Ilustrasi memakai tabir surya (Sumber gambar:Mikhail Nilov/Pexels)

Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Paparan Sinar Matahari

13 November 2023   |   15:15 WIB

Sering beraktivitas di luar ruangan dapat membuat kulit menjadi belang. Sebab paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa membuat kulit yang tidak terlindungi oleh pakaian menjadi lebih gelap. Hal itu tentu bisa menyebabkan seseorang kurang percaya diri ketika mengenakan baju yang terbuka.

Jika Genhype sering terpapar sinar matahari yang memancarkan sinar UVA dan UVB yang bisa memberikan dampak negatif pada kulit. kalian berisiko mengalami masalah kulit, mulai dari kulit terbakar, kering, mengalami penuaan dini sampai kanker kulit.

Baca juga: 6 Bagian Tubuh yang Sering Lupa Diolesi Sunscreen, Waspadai Bahaya Sinar UV

Namun Genhype tidak perlu khawatir, berikut ini adalah cara mengatasi kulit belang yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang dilansir dari Healthline.


1. Gunakan tabir surya

Hampir 95 persen dari sinar matahari yang mencapai permukaan bumi adalah UVA. Sinar ini tetap kuat meskipun langit sedang mendung atau sinarnya tetap memapar kulit setelah menembus kaca sekalipun. Meski begitu, menghindari aktivitas luar bukanlah solusi aman. Sebaiknya, penting untuk melindungi diri dengan pakaian pelindung, terutama menggunakan tabir surya.

Penggunaan tabir surya untuk mengatasi kulit belang dinilai cukup efektif. Namun, perlu diingat untuk menggunakannya dalam jumlah yang cukup. Disarankan menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 dan juga menggunakan sekitar 1/4 sendok teh tabir surya pada wajah untuk memastikan mendapatkan perlindungan yang cukup.

2. Skincare dengan kandungan yang dapat memperbaiki kerusakan kulit
Melakukan pencegahan tentu lebih baik daripada mencoba memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Namun jika sudah telanjur, ada berbagai opsi pengobatan untuk mengatasi kerusakan kulit akibat sinar mmatahari.

Dengan menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan mengembalikan dan memperbaiki barrier yang rusak disebabkan oleh sinar matahari :
  • Niacinamide dan Azelaic Acid. Menurut Lortscher niacinamide adalah bahan yang kuat berfungsi untuk mengurangi bercak gelap dan hiperpigmentasi kulit. Sedangkan Azelaic Acid adalah bahan yang diresmikan oleh FDA yang bekerja mencerahkan noda gelap yang biasanya muncul akibat peradangan jerawat atau paparan sinar matahari.
  • Topical Retinols dan Retinoids. Bahan ini adalah turunan vitamin A ini bekerja mengatasi hiperpigmentasi dengan mempercepat pergantian sel epidermis dan mekanisme lainnya.
  • Vitamin C. Bahan ini memberikan manfaat anti- penuaan dan memperbaiki kerusakan kulit bahkan sebelum muncul kerusakan kulit.
  • Alpha Hiroxy Acids (AHAs). Bahan ini dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi. Disarankan menggunakannya pada malam hari.


3. Periksa Kembali kandungan bahan pada produk skincare

Jika kalian masih berusaha mengatasi bercak gelap yang baru muncul, penting untuk dengan cermat memantau rutinitas perawatan kulit. Paparan sinar matahari tambahan dapat membuat bercak semakin gelap.

Baca juga: Sunscreen Spray VS Krim, Mana yang Lebih Ampuh Melindungi Kulit dari Sinar UV?

Oleh karena itu, selalu periksa komposisi bahan dalam produk skincare untuk memastikan tidak ada bahan yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hitam Putih Dasiyah, Desainer Hagai Pakan ungkap Makna Kebaya dalam Serial Gadis Kretek

BERIKUTNYA

Vino G Bastian Ungkap Tantangan Pendalaman Karakter Sultan dalam Film Gampang Cuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: