Ilustrasi gim daring. (Dok. Onur Binay dari Unsplash)

3 Gim Favorit Penggemar Esports di Indonesia, Apa Saja?

06 August 2021   |   15:56 WIB

Perkembangan esports atau gim daring yang pesat tidak lepas dari peran pelaku industri dan penggemar esports yang aktif di ekosistem industri. Apalagi hal ini didukung dengan keaktifan para penggemar esports di Indonesia yang cenderung lebih banyak bermain gim ketimbang melakukan aktivitas hiburan lain seperti menonton serial atau film.

Dengan mudahnya akses bermain gim daring melalui gawai atau ponsel, banyak anak-anak semakin tertarik untuk bermain gim ini sebagai hobi bahkan rutinitas. Lantas apa saja gim paling sering dimainkan?

Data Indonesia Esports Industry Outlook 2021 menunjukan bahwa gim daring yang banyak dimainkan adalah Mobile Legends: Bang Bang (82,56%), Free Fire (36,14%), dan PlayerUnknown's Battleground Mobile (5,43%). Gim lain yang juga menjadi pilihan adalah FIFA, Pro Evolution Soccer (PES), dan Point Blank.

Chief Marketing Officer EVOS Esports, Michael Wijaya, membenarkan data tersebut. Selain itu, dia juga menambahkan bahwa siaran langsung dari kompetisi Free Fire memiliki penonton terbanyak hingga 5,4 juta likes.

Adapun dari segi perilaku bermain, riset yang sama menunjukan bahwa 33,65% pemain gim Indonesia bermain satu gim dalam sebulan. Sementara 27,96?rmain dua gim sebulan, 15,4% bermain tiga gim sebulan, 22,99?rmain lebih dari tiga gim sebulan.

Perkembangan gim dari mobile device sebelumnya sudah diungkapkan melalui data dari Newzoo dan Tencent, Games & Esports: Bona Fide Sports, yang rilis pada akhir Juli. Dalam data tersebut terungkap bahwa perkembangan esports di kawasan Asia Tenggara banyak didorong oleh industri gim seluler atau mobile gaming.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Sukses Jualan Pulsa dan Paket Data Usai Kena PHK, Ini Tipsnya

BERIKUTNYA

Hilang Hampir 50 Tahun, Lukisan Ikonik Margaret Keane Ditemukan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: