik seperti yang biasanya hadir di boutique hotel.
 

ASTON Serang (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

ASTON Serang (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


Sebab, ASTON Serang mengedepankan konsep minimalis untuk hotelnya kali ini. Kesederhanaan konsep minimalis ini tetap tampil elegan dengan sentuhan rustic di beberapa sudut bangunan.

Bagian atapnya juga didesain dengan ceiling yang tingi ingga area lobby tampak lebih luas dengan nuansa warna warm white yang menghangatkan. Cluster Public Relations Manager ASTON Anyer, ASTON Cilegon, dan ASTON Serang Luna Feritha menyebutkan, ASTON memang mengusung tema yang sejalan dengan DNA brand yakni modern Asian.

“Jadi dari segi desain interior, elemen-elemen yang digunakan mengacu pada penggunaan material dengan tampilan natural dan bahasa desain yang banyak terinspirasi dari design Asia timur yang clean,” ujar Luna kepada Hypeabis.id.

Keputusan ASTON Serang dalam memilih desin ini juga mempertimbangkan aspek ergonomis pengguna Asia yang cukup detail, mulai dari tinggi tempat tidur hingga praktikalitas dari segi perawatan. Luna menyebut, ASTON Serang juga mempertimbangkan latar belakang kultural kota Serang ang memiliki asal usul penampilan dari geografis lahan yang berupa sawah.
 

ASTON Serang (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

ASTON Serang (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


Sehingga desain interiornya di area publik ASTON Serang mengedepankan elemen alam yang relevan. Pemadangan alam ini juga bisa dilihat dari area kolam renang dengan area hijau yang cukup luas.

Bagian kamarnya pun menyiratkan kesan minimalis baik dari segi pemilihan warna, ornamen kayu, hingga pemilihan cermin. Bagian menarik lainnya terletak pada pintu kamar mandi yang dibuat dengan dua bilah papan kayu berwarna gelap yang identik dengan desain pintu rustic.

Sementara karpet dengan sentuhan warna navy dan oranye menegaskan sisi modern dari bagian kamar. Sentuhan ini menegaskan komitmen ASTON Serang yang membawa konsep modern melalui fasilitas Internet of Things (IoT) dan smart room.
 

Fasilitas Google Nest di ASTON Serang (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Fasilitas Google Nest di ASTON Serang (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


ASTON Serang tidak lagi menggunakan telepon kabel untuk terhubung dengan resepsonis. Fasilitas telepon kabel ini diganti dengan perangkat Google Nest yang memungkinkan penginap bisa mengakses aktivitas internet secara personal.

“Dari segi desain, konsep smart room ini relevan dengan gaya hidup modern sehari-hari. Karena IoT atau konsep smart room ini melibatkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan fungsionalitas, kenyamanan, dan efisiensi dalam lingkungan kamar,” ujar Luna.

Dengan fasilitas ini, penginap bisa melakukan banyak aktivitas langsung dengan perintah suara, mulai dari menghubungi resepsionis, memesan makanan dari kamar, mengatur alarm, bermeditasi, hingga terhubung dengan smart tv dan platform hiburan seperti YouTube, Netflix, dan lainnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Bocoran Spesifikasi dan Pre-order Samsung Galaxy S24, Rilis Januari 2024

BERIKUTNYA

Badan Bahasa Beri Bantuan Dana untuk Penguatan Komunitas Sastra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: