Siswa sedang belajar di dalam kelas. (Sumber gambar: Pexels/ Tima Miroshnichenko)

10 Kata-kata Bijak untuk Merayakan Hari Pelajar Sedunia

15 October 2023   |   11:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setiap 15 Oktober, dunia merayakan Hari Pelajar Sedunia, yakni sebuah perayaan untuk para pelajar yang telah berjuang dalam meraih ilmu. Berbagai cara dilakukan untuk meramaikan hari ini, salah satunya adalah dengan saling bertukar kata-kata inspiratif dan mengucapakan selamat.  

Dikutip dari laman National Today, penentuan 15 Oktober sebagai Hari Pelajar Sedunia sesuai dengan tanggal ulang tahun mantan presiden India, Dr. APJ Abdul Kalam yang lahir dari keluarga muslim Tamil di Rameswaram, Pulau Pamban, India.

Kalam menjadi Presiden ke-11 India pada 18 Juli 2002 dan diklaim sebagai Presiden Rakyat selama menjabat lantaran sangat dicintai oleh masyarakat. Sebelum menjadi pemimpin tertinggi negara itu, dia adalah individu dengan karier cemerlang dan terkenal sebagai ilmuwan.

Baca juga: Simak Sejarah Kelam & Rekomendasi Ucapan Hari Pelajar Internasional

Dia disebut menjadi ilmuwan nuklir paling terkenal pada 1990an. Pria yang lulus dengan gelar fisika dari Saint Joseph’s College di Tiruchirappalli itu kembali ke perguruan tinggi setelah masa jabatannya selesai sebagai seorang presiden.

Sang ilmuwan menjadi seorang profesor tamu di Institut Manajemen India, Shillong; seorang rekan kehormatan dari Institut Sains India, Bangalore; dan rektor Institut Sains dan Teknologi Luar Angkasa India, serta banyak posisi lainnya.

Secara keseluruhan, Kalam disebut menerima tujuh gelar doktor kehormatan dari 40 universitas, sehingga menunjukkan kecerdasannya. Dia meninggal dunia akibat serangan jantung pada 27 Juli 2015 ketika memberikan ceramah di Institut Manajemen India, Shillong.

Meskipun sejumlah sumber menyebutkan 15 Oktober sebagai Hari Pelajar Sedunia. Namun, perayaan ini mengundang kontoversi mengenai kepastiannya mengingat badan Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak pernah mendeklarasikan.

Terlepas dari kontoversi yang ada, Hari Pelajar Sedunia memiliki tujuan memberikan penghargaan bagi para pelajar yang telah berjuang keras untuk memperoleh ilmu. Bagi kalian yang ingin merayakannya dengan memberikan selamat, berikut contoh ucapan yang dapat diberikan kepada teman.
  1. Jangan pernah lelah menuntut ilmu wahai pelajar. Dengannya, dunia akan berada dalam genggaman kita.
  2. Pendidikan adalah bahan dasar utama membangun masa depan yang lebih cerah.
  3. Terus menuntut ilmu untuk meraih cita-cita setinggi langit para pelajar Indonesia.
  4. Jangan pernah berhenti untuk belajar dan memperkaya diri dengan ilmu demi diri yang lebih baik wahai pelajar Indonesia.
  5. Gunakan setiap waktu yang kau miliki untuk belajar karena ilmu adalah cahaya yang akan menerangkan diri dan lingkungan sekitar.
  6. Investasi terbaik bagi manusia adalah pendidikan karena seseorang dapat meraih banyak hal ketika memiliki ilmu.
  7. Untuk pelajar Indonesia, didiklah hati dan emosional yang kamu miliki selain pikiran.
  8. Bukan pedang dan senapan, ilmu adalah senjata ampuh dalam menaklukan dunia.
  9. Pendidikan adalah bekal penting mengarungi kehidupan yang penuh tanda tanya. Belajarlah seperti akan hidup selamanya.
  10. Harta paling tak ternilai adalah ilmu pengetahuan. Raihlah ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya pelajar Indonesia.
Baca juga: 15 Ucapan Hari Pendidikan Nasional 2023 untuk Insan Pengajar dan Pelajar Seluruh Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Ini yang Harus Dilakukan oleh Bagnaia agar Kembali Menjadi yang Teratas

BERIKUTNYA

Hypereport: Orkes Terus Berdendang, Musik dari Kampus yang Membius Banyak Orang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: