Gelora Bung Karno, Jakarta. (Sumber foto: Unsplash/Dino Januarsa)

Catat! Ini jadwal & Rekayasa Lalu Lintas Jelang Konser Coldplay di GBK

15 November 2023   |   06:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penantian penggemar Coldplay di Indonesia akhirnya terbayar. Band rock asal Inggris itu siap menyapa para fan setianya di Tanah Air dalam konser Coldplay Music of the Spheres, yang akan digelar pada hari ini, Rabu (15/11/2023), di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta. Puluhan ribu penonton diperkirakan bakal memadati GBK.

Untuk diketahui, GBK sendiri memiliki kapasitas sebesar 77.193 kursi. Besarnya antusiasme masyarakat terhadap konser Coldplay boleh jadi membuat seluruh ruang di GBK bakal dipadati oleh penonton. Hajatan musik ini tentunya bakal membuat ruas-ruas jalan di sekitar GBK juga akan dipadati masyarakat, khususnya mereka yang ingin mengakses venue konser.

Baca juga: Ada Konser Coldplay, MRT Jakarta Beroperasi Hingga Dini Hari

Guna menghindari kepadatan lalu lintas (lalin), pihak kepolisian membuat rekayasa arus lalin situasional di sekitar GBK. Sebagaimana diinformasikan dalam unggahan TMC Polda Metro Jaya di akun X resminya, rekayasa lalin tersebut akan berlaku pada Rabu (15/11/2023) pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Pihak kepolisian mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari kawasan seputaran GBK, guna mencegah kepadatan lalu lintas lantaran adanya konser Coldplay. Sementara untuk para penonton konser, diimbau agar menggunakan transportasi publik. Sebab, GBK tidak menyiapkan kantong-kantong parkir, sehingga pengunjung hanya bisa drop off di pintu-pintu masuk.

Namun, bagi pengendara yang masih harus melintasi kawasan sekitar GBK, pihak kepolisian telah menyiapkan beberapa rekayasa arus lalu lintas seperti berikut ini.
  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi
  • Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi. Tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda
  • Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan, diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi
  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika, dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar
  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau
  • Arus lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar
 
 


Cara Ke GBK Pakai Transportasi Umum

Lokasi GBK yang berada di pusat kota dan strategis sebenarnya memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya menggunakan transportasi umum. Ada beberapa kendaraan publik yang bisa menjadi pilihan untuk menuju GBK. Selain mengurangi kemacetan, menggunakan transportasi publik juga bisa mengurangi polusi udara akibat penggunaan kendaraan pribadi secara massal.

Pengunjung yang ingin ke GBK bisa menggunakan transportasi umum seperti Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, bus Transjakarta, atau Moda Raya Terpadu (MRT). Untuk kalian yang ingin menonton konser Coldplay, berikut adalah beberapa pilihan moda transportasi publik yang bisa diakses, serta rutenya menuju GBK.

1. Kereta Rel Listrik (KRL)
  • Stasiun KRL terdekat ke GBK yaitu Stasiun Palmerah. Bagi yang datang dari arah Bekasi maka langsung turun di Stasiun Tanah Abang. Dari Stasiun Tanah Abang naik KRL tujuan Serpong/Parung Panjang untuk turun di Stasiun Palmerah.
  • Bagi yang datang dari arah Bogor maka tinggal naik KRL jurusan Stasiun Manggarai. Dari Staisun Manggarai naik KRL tujuan Stasiun Tanah Abang untuk turun di Stasiun Palmerah. Bagi yang datang dari arah Serpong dan Tangerang maka bisa langsung turun di Stasiun Palmerah.
  • Dari Stasiun Palmerah, pengunjung bisa transit naik bus transjakarta 1B ke arah Tosari. Turun di pemberhentian Taman Ria, lalu menyeberang dan masuk lewat Pintu Panahan yang ada di seberangnya.
  • Bisa juga berjalan kaki atau naik trasnportasi online (Gojek/Grab). Jarak dari Stasiun Palmerah ke GBK hanya 3 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 8 menit.

2. TransJakarta
  • Untuk sampai ke GBK, Pengunjung bisa naik Transjakarta koridor 1 Jurusan Blok M-Kota. Atau koridor 3F Kalideres - GBK. Kedua jurusan tersebut bisa langsung turun di halte busway Gelora Bung Karno.
  • Dari Jakarta Timur, Anda bisa naik Transjakarta koridor 7 (Kampung Rambutan-Kampung Melayu) turun di Halte Busway Cawang UKI naik koridor 9C (Pinang Ranti-Senayan).
  • Dari Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, Naik Transjakarta koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti) lalu transit di Kuningan Barat naik koridor 9C (Pinang Ranti-Senayan).
  • Dari Jakarta Utara, naik Transjakarta koridor 12 (Tanjung Priuk-Pluit) turun di Halte Transjakarta Kota. Lalu naik koridor 1 (Kota-Blok M) turun di Halte Transjakarta GBK. Dari Halte GBK, bisa masuk lewat pintu 5 di samping Mal fX atau pintu 6 jika dibuka.

3. Moda Raya Terpadu (MRT)
  • Genhype bisa naik dari stasiun MRT mana saja lalu turun di Stasiun Istora Mandiri.
  • Dari stasiun Istora Mandiri, kalian hanya perlu berjalan kaki sebentar karena stasiun terletak di depan pintu 6 GBK.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Pemenang Piala Citra FFI 2023, Women From Rote Island Borong 4 Penghargaan

BERIKUTNYA

Borobudur Writers and Cultural Festival 2023 Rayakan Pemikiran Intelektual Nusantara Edi Sedyawati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: