People pleaser mengedepankan perasaan orang lain daripada diri sendiri. (Sumber foto: Pexels/Budgeron Bach)

Mengenal Karakteristik People Pleaser, Perlu Dihilangkan?

04 November 2023   |   09:40 WIB

Karakteristik people pleaser ternyata, dapat kita temui pada banyak orang. Namun, memiliki karakteristik ini tidak selamanya baik bagi diri sendiri. Mungkin, Genhype sering merasakan seperti ini? Yuk, kita bahas seputar karakteristik ini lebih lanjut serta cara mengatasinya yang mungkin akan membantu kalian!

Apa sih, people pleaser itu?

Baca juga: Pentingnya Relaksasi untuk Kesehatan Fisik, Mental, dan Emosional

People pleaser adalah sebutan bagi orang yang sering merasa 'ga enakan' kepada orang lain. Orang seperti ini cenderung berusaha untuk selalu menyenangkan orang lain, bahkan mereka mengambil keputusan yang dibuat berdasarkan bagaimana orang lain akan bereaksi juga apa yang diharapkan orang lain kepadanya.

Seorang people pleaser akan memiliki kecenderungan untuk melakukan segala hal agar orang lain tidak kecewa terhadapnya, seperti yang dilansir dari webmd. Memelihara sifat ini bisa mengganggu kualitas hidup kalian, lho, Genhype.

Walau saling menghargai satu sama lain adalah hal yang positif dan harus dilakukan, karakter yang satu ini bisa dibilang terlalu menghargai orang lain dan malah menjadi tidak menghargai dirinya sendiri. Di dalam karir ataupun kehidupan pribadi, orang yang berkarakter people pleaser sering kali mengalami kesulitan untuk mencapai tujuannya.

Ternyata secara tidak langsung, memiliki sifat people pleaser menandakan bahwa kalian merasa kedudukan orang lain lebih tinggi dibanding dengan diri kalian sediri di hidup ini. Ada beberapa tanda yang dapat kalian ketahui pada people pleaser, yakni:
  • Tidak pernah pengakui perasaan sendiri, baik itu saat sedih atau marah
  • Selalu mau membantu orang lain, tapi sungkan menerima bantuan
  • Meminta maaf atas hal-hal yang sebenarnya tak perlu
  • Menyalahkan diri sendiri
  • Merendahkan diri sendiri
  • Selalu setuju dengan pendapat orang lain dan mengabaikan pendapat pribadi untuk menghindari perdebatan
  • Merasa bertanggung jawab atas perasaan orang lain
  • Membutuhkan pujian untuk merasa berharga
 

Nah, berikut ini beberapa cara untuk berhenti menjadi people pleaser, sehingga kalian lebih bisa menyayangi diri sendiri:

 

1. Berani bersikap tegas ke orang lain maupun diri sendiri

Bersikap tidak enakan serta kurang tegas akan membuatmu menjadi people pleaser. Jadi, biasakan bersikap tegas pada dirimu sendiri dan orang lain. Jika kalian dimintai bantuan tapi di luar kapasitas atau merugikan diri sendiri, kalian bisa menolaknya dengan baik dan beri mereka pemahaman apa yang membuat kalian tidak bisa membantunya.

 

2. Tidak perlu minta maaf untuk kesalahan pihak lain

Tentu kalian harus meminta maaf jika telah membuat kesalahan. Tetapi, artinya bukan setiap saat kalian harus meminta maaf, apalagi jika kesalahan itu bukan terletak pada diri kalian. Sebab, kebiasaan meminta maaf yang sebenarnya tidak perlu dilakukan merupakan ciri dari seorang people pleaser


3. Prioritaskan kebahagiaan kalian

Kebahagiaan bukan dicari, tapi kita ciptakan sendiri. Genhype tidak bisa memaksakan respon orang lain akan selalu sesuai dengan ekspetasi. Maka dari itu cari dan temukan kebahagiaan diri kalian sendiri. Tidak harus selalu memikirkan apa yang dipikirkan orang lain terhadap kita, karena hal itulah hambatan untuk bisa merasa bahagia.

Ayo mulai cintai diri sendiri juga kembangkan potensi pada diri kalian. Di hidup ini, orang lain akan datang dan pergi. Jadi, orang lain tidak perlu kalian cintai, karena dirimu sendiri yang paling layak mendapatnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Melihat Serunya Persiapan TRUST Orchestra Sebelum Konser The Legends 9: Adventures From Disney-Pixar

BERIKUTNYA

Detail Meet & Greet Baekhyun EXO di Jakarta, Rundown Acara hingga Venue Map

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: