The Wonderfall di Terminal 2 Bandara Changi. (Sumber gambar : Changi Airport)

Wajah Baru Bandara Changi, Ada Air Terjun Digital Setinggi 14 Meter

03 November 2023   |   00:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, Bandara Changi Singapura menghadirkan nuansa baru di Terminal 2 (T2) nya. Di aula keberangkatan T2, kini terdapat air terjun digital dengan teknologi inovatif yang imersif, The Wonderfall. Ada pula Dreamscape, taman yang menyegarkan mata di dalam area transit.
 
The Wonderfall merupakan kanvas digital setinggi 14 meter yang terletak di tengah taman vertikal, menampilkan keindahan alam dengan air terjun megah yang mengalir di atas batu-batu megalitik. Sementara itu, Dreamscape tampil memesona dengan rangkaian tanaman menawan di tengah latar belakang yang ditata dengan cermat.
 
Dreamscape makin hidup dengan kemegahan langit digital yang dapat berubah warna di waktu tertentu. Adapun nuansa baru yang terletak di Bandara Changi ini merupakan proyek ekspansi dengan ruang seluas 21.000 meter.
 
Tan Lye Teck, Programme Director Terminal 2 Expansion Project Changi Airport Group mengatakan T2 menganut filosofi kemegahan alam, mulai dari desain langit-langit nan alami hingga desain dinding, pola karpet, dan pilihan tampilan hortikultura. Warna hijau alam yang dihiasi beragam tanaman, menciptakan suasana tenteram nan menyejukkan, menumbuhkan rasa tenang dan rileks bagi wisatawan dan pengunjung, terutama dari Indonesia.
 
"Kami mengintegrasikan suasana terminal modern yang terinspirasi dari alam, dengan pengalaman digital yang imersif, teknologi inovatif, serta konsep ritel. dan kuliner transformatif yang menciptakan nuansa tempat yang spesial,", ujar Tan Lye dalam keterangan resminya, Rabu (1/11/2023).
 
Selain itu, area transit T2 juga menawarkan TV Loungedengan layar LED besar. Ada pula The Gourmet Garden, area makan dengan pemandangan apron yang menakjubkan dan dedaunan yang menggantung di langit-langit, 
 
Cita rasa khas Singapura hadir du The Gourmet Garden. Cicipi menu sate khas Singapura di Satay Club by Harry’s, dengan kreasi koktail fusion lokal seperti Chendol Colad, TSK "Kopi" Ice, dan Harry's Singapore Sling yang terkenal. 
 
Ruang publik T2 yang telah direvitalisasi juga menjadi rumah bagi sejumlah merek lokal dan internasional. Ada Kopi Kenangan dari Indonesia dengan beragam pilihan minumannya yang mempertemukan Asia dengan dunia. Hidangan khas yang wajib dicoba adalah Kenangan Latte, perpaduan indah antara espresso dan gula aren. 
 
Bagi para penggemar dim sum, merek lokal terkenal Swee Choon akan hadir tetap dengan hidangan-hidangan favorit sekaligus memperkenalkan gelato teh susu Hongkong yang akan bekerja sama dengan kafe es krim lokal Creamier secara eksklusif di Changi Airport. 
 
Changi Airport juga menawarkan serangkaian inovasi mencakup Fast and Seamless Travel (FAST) untuk penggunaan umum (common use), peningkatan otomatisasi kios check-in dan mesin penyerahan bagasi. Dengan Automated Clearance Initiative, penumpang dengan paspor biometrik yang memenuhi syarat dapat memanfaatkan jalur imigrasi otomatis ketika tiba di Changi Airport. 
 
Selain itu, sistem penyimpanan bagasi sudah otomatis dengan kemampuan menyimpan hingga 2.400 tas secara bersamaan. Proyek ekspansi T2 mampu meningkatkan total kapasitas Changi Airport sebesar 5 juta penumpang per tahun (mppa/million passengers per annum) menjadi 90 mppa. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

 

SEBELUMNYA

Don’t Scream, Game Horor Menyusuri Hutan Pinus Mencekam

BERIKUTNYA

Cek 6 Segmen Pameran Seni Unik di Art Jakarta 2023, Ada Art Jakarta Galleries & AJX

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: