Ilustrasi bermain game saat larut malam (Sumber gambar: Unsplash/eclipse_images)

Stop Bergadang, Waspadai 5 Efek Buruk Akibat Sering Tidur Larut Malam

13 November 2023   |   16:31 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Tubuh manusia pastinya memerlukan waktu yang cukup untuk beristirahat, agar dapat kembali bugar pada esok harinya serta meningkatkan sistem imun tubuh. Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan menghasilkan energi serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Tidur juga berperan penting dalam memperbaiki kondisi fisik dan mental seseorang. Sementara pada anak-anak dan remaja, tidur adalah waktu di mana tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan. Setiap orang memang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda, tergantung usia dan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Hati-hati, Ini Bahaya Menggunakan Earphone saat Tidur

Waktu tidur yang cukup pada orang dewasa umumnya adalah sekitar 7–9 jam per hari, sedangkan anak-anak perlu tidur selama 10–13 jam setiap hari. Namun, porsi ideal itu seringkali terlupakan seperti saking asyiknya bermain game, tuntutan pekerjaan, atau nongkrong dengan teman hingga larut malam. Semua itu membuat porsi dan kualitas istirahat menjadi terganggu.

Selain menyebabkan mudah mengantuk dan kelelahan, kurang tidur akibat bergadang juga bisa berpengaruh pada kondisi emosi dan psikologis seseorang. Kebiasaan sering begadang pun diketahui dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Dikutip dari laman Kemenkes, berikut lima dampak buruk bagi kesehatan akibat terlalu sering tidur terlalu larut malam dan begadang.


1. Meningkatnya Kadar Gula Darah

Saat tubuh tertidur, akan terjadi penurunan hormon kortisol dan aktivitas sistem darah sebagai pengatur kadar gula darah akan berfungsi dengan normal. Namun, saat kebutuhan tidur terganggu, tubuh akan mengalami stres.

Hal itu dapat berakibat fatal karena hal tersebut dapat memicu meningkatnya kadar gula dalam darah. Risiko penyakit yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah adalah penyakit ginjal dan jantung.


2. Kegemukan (Obesitas)

Dengan kebiasaan bergadang, biasanya rutinitas makan menjadi terganggu. Pola makan yang buruk dapat terjadi karena bergadang. Biasanya, dengan bergadang orang akan mengonsumsi makanan secara berlebihan pada waktu malam hari.

Jika makanan yang dikonsumsi cenderung tinggi lemak dan kalori, tentu saja hal ini dapat mengakibatkan kegemukan. Risiko yang patut diwaspadai adalah kegemukan dapat memicu berbagai penyakit kronis.


3. Menurunkan konsentrasi

Dengan bergadang dan harus memulai hari dengan beragamnya aktivitas, seringkali membuat konsentrasi pecah dan tidak fokus dalam menyelesaikan tugas dan aktivitas sehari-hari.

Hal tersebut dikarenakan tubuh mengalami kelelahan dan mengantuk. Dampak negatif lainnya adalah menurunnya kemampuan otak sehingga membatasi kreativitas dan kurang mampu dalam menyelesaikan masalah atau suatu pekerjaan.


4.    Menurunkan Sistem Imun Tubuh

Kebiasaan bergadang ternyata juga dapat menurunkan sistem imun pada tubuh kita, sehingga sering kali menjadi mudah terkena penyakit. Bergadang membuat tubuh tidak beristirahat dengan cukup.

Kurangnya waktu tidur dan istirahat membuat sirkulasi sel darah putih terganggu. Sel darah putih yang terganggu inilah yang dapat menurunkan sistem imun.


5. Memicu Stres

Dengan bergadang, persiapan untuk memulai hari menjadi kurang terencana. Persiapan yang kurang matang akan mengakibatkan aktivitas menjadi kacau. Kekacauan ini akan membuat mood kita turun, mudah marah dan cemas sehingga menimbulkan stres.

Baca juga: Jurus Jitu Tidur Berkualitas dalam Buku Sleep Healing

Dengan mengetahui beberapa dampak buruk dari kebiasaan bergadang, ada baiknya saat ini Genhype mulai mengatur pola tidur yang cukup dan berkualitas untuk tubuh, agar kesehatan dan kebugaran tubuh senantiasa terjaga.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

3 Film Animasi Keluarga yang Seru dan Mengharukan

BERIKUTNYA

Hari Kebaikan Sedunia Diperingati Setiap 13 November, Simak Ucapan Perayaan yang Menyentuh Hati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: