Sesi konferensi pers serial web Pusaka (Sumber gambar: Djarum Foundation)

Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) Rilis Serial Web Pusaka, Petualangan 3 Sahabat Lindungi Alam

26 October 2023   |   08:13 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Serial web bertajuk Pusaka karya produksi Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) resmi menayangkan episode perdananya pada Oktober 2023 ini. Mengusung tema menarik dan edukatif tentang menjaga keseimbangan alam melalui gerakan berbasis digital Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling).

Sejak 2018, BLDF konsisten mengemas beragam konten positif di media sosial yang memotivasi banyak orang untuk berbagi hal-hal positif dan inspiratif. Seperti yang diketahui, Pusaka menjadi serial web keempat setelah tiga seri sebelumnya yang berjudul Prince Darling, Jumpa, dan Healing Trip.

"Saat membuat ide konten, banyak yang bertanya apakah cerita tentang lingkungan akan menarik untuk generasi muda? Namun di lihat dari pencapaian lewat 3 serial web sebelumnya, kami telah memperoleh 12,5 juta penonton di YouTube," kata Mutiara Diah Asmara, Director Communication Djarum Foundation, di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Rabu (26/10/2023). 

Lebih lanjut dia berujar, konten edukasi tentang pelestarian lingkungan dalam bentuk medium film pendek atau serial merupakan salah satu cara menarik untuk menjangkau generasi muda. Dengan demikian makin banyak dari mereka yang sadar untuk selalu menjaga dan melindungi alamnya.

"Melalui serial web Pusaka, kami ingin menggaris bawahi gagasan bahwa kelestarian lingkungan terwujud dari buah kesadaran kita sebagai manusia untuk bersama-sama menjaga alam termasuk di dalamnya warisan sejarah bangsa," ujarnya lagi.

Pusaka artinya harta benda berharga atau barang yang diwariskan dari nenek moyang. Oleh karena itu, manusia perlu menjaga dan merawatnya sampai ke generasi selanjutnya. Film ini mengajak penontonnya untuk menjaga alam sebagai pusaka yang diwariskan turun temurun.

Adapun Pusaka sendiri dibintangi oleh Rezky Mickey sebagai Bima, Audya Ananta sebagai Risa, Ucup Klaten sebagai Getuk. Tayangan ini memadukan konsep persahabatan, imajinasi, dan petualangan di dalamnya. 

Sinopsisnya mengisahkan tentang tiga sahabat, Bima, Risa, dan Getuk yang mendapatkan mimpi aneh, di mana mereka didatangi kakek tua misterius yang menyuruh mencari pusaka. Akhirnya tiga sekawan itu berpetualang mencari Pusaka yang ada di tiga lokasi di Yogyakarta.
 

Sesi talkshow pemutaran serial web Pusaka (Sumber Foto: Djarum Foundation)

Tim produksi serial web Pusaka (Sumber Foto: Djarum Foundation)


Selain mengikuti alur ceritanya yang seru, penonton juga akan dimanjakan dengan pemandangan tiga lokasi tempat ditemukannya pusaka tersebut. Di antaranya ada Candi Prambanan Gunung Api Purba Nglanggeran, dan Pantai Watu Lumbung.

Turut hadir juga dalam acara tersebut, Adnan Djani selaku penulis serial web Pusaka yang memaparkan bahwa filmnya memiliki pesan utama untuk merawat lingkungan dan menjaga harmonisasi alam.

Ide ceritanya terinspirasi dari Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko yang memiliki makna Hubungan antara manusia dengan alam, Hubungan antara manusia dengan sesamanya, dan Hubungan antara manusia dengan spiritual

"Sebenarnya di situ kuncinya, kemudian terpikirlah sebuah ide bagaimana ya kalau misalnya manusia menyeimbangkan ketiga hal itu," kata Adnan.

Lebih lanjut dia berujar, dalam film ada kata-kata berbunyi ini ono ing Sukmo, yakni kuncinya ada di sukma atau jiwa, artinya pelestarian alam dan harus dimulai dari dari dalam diri kita sendiri.

Tak ketinggalan, Ucup Klaten sebagai pemeran Getuk juga memaparkan bahwa sedikit banyak film ini memengaruhinya untuk lebih peduli dengan pelestarian lingkungan. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya dan menanam pohon di rumah.

"Dulu biasanya saya suka buang bungkus permen sembarangan, sekarang kalau ada sampah saya kantongin dulu sampai ketemu tempat sampah, saya juga jadi suka menanam bunga di rumah," katanya.

Dalam film Pusaka diperlihatkan dua aksi pelestarian lingkungan dari program utama gerakan Siap Darling, seperti bersih-bersih sampah dan penanaman pohon. Apabila Genhype terinspirasi dengan Getuk, Risa, dan Bima, kalian bisa bergabung di gerakan Siap Darling.

Sampai saat ini terdapat 3.313 Darling Squad yang tersebar di 252 Kabupaten/Kota dan 314 kampus di seluruh Indonesia. Selain membersihkan sampah dan menanam pohon di situs-situs bersejarah, komunitas ini juga memiliki kegiatan seperti bersih-bersih sungai dan edukasi pengolahan sampah. 

Nah Genhype, jangan ketinggalan serial web Pusaka yang tayang setiap Jumat, pukul 17.00 WIB di kanal YouTube Siap Darling.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

3 Film Indonesia Tayang Hari Ini di Bioskop, Ada Saranjana: Kota Ghaib

BERIKUTNYA

10 Ucapan Hari Sumpah Pemuda 2023 Penuh Semangat, Cocok Dibagikan di Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: