Ilustrasi pesawat (Sumber gambar: Unsplash/Ben Klewais)

Sejarah Hari Penerbangan Nasional & Kumpulan Ucapan untuk Memperingatinya

27 October 2023   |   06:47 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hari Penerbangan Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 27 Oktober. Peringatan tersebut didasari dari sebuah peristiwa penting dan monumental yang terjadi pada 78 tahun yang lalu, ketika sebuah penerbangan bersejarah berhasil dilakukan di Yogyakarta.

Melansir dari laman resmi TNI AU, pada 27 Oktober 1945 atau tepat sehari sebelum puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tahun tersebut, area Pangkalan Maguwo (sekarang dikenal Pangkalan Udara Adisutjipto) di Yogyakarta terlihat lebih sibuk dari biasanya.

Para teknisi dengan teliti mengecek sebuah pesawat Cureng bertanda bulat Merah Putih yang akan diterbangkan untuk membangkitkan semangat Sumpah Pemuda. Komodor Udara Agustinus Adisutjipto atau lebih dikenal dengan Pak Adi, menjadi satu-satunya penerbang Indonesia yang ada di sana kala itu. 

Baca juga: Cek Survei Terbaru tentang Kecenderungan Pengguna Maskapai Penerbangan
 

a

Ilustrasi pesawat (Sumber gambar: Unsplash/Fasyah Halim)

Dia pun terpilih untuk menerbangkan pesawat Cureng dengan bendera Merah Putih untuk pertama kalinya di langit Indonesia. Hari itu Komodor Udara Adi sukses menjalankan misi penerbangan. Dia bahkan sempat membawa pesawat itu berputar-putar di Angkasa Pangkalan Maguwo dan disaksikan dengan rasa kagum oleh seluruh anggota pangkalan kala itu.

Peristiwa ini pun jadi momen penting dalam perkembangan penerbangan di Indonesia. Hari itu, sejarah mencatat pesawat Indonesia bertanda Merah Putih berhasil terbang di langit Nusantara yang baru saja merdeka.

Momen bersejarah itu kini terus diperingati oleh segenap bangsa Indonesia dalam peringatan Hari Penerbangan Nasional yang dirayakan setiap 27 Oktober. Peringatan ini menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia, khususnya TNI Angkatan Udara pada periode awal-awal kemerdekaan.

Untuk menyemarakkan peringatan Hari Penerbangan Nasional, Genhype bisa ikut merayakannya kembali belajar mengenai sejarah penting ini. Selain itu, Genhype juga bisa berbagi ucapan peringatan Hari Penerbangan Nasional kepada teman, rekan, keluarga, dan di media sosial.

Berikut adalah 15 Ucapan Peringatan Hari Penerbangan Nasional 2023 yang bisa digunakan untuk merayakan momen bersejarah ini:
  1. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2023! Dengan semangat dan tekad yang kuat, marilah terus mengukir prestasi dalam dunia aviasi internasional.
  2. Semoga penerbangan Indonesia bisa terus maju dan menjadi jembatan terkuat untuk menghubungkan dunia. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2023!
  3. Terbanglah pesawat Indonesia dan raihlah harapan bangsa. Semoga dunia penerbangan Indonesia makin jaya!
  4. Hormat kami untuk para insan aviasi Indonesia. Mari bawa dunia penerbangan Indonesia ke era yang lebih maju. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2023!
  5. Penerbangan adalah jembatan menuju sebuah petualangan baru yang lebih menantang. Mari jelajahi dunia dan bikin bangga nama Indonesia di kancah internasional
  6. Penerbangan adalah jendela dunia. Mari kita sejenak mengapresiasi semua teknologi yang membawa dunia penerbangan Indonesia menjadi makin maju.
  7. Jangan pernah menyerah dan berhenti, terbangkanlah impianmu sejauh mungkin. Peristiwa besar pada Hari Penerbangan Nasional telah membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama ada tekad dan semangat untuk melakukannya.
  8. Hari ini 78 tahun lalu telah tercipta sejarah. Hari ini dunia penerbangan juga harus terus menciptakan sejarah baru. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2023!
  9. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2023! Saatnya kita generasi muda meneruskan perjuangan para pahlawan di dunia aviasi dengan prestasi-prestasi baru.
  10. Teruslah terbang tinggi industri penerbangan Indonesia. Kepakkan sayap-sayap indahmu untuk terus mengangkasa di berbagai belahan dunia.
  11. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2023 untuk semua pilot yang penuh dedikasi tinggi. Apresiasi setinggi-tingginya untuk para teman-teman yang bekerja di dunia aviasi.
  12. Mari kita rayakan dengan sukacita langkah pertama Indonesia dalam menggapai langit biru Nusantara. Selamat Hari Penerbangan Nasional!
  13. Hari ini kita merayakan pionir yang berhasil membuka pintu awal penerbangan Indonesia. Sebuah inspirasi yang akan terus hidup bertahun-tahun setelahnya.
  14. Selamat Hari Penerbangan Nasional. Hari ini adalah saat yang tepat untuk menghormati pilot atas dedikasi mereka di dunia aviasi.
  15. Mari teruskan tongkat estafet kemajuan dunia penerbangan Indonesia. Semoga dunia aviasi Indonesia terus berjaya!
Baca juga: 10 Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Harga & Cara Pembelian Tiket Film Taylor Swift: The Eras Tour

BERIKUTNYA

Tracklist Album Baru JKT48 Kamikyokutachi - Mahagita Vol 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: