Instagram (Pexels/Tofroscom)

5 Langkah Efektif Memproteksi Akun Instagram dari Ulah Peretas

06 August 2021   |   14:05 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Instagram telah menjadi salah satu aplikasi media sosial paling populer di dunia. Platform di bawah naungan Facebook Group ini juga dikenal memiliki tingkat keamanan tinggi untuk memastikan penggunanya aman dari para peretas. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa tingkat keamanan yang mumpuni di platform tetap memerlukan tindakan-tindakan dari pengguna untuk mengamankan akun mereka sendiri.

Dilansir dari Gadgets Now, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk meningkatkan sistem keamanan akun Instagram :

1. Gunakan security checkup
Fitur bari dari aplikasi Instagram yang disebut Security Checkup akan berguna jika akun Instagram kalian diretas. Pengguna dapat meninjau aktivitas login dan informasi profil, serta memperbarui informasi kontak pemulihan akun.

2. Aktifkan otentifikasi dua faktor
Kalian juga harus mengaktifkan otentifikasi dua faktor guna memastikan tidak ada orang tanpa one time password (OTP) masuk ke akun. Pengguna bisa memilih mendapat OTP lewat pesan teks atau pada aplikasi WhatsApp.

3. Aktifkan permintaan masuk
Ini merupakan perpanjangan autentifikasi dua faktor, di mana menampilkan upaya login yang dihasilkan tiap kali seseorang mencoba masuk ke akun kalian. Permintaan ini dapat disetujui atau ditolak dari perangkat yang sudah masuk.

4. Periksa daftar perangkat yang menggunakan akun
Instagram memungkinkan penggunanya untuk melihat semua perangkat termasuk ponsel, tablet, dan laptop yang memiliki login ke akun. Ini bisa diperiksa di bagian Pengaturan, Keamanan, Aktivitas Masuk.

5. Perbarui nomor telepon dan email
Jika akun kalian diretas, platform akan mencoba mengautentifikasi lewan identitas email atau nomor telepon. Oleh karenanya, sangat penting untuk memastikan bahwa dua hal tersebut terikat di Instagram dan selalu aktif.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mirriam Eka Curhat dalam Single Terbaru Berjudul Jodoh Orang

BERIKUTNYA

RIset: Penggemar Esports di Indonesia Kebanyakan Berusia di Bawah 18 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: