Ilustrasi (Dok. Alexavier Rylee/Pexels)

4 Tips Self Love ala Inez Kristanti

27 January 2022   |   08:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Terkadang, saat menjalani berbagai tuntutan peran dan tanggung jawab yang berbeda setiap harinya, banyak orang menjadi lupa untuk merawat dan memberikan penghargaan terhadap diri sendiri. Padahal, meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri juga penting untuk dilakukan.

Self love atau mencintai diri sendiri juga menjadi penting bagi penyanyi Cantika Abigail. Menurutnya, dengan self love, dia bisa lebih mengenal dan mencintai diri sendiri dengan menjalani berbagai kegiatan yang disukai seperti olahraga, menonton film, ataupun memberikan self reward  sebagai bentuk terima kasih kepada diri sendiri.

Self love sangat penting kita miliki agar kita bisa lebih menerima dan menghargai diri kita sendiri,” katanya dalam satu webinar yang diadakan Shopee, Rabu (26/1/2022).

Menurut Psikolog Klinis Inez Kristanti self love sebaiknya dilihat sebagai sebuah perjalanan dan bukan tujuan. Hal itu dikarenakan sepanjang perjalanan hidup, katanya, kita mungkin akan mempelajari cara-cara baru untuk menerima hal-hal dalam diri kita yang tidak bisa kita ubah, sambil terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Inez pun memberikan 4 tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri seperti berikut ini.
 

1. Ketahui  kebutuhan diri sendiri

Cara untuk menerapkan self love berbeda untuk semua orang, oleh karena itu hal utama yang perlu dilakukan saat mulai membangun rasa cinta terhadap diri sendiri adalah dengan mencoba untuk mencari tahu kebutuhan diri sendiri.

Kamu bisa mulai dari mengenal kelebihan dan kekuranganmu, mimpi dan harapanmu, kegiatan favoritmu, dan yang paling penting apa yang membuatmu merasa senang. Tujuannya adalah untuk menentukan hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk memberikan apresiasi kepada diri sendiri, yang merupakan bentuk dari self love.
 

Ilustrasi (Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)


2. Jangan takut untuk menolak

Setiap orang punya hak untuk berkata “tidak”, baik kepada diri sendiri maupun orang di sekitarnya. Sayangnya, kita sering merasa kesulitan untuk berkata “tidak” karena enggan menyakiti hati orang lain.

Namun perlu diingat bahwa kita juga memiliki batas, tanggung jawab, dan kepentingan yang perlu dituntaskan. Jadi, jangan lagi takut untuk menolak permintaan dari seseorang dan belajar lah bersikap tegas demi kebaikan dirimu sendiri. Bantulah orang lain saat kamu merasa mampu, baik itu berupa jasa maupun finansial.

(Baca juga: Awali Tahun dengan Hal Sederhana Ini untuk Kembangkan Diri)


3. Siapkan waktu me time

Ditengah kesibukan sehari-hari, kita seringkali merasa lelah dengan berbagai tekanan ataupun rutinitas yang berulang. Jika terus dibiarkan, hal ini bisa mengakibatkan stres dan burn out. Oleh karena itu, kita perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri, atau yang sering disebut dengan me-time.

Tak perlu waktu banyak, me time bisa kamu lakukan secara sederhana dengan meluangkan sedikit waktu "turn-off" di tengah kesibukan. Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai, kamu bisa melepas penat dan mengembalikan mood sehingga bisa lebih semangat dalam menjalani hari.
 

4. Belajar menerima

Walaupun sudah berusaha semaksimal mungkin, terkadang kita masih sering dikecewakan oleh realita, dan berakhir menyalahkan hingga membenci diri sendiri. Saat hal tidak berjalan sesuai dengan rencana, sebaiknya kita berusaha untuk berlapang dada dan mengubah mindset dengan menerima bahwa memang ada beberapa hal yang ada di luar kendali dan tidak bisa diubah.

Bukan berarti menjadi cepat menyerah, tetapi kita harus tetap optimis dan percaya bahwa akan ada hal baik lainnya yang bisa diusahakan untuk menjadi kenyataan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ayah Bunda, Yuk Ajak Anak Belajar Literasi lewat Aplikasi Ini

BERIKUTNYA

Ini Kata Wakil Ketua Christie's International tentang Girl with Closed Eyes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: