Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang untuk menunjang penampilannya (Sumber gambar: Averie Woodard/Unspalsh)

Tips Memiliki Rambut Indah Dengan Perawatan yang Mudah

29 September 2023   |   21:43 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit kepala dari lingkungan luar terutama perubahan cuaca. Selain itu, rambut juga merupakan mahkota bagi setiap orang untuk menunjang penampilannya. Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan keinginan setiap orang apalagi bagi para wanita.

Menjaga kondisi rambut agar tetap sehat dan berkilau tentu saja bukan hal yang mudah. Sebagian orang bahkan rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit agar rambut tidak mendapatkan masalah. Namun, tidak hanya struktur rambut saja yang dijaga, kondisi kulit kepala juga wajib untuk diperhatikan.

Baca juga : Jurus Jitu Perawat Rambut untuk Tampil Lebih Menarik
 
Abigael Alisa, seorang produk Innovation dari salah satu brand shampoo, menjelaskan bahwa beberapa masalah kerusakan rambut yang sering terjadi adalah kerontokan, bercabang, dan juga ketombe. Tidak hanya itu, masalah lain yang perlu diperhatikan adalah  kulit kepala yang berminyak, kering, dan lemah terutama pada kulit kepala hijabers.

“Jadi untuk perawatan rambut seperti yang kita tahu itu banyak, hanya di sini tuh kita lebih fokus ke kulit kepala. Kalau kulit kepalanya udah bagus, gak lemah, itu berarti rambut  akan sehat atau terhidrasi gitu. Kalau untuk tipe rambutnya sendiri, seperti yang masyarakat sudah tahu seperti berminyak, kering dan sebagainya,” tutur Abigael.
 
Selain menjaga agar tidak terjadi kerusakan pada batang rambut, menyampo rambut secara berkala juga dapat mengurangi risiko tumbuhnya bakteri di kulit kepala. Namun sebagian orang tidak memiliki edukasi yang baik dalam membersihkan kulit kepala.  

“Sebenarnya waktu yang pas itu selama 2 hari sekali, karena ketika kalian menyampo rambut setiap hari, maka minyak alami dari kulit kepala akan ketarik dan berkurang padahal minyak itu dibutuhkan untuk nutrisi kulit kepala,” jelas Abigael.

Keindahan rambut terbukti dapat meningkatkan mood seseorang, untuk mendapatkan rambut yang sehat sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang fantastis. Kalian dapat menggunakan shampoo dan conditioner yang cocok sesuai dengan permasalahan rambut yang kalian alami. Oleh sebab itu, kepada tim Hypeabis.id,

Abigael juga menjelaskan beberapa perawatan yang dapat dilakukan di rumah berdasarkan jenis rambut. Berikut beberapa perawatan yang dapat kalian lakukan berdasarkan jenis rambut.
 

Rambut Lurus

 

Rambut Lurus ( Sumber gambar: Tamara Bellis)

Rambut Lurus ( Sumber gambar: Tamara Bellis)



Memiliki rambut lurus merupakan impian bagi sebagian orang. Namun, ketika kalian tidak bisa merawat dengan baik, maka akan menimbulkan berbagai masalah. Rambut lurus memiliki ciri, tidak ada lekukan atau gelombang pada struktur rambut, jenis rambut yang memiliki kelebihan  tumbuh secara cepat dibandingkan yang lain, dan merupakan jenis rambut yang cepat berminyak sehingga terlihat berkilau atau shiny.

Bagi kalian yang memiliki jenis rambut ini, kalian dapat menggunakan hair care yang tidak mengandung bahan oyli atau minyak berlebih. Kalian juga dapat menggunakan shampoo atau conditioner secara berkala serta menggunakan vitamin rambut sebelum menggunakan hair dryer.
 

Rambut Bergelombang

 

Rambut Bergelombang ( Sumber gambar: Omurden Cengiz)

Rambut Bergelombang ( Sumber gambar: Omurden Cengiz)



Tidak sedikit orang menginginkan jenis rambut bergelombang yang dapat membuat penampilan terlihat lebih manis. Bahkan sebagian orang rela mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan rambut bergelombang. Ciri dari jenis rambut ini adalah rambut memiliki bentuk bergelombang alami, terlihat lebih bervolume dan juga tebal, jenis rambut yang lebih berkilau jika dibandingkan dengan rambut ikal, mudah kusut.

Oleh sebab itu, kalian yang berambut gelombang dapat menggunakan sampo yang sesuai kulit kepala, menggunakan conditioner setiap habis keramas, dan menghindari penggunaan hair dryer. 
 

Rambut Ikal

 

Rambut Ikal ( Sumber gambar: Thought Catalog/Unsplash)

Rambut Ikal ( Sumber gambar: Thought Catalog/Unsplash)



Jenis rambut yang satu ini,  dapat kita jumpai pada masyarakat yang hidup di bagian Timur Indonesia. Rambut ikal memiliki pesona tersendiri di mata masyarakat, biasanya sebagian orang juga mulai menggunakan teknologi untuk merubah rambutnya menjadi ikal. Jenis rambut ini memiliki ciri berbentuk S, mudah untuk diubah atau styling, dan cenderung cepat kusam dan kering.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian dapat menggunakan produk perawatan rambut yang memberikan cairan yang cukup pada batang rambut dan membuat rambut lebih berkilau, menggunakan conditioner setelah keramas, hindari meluruskan rambut dengan panas berlebih dan juga hair dryer.
 

Rambut Keriting

 

Rambut Keriting (Sumber gambar: Atiya Walker)

Rambut Keriting (Sumber gambar: Atiya Walker)



 Jenis rambu ini, biasanya memiliki ciri lebih bervolume, memiliki tekstur rambut yang kering dan juga kasar, struktur rambut yang lebih rapuh dan mudah kusut. Oleh sebab itu, kalian dapat menghindari penggunaan heat styling tools, hindari keramas dalam jangka pendek, dan menggunakan shampoo dan conditioner yang mengandung minyak..
 
“Kalian dapat menggunakan berbagai produk shampoo dan scalp care sesuai kebutuhan misalnya menggunakan shampoo yang khusus digunakan oleh kulit kepala berminyak, kulit ketombe, rambut rusak, bebas lepek,  dan rambut rontok. Setelah menggunakan shampoo kalian juga dapat menggunakan conditioner agar lebih lembab,” terang Abigael.
 
 Baca juga:  5 Manfaat Jus Bawang Merah untuk Rambut Sehat & Berkilau, Begini Cara Penerapannya

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Tips Hemat Berbelanja Saat Tanggal Gajian

BERIKUTNYA

Performa Tinggi & Desain Stylish, Cek Harga dan Spesifikasi Asus Vivobook S 15 OLED BAPE Edition

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: