Ilustrasi konser. (Sumber foto: Pexels/Cheyenne Shotton)

Tip Menghadapi Gempuran Konser Biar Kantong Enggak Boncos

06 November 2023   |   18:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Konser dan festival musik di Indonesia marak menjelang akhir tahun. Musisi lokal dan internasional seperti God Bless hingga Coldplay siap menghibur penggemarnya. Namun bagi mereka yang multi fandom alias ngefans lebih dari satu idola, tentu tantangan yang dihadapi adalah menyiapkan dana untuk beli tiket hingga kebutuhan saat hadir di konser yang berlangsung dalam jangka waktu dekat.

Menghadapi situasi ini, butuh perencanaan keuangan yang matang supaya kebutuhan primer dan hiburan kamu tetap terjaga. Bagaimana caranya? simak beberapa tips berikut ini yuk.

Baca juga: Jadwal Konser dan Festival Musik Sepanjang November 2023, dari Coldplay hingga Joyland


1. Hitung Rincian Dana yang Dibutuhkan

Buat rincian dana yang dibutuhkan. Pastikan kamu telah mengetahui dengan jelas berapa uang yang harus dikeluarkan untuk tiket konser, transportasi, akomodasi, serta uang tambahan untuk jalan-jalan hingga membeli souvenir dan jajanan. 

Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, kamu bisa menikmati momen berharga tanpa perlu khawatir tentang kendala keuangan di tengah-tengah perjalanan. Jangan lupa untuk tetap bijak dalam menggunakan uang dan sisihkan sebagian dana untuk hal-hal yang tidak terduga. 


2. Sedia Payung Sebelum Hujan

Seringkali kegagalan dalam melakukan suatu perjalanan terjadi karena kurangnya perencanaan dari jauh-jauh hari. Mengutip keterangan resmi Bank DBS, disarankan untuk mengubah mindset. Jangan menunggu sampai idola kamu datang baru mempersiapkan dana konser. Sebaliknya, mulailah menabung sedini mungkin, bahkan sebelum pengumuman konser itu datang. 

Kamu juga dapat menyiasati hal ini dengan cara membagi dana ke beberapa tabungan terpisah. Jadi, kamu akan lebih mudah dalam memisahkan uang untuk keperluan sehari-hari dengan konser sehingga uang yang ada di dalam tabungan primer tidak terpakai untuk keperluan-keperluan lain.


3. Ubah Transaksi Jadi Cicilan

Sangat berat jika kamu langsung membayar tiket konser, pesawat, hotel, dan lain-lain di muka sekaligus. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan fitur cicilan di perbankan digital agar pengeluaran terbagi selama beberapa bulan. Hal ini dapat membuat kamu lebih mudah dan fleksibel dalam mengelola pengeluaran bulanan sekaligus mempertahankan arus kas yang lebih baik. 
 

4. Manfaatkan Diskon dan Promo

Supaya pengeluaran lebih hemat, kamu harus rajin menelusuri berbagai sumber informasi termasuk situs web perjalanan hingga aplikasi pemesanan hotel. Sebelum membuat keputusan, jangan lupa bandingkan harga dari beberapa penyedia dan bila memiliki kode promo, jangan lupa dimasukkan pada saat pembayaran. Buat yang punya kartu kredit, beberapa bank memiliki program promo, poin rewards, serta mileage travel yang bisa dimanfaatkan.


5. Cari Penghasilan Tambahan

Cari penghasilan lebih yang dapat membantu kamu untuk mengumpulkan uang tiket konser dengan lebih cepat. Dana tambahan ini pun dapat kamu gunakan untuk menikmati transportasi dan akomodasi yang lebih bagus, sehingga perjalanan semakin nyaman. Kamu bisa melakukan beberapa alternatif untuk mencari penghasilan tambahan, seperti melakukan kerja paruh waktu (part-time job), freelance, atau menjual barang-barang preloved.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

20 Lagu Teratas Tangga Lagu Billboard Hot 100 2023, Taylor Swift Urutan Pertama

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Open Gate, Penukaran Wristband & Aturan Penting Sebelum Datang ke Konser Coldplay

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: