World Kindness Day atau Hari Kebaikan Sedunia dirayakan pada 13 November tiap tahunnya. (Sumber gambar: Awareness Days)

Hari Kebaikan Sedunia Tiap 13 November, Begini Sejarah & Cara Merayakannya

13 November 2023   |   08:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

World Kindness Day atau Hari Kebaikan Sedunia dirayakan pada 13 November tiap tahunnya. Seperti namanya, Hari Kebaikan Sedunia adalah peringatan global untuk mempromosikan dan merayakan tindakan kebaikan. Peringatan mengingatkan kita akan dampak besar dari kebaikan, baik individu maupun komunitas.

Menjadi jembatan dari kesenjangan ras, agama, politik, gender dan geografis, kebaikan adalah hal mendasar bagi kemanusiaan. Hari Kebaikan Sedunia dibuat agar menjadi dorongan bagi masyarakat dunia, untuk mempraktikkan tindakan kebaikan sekaligus budaya empati dan kemurahan hati.

Baca juga: Memperingati Hari Kebaikan Sedunia 13 November, Ini Sejarah & Cara Memperingatinya

Semua orang bisa memanfaatkan kesempatan perayaan ini untuk berbuat kebaikan apapun sesuai dengan kemampuan. Bisa dimulai dari sesuatu yang sederhana seperti, tersenyum ramah kepada orang lain, memuji pakaian seseorang ataupun mengirim pesan teks ucapan selamat pagi kepada orang-orang yang kalian sayangi.


Sejarah Hari Kebaikan Sedunia

Hari Kebaikan Sedunia digagas pada 1997 ketika lembaga nonprofit The World Kindness Movement (WKM) atau Gerakan Kebaikan Dunia mengadakan konferensi pertamanya di Tokyo, Jepang, untuk mempertemukan organisasi-organisasi yang berpikiran sama dari seluruh dunia.

Mengutip dari laman resmi The World Kindness Movement, WKM kini diakui sebagai badan global tertinggi dalam hal gerakan kebaikan dunia, meskipun bukan merupakan badan pengatur kampanye tersebut. WKM merupakan platform untuk berkolaborasi dan berbagi. Misi WKM adalah untuk menginspirasi individu berbuat kebaikan yang lebih besar, dengan mempertemukan negara-negara untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

Sejak 1998, konferensi gerakan kebaikan internasional tersebut ditetapkan sebagai acara tahunan yang dihadiri banyak negara. Seiring waktu, gerakan kebaikan semakin meluas di seluruh dunia. Banyak negara yang akhirnya terlibat dalam gerakan kebaikan dunia. Pada 2019, WKM akhirnya terdaftar sebagai LSM berdasarkan hukum Swiss.

Anggota gerakan ini mencakup lebih dari 27 negara dengan perwakilan dari Australia, Brasil, Kanada, Tiongkok, Prancis, India, Italia, Jepang, Liberia, Malaysia, Meksiko, Nepal, Belanda, Selandia Baru, Nigeria, Oman, Pakistan, Rumania, Skotlandia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Swiss, Thailand, Uni Emirat Arab, Uganda, Ukraina, Inggris, Amerika Serikat, dan Zimbabwe.

Tujuan dari pertemuan global tersebut ialah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya gerakan kebaikan dunia, berbagi ide dan pengalaman mengenai program kebaikan di berbagai negara, serta meningkatkan keanggotaan internasional dan memberikan kesempatan bagi anggota untuk berjejaring dan berkolaborasi di antara mereka sendiri.
 

Banyak cara untuk menyebarkan pesan kebaikan. (Sumber gambar: Priscilla du Preez/Unsplash)

Banyak cara untuk menyebarkan pesan kebaikan. (Sumber gambar: Priscilla du Preez/Unsplash)

Cara Merayakan Hari Kebaikan Sedunia

Untuk berpartisipasi dalam merayakan Hari Kebaikan Sedunia, bisa dimulai dengan cara sederhana namun berdampak untuk membuat perbedaan positif di dunia. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk merayakan Hari Kebaikan Sedunia.

1. Berbuat baik sepanjang hari

Sepanjang hari ini, lakukan tindakan kebaikan secara sadar untuk lingkungan sekitar kalian, seperti membantu tetangga, memuji rekan kerja, atau bersikap ramah pada orang-orang yang kalian temui. Tak hanya bermanfaat bagi orang lain, tindakan kebaikan semacam itu juga bisa menambah energi positif pada diri sendiri.

2. Sebarkan pesan positif

Untuk merayakan Hari Kebaikan Sedunia, kalian juga bisa membagikan pesan-pesan positif baik di media sosial ataupun grup-grup aplikasi obrolan. Bukan tak mungkin, pesan-pesan positif yang kalian sebarkan bisa menginspirasi orang lain agar bersikap baik dan penuh kasih sayang.

3. Menjadi relawan

Hal lain yang bisa kalian lakukan adalah dengan menjadi sukarelawan di sebuah badan amal atau organisasi nirlaba yang sejalan dengan nilai-nilai kalian. Banyak organisasi sosial yang membutuhkan relawan untuk membantu sesama.

4. Berikan donasi

Perayaan Hari Kebaikan Sedunia juga mengingatkan kita untuk jangan lupa memberikan sebagian dari penghasilan, dan mendonasikannya untuk amal. Bantuan tersebut tentunya sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan baik di bidang pendidikan, perawatan kesehatan, dan kemanusiaan.

5. Mengajarkan kebaikan

Tindakan kebaikan juga perlu diajarkan kepada anak-anak. Orang dewasa dan orang tua perlu mendidik dan memberikan contoh kepada anak-anak untuk memiliki rasa empati, kasih sayang, sehingga terdorong berbuat kebaikan sesama manusia. Kebaikan yang terus diturunkan tentunya bisa memperpanjang kondisi dunia yang baik.

6. Tindakan kebaikan yang acak

Hari Kebaikan Sedunia yang jatuh hari ini juga bisa dirayakan untuk mengejutkan seseorang, dengan tindakan kebaikan yang acak. Seperti membelikan kopi kepada orang asing, atau meninggalkan pesan penyemangat untuk seorang teman.

Baca juga: Ajarkan Anak Banyak Kebaikan di Momen Idulfitri

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Hypereport: Musik dan Perjuangan Para Pahlawan yang Tak Pernah Selesai

BERIKUTNYA

Gmail Bersih-bersih Akun Nonaktif Per 1 Desember 2023, Cek Kriterianya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: