Ilustrasi makanan yang menggunakan tambahan rumput laut- Ponyo Sakana (Dok. Pexels)

7 Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh

08 August 2021   |   09:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat atau khasiat lainnya yang terdapat di dalam rumput laut adalah membantu mengurangi risiko kondisi diabetes. Hal itu disebabkan kandungan fucoxanthin pada rumput laut yang bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan gula darah. Bukan hanya itu, zat lain dalam rumput laut yang disebut alginat juga dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam darah.


6. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa jenis rumput laut seperti rumput laut coklat, mengandung pigmen fucoxanthin yang dapat membantu melancarkan metabolisme serta mengubah lemak menjadi energi. Hal itu diperkuat oleh sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa alginat (serat alami yang terdapat pada rumput laut coklat), dapat membantu sekitar 75 persen untuk menghalangi penyerapan lemak pada usus.

Selain itu, serat dalam rumput laut juga dapat memperlambat proses pengosongan perut sehingga membantu kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama dan menunda rasa lapar.


7. Kurangi risiko penyakit jantung

Senyawa antioksidan pada rumput laut juga bermanfaat untuk mencegah risiko kerusakan sel dalam tubuh juga penyakit jantung. Tak hanya itu, kandungan lain seperti kalim dan karbohidrat fucan dalam rumput laut juga bisa mengurangi risiko penyebab penyakit jantung lainnya seperti mengurangi peningkatan kadar kolesterol, tekanan darah, hingga risiko penggumpalan darah.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Pengembang Game Lokal Lokapala Gaet Penyanyi Jinan Laetitia Rilis Skin Anyar

BERIKUTNYA

Meghan Markle Rayakan Ultah dengan Mentoring Perempuan agar Kembali Bekerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: