Lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM. (Sumber gambar : Canon)

Cek Fitur Lensa Canon Zoom Ultra Wide Terbaru 2023, Dibanderol Rp50 Jutaan

20 November 2023   |   14:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Canon merilis lensa zoom ultra-wide terbaru mereka, RF10-20mm f/4L IS STM. Dilengkapi Optical Image Stabilizer (IS), kamera ini terbilang ringkas dan memiliki bobot yang ringan, cocok untuk berbagai macam genre fotografi, seperti lanskap, arsitektur, interior, astrofotografi dan juga  video.
 
Canon Business Unit Director PT Datascrip Monica Aryasetiawan mengatakan bahwa lensa ini memiliki focal length lebar 10mm. Dengan demikian, semakin lebar panjang fokus yang digunakan semakin besar juga perbedaan yang dihasilkan di setiap 1mm-nya. 

Baca juga: Hobi Fotografi? Cek Tip & Trik Penggunaan Lensa yang Tepat dari Fotografer Profesional

Saat digunakan pada focal length 10mm, area yang tercakup hampir dua kali lipat dari 14mm dan 1,4x di 12mm, cukup signifikan membantu kamu saat memotret subjek besar di ruang sempit. “RF10-20mm f/4L IS STM hadir melengkapi jajaran lensa zoom Canon yang ringkas untuk hasil gambar yang unik dan lebih luas di berbagai kondisi ruangan,” ujar Monica dalam keterangannya, Senin (20/11/2023).
 
Dengan efek perspektif unik lensa yang dapat memperbesar jarak, objek di dekat lensa jadi terlihat lebih besar. Sementara ruang dan pemandangan yang luas terlihat lebih luas. 

Pada saat yang sama, kemampuan zoom pada lensa ini juga dapat membingkai pemandangan dengan lebih padat. Saat dipasangkan dengan kamera APS-C Canon seri EOS R, lensa ini tetap menjadi lensa ultra-wide dengan focal length 16mm hingga 32mm.
 
Adanya Optical Image Stabilizer (Optical IS), membuat lensa zoom ultra-wide pertama Canon dengan panjang fokus di bawah 13mm ini memudahkan penguna mengambil eksposur panjang dengan tangan hingga stabilisasi gambar 5 stop. Adapun bisa mencapai 6 stop melalui kontrol IS terkoordinasi dengan kamera yang kompatibel, seperti kamera seri EOS R.

Optical IS pada lensa ini juga bekerja sama dengan Movie Digital IS untuk mencapai stabilisasi gambar selama perekaman video, memastikan rekaman handheld yang mulus baik saat berjalan atau berlari.
 
Fitur lainya pada lensa ini adalah Peripheral Coordinated Control. Fitur ini efektif mengompensasi peripheral blurring yang sering terjadi pada lensa ultra-wide. 

Peripheral Coordinated Control yang baru bekerja dengan konfigurasi lensa yang dioptimalkan dan dikoreksi dalam kamera untuk mengontrol distorsi dan aberasi kromatik di seluruh area zoom. Bisa dikatakan lensa ini mampu menyaingi lensa terdahulunya, EF11-24mm f/4L STM, yang terkenal dengan lensa zoom ultra-wide terbaik di kelasnya.
 
Dari segi auto focus, RF10-20mm f/4L IS STM dirancang untuk mengoptimalkan performa Auto Focus (AF) yang cepat ketika memotret, ditambah dengan AF drive presisi tinggi, mulus, dan senyap saat perekaman video. Selain itu, lensa ini juga mengadopsi sensor posisi lensa baru yang digunakan pada lensa Nano USM yang dapat mempersingkat waktu startup kamera, sehingga pengguna dapat mulai memotret secara cepat dari awal kamera dinyalakan.
 
Dari sisi ketahanan, RF10-20mm f/4L IS STM tahan debu dan tetesan air berkat lapisan fluorin. Dilihat desainnya, pada bagian cincin kontrol lensa RF, terdapat kontrol pencahayaan, tombol fungsi baru dapat digunakan sebagai akses cepat yang nyaman untuk berbagai fungsi dan mudah diakses dengan ibu jari. 

Lensa ini memiliki dudukan filter gelatin belakang bagi mereka yang ingin menjelajahi ekspresi yang lebih kreatif melalui penggunaan filter yang berbeda-beda. Lensa ini dipasarkan PT Datascrip dengan harga Rp51,99 juta.

Baca juga: Sony Luncurkan Mirrorless Hingga Lensa Wide Baru, Cocok Buat Bikin Konten

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mengintip Rahasia di Balik Bisnis Kuliner Legendaris yang Masih Eksis di Jakarta

BERIKUTNYA

Datang dari Kampuang Nan Jauh di Mato, Mari Kita Sambut Orkes Taman Bunga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: