Samsung bakal merilis seri Galaxy S24 pada 17 Januari 2024. (Sumber gambar: Samsung)

Bocoran Spesifikasi dan Pre-order Samsung Galaxy S24, Rilis Januari 2024

21 November 2023   |   21:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sinyal Samsung merilis seri Galaxy S24 semakin menguat. ‘Orang dalam’ dari perusahaan asal Korea Selatan itu mengungkapkan bahwa smartphone seri terbaru ini akan diluncurkan pada 17 Januari 2024 di San Jose, California, Amerika Serikat. Sesi pre-order juga dibuka pada hari berikutnya. 

Mengutip SamMobile, Samsung memilih San Jose sebagai lokasi perilisan Galaxy 24 ketimbang di Korea Selatan lantaran ada kolaborasi erat dengan Google dan persaingannya dengan Apple. Perusahaan meluncurkan Galaxy S24 dua minggu lebih awal dari Galaxy S23 untuk meningkatkan pendapatan pada kuartal pertama tahun depan. 

SamMobile dalam laporannya juga mengungkap seri terbaru dari Samsung ini terdiri atas Galaxy S24, Galaxy S24+, dan Galaxy S24 Ultra. Ada sejumlah peningkatan dari Galaxy S23 yang diluncurkan pada tahun ini. Berikut bocoran spesifikasi hingga harga Samsung Galaxy S24. 

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy M44, Pakai Chipset Flagship


1. Peningkatan RAM

Samsung diyakini akan meningkatkan kapasitas RAM pada seri Galaxy S24. Untuk pertama kalinya sejak 2019, perusahaan akan menghadirkan RAM 12GB untuk Galaxy S24+. Sementara itu, tingkat penyimpanannya diprediksi mencapai 2TB. 
 

2. Desain

The Elec menyebut perubahan pada desain Galaxy S24 Ultra khususnya, lebih kepada material yang dipakai. Ponsel pintar ini akan menukar Armor Aluminium Samsung dengan titanium. Bingkai titanium ini akan menurunkan bobot ponsel menjadi 233 gram, lebih ringan dari S23 Ultra. 

Ice Universe membocorkan bahwa panel datar Galaxy S24 Ultra berukuran sekitar 6,8 inci dengan resolusi 1440 piksel dan kecerahan maksimal 2.500 nit yang menjadikannya layar ponsel cerah paling terang yang pernah ada.

Dari tampilannya, desain S24 dilaporkan memiliki bezel yang tipis dengan tepian datar, mengikuti jejak Galaxy Z Fold 5. Tata letak kamera masih sama dengan seri sebelumnya. 
 

3. Ganti prosesor

Dalam beberapa laporan, seri Galaxy S24 menggunakan prosesor atau chipset yang berbeda. Untuk Galaxy S24 Ultra, kemungkinan menggunakan Snapdragon 8 Generasi 3, sedangkan model S24 menggunakan Exynos 2400 yang baru di wilayah Eropa. 
 

4. Teknologi kamera 

Galaxy S24 akan mempertahankan lensa 200MP yang sama dengan S23. Bahkan nama model sensornya pun mirip, yakni HP2SX. Kendati demikian, S24 Ultra akan didukung teknologi Zoom Anyplace yang diluncurkan Samsung bersamaan dengan pengumuman Snapdragon 8 Gen 3, semuanya untuk meningkatkan pelacakan video dalam pengambilan gambar. 

Untuk kamera selfie, sepertinya tidak akan ada perubahan. Artinya, model ini akan menggunakan kamera dengan resolusi 12MP yang digunakan pada seri sebelumnya. 
 

5. Banyak fitur AI

Samsung disebut-sebut akan menghadirkan beberapa fitur AI ke seri Galaxy S24. Salah satu yang paling menonjol yakni adanya fitur Samsung Gauss, yang dapat membantu pengguna menulis email, menerjemahkan konten, hingga meringkas dokumen. Pengguna juga bisa menciptakan gambar dari AI milik Samsung ini.

Selain AI, Samsung juga bekerja sama dengan Instagram untuk integrasi media sosial. Galaxy S24 nantinya bisa mengakses mode kamera Instagram langsung dari layar kunci Galaxy S24.  

Galaxy S24 akan memiliki opsi di menu pengaturan yang memungkinkan pengguna mengatur mode kamera Instagram sebagai salah satu pintasan layar kunci ponsel. Fitur ini akan diperkenalkan saat pengguna ponsel membuka aplikasi Instagram untuk pertama kalinya. Nantinya, akan terdapat menu pop-up yang memungkinkan pengguna mencobanya. 

Baca juga: Cek Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy S23 FE

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ulasan Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina, Garuda Cuma Bawa 1 Poin Tambahan

BERIKUTNYA

Melihat Desain Interior Minimalis Rustic di ASTON Serang, Kedepankan IoT & Smart Room

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: