Ilustrasi kebaikan. (Sumber gambar: Kelly Sikkema/Unsplash)

Memperingati Hari Kebaikan Sedunia 13 November, Ini Sejarah & Cara Memperingatinya

13 November 2022   |   09:29 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Dunia memperingati Hari Kebaikan Sedunia pada 13 November setiap tahunnya. Hari ini diperingati sebagai ajakan bagi seluruh manusia di dunia untuk berbuat baik pada sesama. Adapun kebaikan ini bisa dirayakan dengan berbagai cara sederhana seperti memberi senyuman dan bantuan kepada orang yang belum dikenal sebelumnya.

Dilansir dari National Today, Hari Kebaikan Sedunia ini mulanya dirayakan pada 13 November 1998 untuk mempromosikan kebaikan ke seluruh manusia di dunia. Perayaan itu dibuat setelah adanya gerakan kebaikan sedunia pada tahun yang sama. Peringatan mengenai kebaikan ini pun semakin menyebar di negara-negara seluruh dunia.

Dalam perayaan perdananya, Hari Kebaikan Sedunia ini diperingati oleh banyak negara seperti Amerik Serikat, Kanada, Jepang, Australia, hingga Uni Emirat Arab. Kemudian pada 2009, peringatan ini semakin luas menjangkau negara lainnya seperti Italia, Singapura, dan India.

Beberapa negara memiliki aksi khusus dalam merayakan Hari Kebaikan Sedunia, misalnya berpatisipasi daalam kegiatan sosial sebagai volunteer.

Baca jugaPeringatan Hari Kebahagiaan Sedunia Tiap 20 Maret, Begini Sejarahnya

Tujuan dari dicetuskannya peringatan Hari Kebaikan Sedunia ini adalah memberi kesempatan bagi setiap manusia untuk merenungkan prinsip manusia yang paling penting yakni betindak dalam hal kebaikan. Hari Kebaikan Sedunia tidak membatasi tindakan kebaikan baik itu kecil ataupun besar.
 

Ilustrasi kebaikan (Sumber gambar: Lina Trochez/Unsplash)

Ilustrasi kebaikan (Sumber gambar: Lina Trochez/Unsplash)

 

Cara merayakan Hari Kebaikan Sedunia 13 November:


1. Berikan senyuman pada sesama manusia

Cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kebaikan Sedunia adalah dengan memberi senyuman hangat kepada sesama manusia. Tak harus orang yang kamu kenal, cobalah untuk melempar senyuman ramah kepada orang-orang di yang ditemui di jalan sembari memberi sapaan hangat.
 

2. Berikan kursi di transportasi umum

Saat sedang berada di transportasi umum, memberikan tempat duduk kepada yang membutuhkan merupakan kebaikan yang menyentuh hati seseorang. Perhatikan jika kamu sedang duduk di kursi prioritas dan berikan tempat duduk yang kamu miliki kepada yang membutuhkan seperti lansia, disabilitas, ibu hamil, dan ibu yang membawa balita.
 

3. Ucapkan maaf, tolong, dan terima kasih

Di Indonesia, kata ini kerap disebut sebagai tiga kata ajaib dalam kebaikan. Jangan lupa untuk mengucapkan kata maaf, tolong, dan terima kasih saat kamu hendak meminta bantuan kepada seseorang. Selain terkesan lebih sopan, ucapan ini juga bisa memberi kesan hangat kepada orang yang sedang kamu mintai pertolongan.
 

4. Ikut dalam kegiatan sosial

Untuk Genhype yang memiliki waktu luang, tak ada salahnya jika kamu mengikuti berbagai kegiatan sosial sebagai volunteer. Terdapat banyak kegiatan volunteer yang bisa kamu diikuti baik dari gerakan organisasi atau gerakan mandiri. Aktiflah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan selama satu hari ini.
 

5. Menulis surat untuk diri sendiri

Siapa bilang Hari Kebaikan Sedunia hanya berbicara tentang kebaikan kepada orang lain? Memberi kebaikan kepada diri sendiri merupakan hal yang penting untuk menunjukkan kecintaan kepada diri sendiri. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan cinta kepada diri sendiri seperti menulis surat, berolahraga, menonton, dan lainnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Pasti Digelar di GBK, Segini Harga Tiket Konser BLACKPINK dan Jadwal Penjualannya

BERIKUTNYA

Jakarta Content Week 2022 Kembali Digelar dengan Tema Collabrate

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: