Kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang memiliki banyak penggemar. (Sumber gambar: Ionn Mark/Unsplash)

5 Jenis Kaktus Unik untuk Mempercantik Ruangan, Golden Barrel sampai Mickey Mouse

03 November 2023   |   09:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Salah satu tanaman yang banyak digandrungi oleh masyarakat adalah kaktus. Selain mudah dirawat dan memiliki manfaat dalam meningkatkan kualitas udara, kaktus juga memiliki warna yang indah. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya itu, kaktus jadi tanaman populer di kalangan pecinta tanaman hias. 

Ada banyak jenis kaktus di dunia. Tiap jenis kaktus punya ciri dan keunikannya masing-masing. Muhammad Arya Budiyanto atau akrab disapa Pambudi, Owner usaha Sunny Garden membeberkan beberapa jenis kaktus yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. 

“Di sini kita ada berbagai jenis kaktus mulai dari gymno three color hingga golden barrel. Kalau perawatannya kami biasa menyiramnya seminggu sekali atau menyesuaikan dengan kondisi tanamannya. Untuk proses penyiraman diusahakan menggunakan air yang banyak hingga air menetes pada bagian bawah pot,” katanya dijumpai dalam acara Kehati Nusantara Expo belum lama ini. 

Lantas apa saja jenis kaktus yang cocok untuk dijadikan tanaman hias, yang bisa ditaruh di dalam ruangan atau rumah? Berikut ulasannya. 

Baca juga: 5 Jenis Kaktus Cantik yang Lagi Banyak Diburu & Cara Perawatannya


1. Kaktus Gymno Three Color 

 Kaktus Gymno Three Color. (Sumber gambar: Teona Swift/Unsplash)

Kaktus Gymno Three Color. (Sumber gambar: Teona Swift/Unsplash)

Seperti namanya, jenis kaktus gymno three color memiliki tiga warna yakni merah, kuning, dan ungu. Dijelaskan oleh Pambudi,  warna pada tanaman hias yang satu ini diperoleh melalui proses penyilangan dengan berbagai jenis kaktus lainnya sehingga membentuk biji kaktus. Setelah itu, biji hasil penyilangan tersebut akan disemai hingga menghasilkan gymno three color.
 

2. Kaktus Ekor Tupai

Kaktus Ekor Tupai. (Sumber gambar: Christine Clar/Unsplash)

Kaktus Ekor Tupai. (Sumber gambar: Christine Clar/Unsplash)

Jenis kaktus dengan nama latin aprocactus martinus ini memiliki bentuk seperti ekor tupai dengan setiap sisi ditutupi oleh duri. Tanaman hias kaktus ekor tupai ini dapat ditempatkan di luar dan dalam ruangan. Hal inilah yang membuat jenis kaktus ini memiliki banyak penggemar. Penyiraman tanaman ini dapat dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu serta melakukan pemupukan sekitar sebulan sekali menggunakan pupuk NPK.
 

3. Kaktus Mickey Mouse

Kaktus Mickey Mouse. (Sumber gambar: Stefan Kunzer/Unsplash)

Kaktus Mickey Mouse. (Sumber gambar: Stefan Kunzer/Unsplash)

Jenis kaktus yang satu ini memiliki bentuk yang unik dengan batang bercabang menyerupai bagian kepala Mickey Mouse. Dengan keunikan tersebut, kaktus ini banyak diincar para pecinta puspa Nusantara. Sedangkan untuk perawatannya, Genhype hanya perlu menyimpannya di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Penyiraman dapat dilakukan disesuaikan, dan jangan berlebihan karena akan menyebabkan pembusukan.
 

4. Kaktus Golden Barrel

Kaktus Golden Barrell. (Sumber gambar: Scot Webb/Pexels)

Kaktus Golden Barrell. (Sumber gambar: Scot Webb/Pexels)

Kaktus dengan nama lain echinocactus grusonii ini berbentuk unik. Sering disebut sebagai gentong emas karena memiliki bentuk bulat dengan duri berwarna keemasan. Jenis kaktus ini juga dapat menjangkau diameter 50 cm sehingga membuatnya terlihat menarik.
 

5. Kaktus Astro Kabuto 

Kaktus Astro Kabuto. (Sumber gambar: Hassan Oujbir/Unsplash)

Kaktus Astro Kabuto. (Sumber gambar: Hassan Oujbir/Unsplash)

Dijelaskan oleh Pambudi, jenis kaktus yang satu ini diperolehnya dari hasil impor dari negara Thailand. Tanaman ini memiliki bentuk seperti kaktus golden barrel. Namun, hal yang membedakan keduanya terletak pada motif. Kaktus Astro Kabuto memiliki corak totol-totol berwarna putih yang membuatnya berbeda dengan kaktus jenis lain.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tanaman Kaktus Cantik yang Mudah Dirawat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mencicipi Gurihnya Pizza Tipis dan Lebar ala New York Style

BERIKUTNYA

Daftar Game Rilis November 2023 di PC, PlayStation, Xbox, dan Nintendo Switch

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: