Sleep Healing (Sumber gambar: Kawan Pustaka)

Jurus Jitu Tidur Berkualitas dalam Buku Sleep Healing

05 October 2023   |   13:36 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Tidur merupakan salah satu kegiatan penting dalam rantai kegiatan manusia. Ahli medis di seluruh dunia sepakat dengan peran tidur yang krusial bagi kesehatan tubuh. Sejak lama, ahli medis pun telah meneliti manfaat tidur yang tidak hanya penting bagi kesehatan fisik melainkan juga mental.

Dalam praktiknya, tidur mengambil peran yang beriringan dengan pola makan dan olahraga. Ketiganya saling mengait, mempengaruhi, dan menjadi dasar dalam aspek hidup sehat.

Baca juga: Kenali 3 Faktor Ini Yang Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur Harian

Aktivitas tidur disebut sebagai waktu terbaik organ tubuh untuk beristirahat. Tubuh menerima nutrisi untuk diubah menjadi energi melalui pola makan. Kemudian olahraga menjadi langkah penting agar tubuh terlatih aktif bergerak. Sementara tidur menjadi ruang bagi tubuh untuk mengambil jeda rehat.
 
Tidur memiliki peran yang sama pentingnya dengan pola makan dan olahraga. Begitulah garis utama yang ingin disampaikan Vishal Dasani dalam bukunya yang berjudul Sleep Healing. Sebagai seorang sleep educator, Vishal mampu meramu kata tentang urgensi tidur dengan penjelasan dan contoh yang konkret. Meski memberi huruf tebal untuk aturan tidur, sang penulis tidak melepaskan penjagaan keseimbangan antara tidur, diet, dan olahraga.
 
Buku ini menepis anggapan tidur hanyalah sekadar memejamkan mata  Tidur mengambil peran besar dalam menjaga kestabilan kesehatan dari seluruh aspek, baik fisik, mental, dan emosional. Penulis membeberkan fakta kesehatan yang dibalut dengan pengalamannya sewaktu kesehatannya hancur karena tidur yang buruk.
 
Sebab, tidur kerap menjadi aspek terbelakang dalam hal menjaga kesehatan. Karena banyak yang belum memprioritaskan pentingnya aktivitas ini, penulis mencoba menceritakan peningkatan kesehatannya setelah menjaga tidur. Insomnia, mood yang tidak stabil, kenaikan berat badan drastis, hingga energi negatif pun perlahan terkendali setelah pola tidur diperbaiki.
 
Dalam suatu halaman, penulis juga menceritakan pengalamannya cedera karena berolahraga terlalu ketat. Kesadaran tentang pentingnya menjaga 3 dasar hidup sehat ini disampaikan dengan jelas oleh penulis.  Bahwa olahraga terlalu keras akan melukai diri sendiri apabila tidak diimbangi dengan dasar hidup sehat lainnya yakni pola makan dan tidur yang berkualitas.
 

Menjaga Emosional Melalui Pola Tidur

Pola tidur yang berantakan mulai menyerang aspek emosional yang sulit dikendalikan. Misalnya, penurunan imun, nafsu makan yang tidak terkontrol, mudah stres, dan mood yang sulit dikondisikan. Apabila terjadi dalam jangka waktu yang panjang, kondisi tidur yang tidak berkualitas ini bisa memicu gangguan pada sistem kesehatan.
 
Penulis tidak mengenakan banyak riset dengan penjelasan rumit. Dia menerjemahkan bahasa-bahasa tersebut menjadi lebih mudah dimengerti lewat pengalamannya sendiri. Fakta-fakta tentang faktor dan besarnya masyarakat yang mengalami kesulitan tidur akibat stress pun dijelaskan secara mengalir dan rapi.
 
Buku ini juga mengajak pembacanya menanyakan diri sendiri tentang kualitas tidur. Sebab, tidur berkualitas bukan hanya tentang kecukupan waktu tidur saja, melainkan juga tentang hal-hal positif yang dialami setelah bangun tidur. Dijelaskan pula mengenal kelebihan pola tidur alami tanpa penggunaan obat-obatan tidur yang marak di pasaran. Bahwa masalah tidur bisa diperbaiki dan dituntaskan dengan cara yang alamiah.
 
Buku Sleep Healing menjelaskan tentang makna ‘healing’ melalui kesempurnaan kualitas tidur. Sebuah buku pegangan yang cocok dibaca bagi mereka yang ingin mendapatkan jurus jitu tidur berkualitas. Tidur dapat membantu meningkatkan kesehatan dan memiliki kaitan dengan produktivitas. Terdapat banyak energi positif yang tersaring apabila kebutuhan tidur baik secara durasi dan kualitas mampu terpenuhi.

Baca juga: Cara Mudah Menentukan Jam Tidur & Durasi Agar Istirahat Lebih Berkualitas


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Ini Resep Puding Kukus Saus Karamel ala Jepang

BERIKUTNYA

Prediksi Setlist Konser Charlie Puth Live Experience di Jakarta 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: