Vespa 98 (Sumber gambar: Vespa.com)

Sejarah Vespa di Indonesia dari Masa ke Masa

05 August 2021   |   11:25 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Vespa adalah perusahaan kendaraan roda dua asal Italia yang sudah cukup lama berada di Indonesia. Sudah ada berbagai produk yang Vespa rilis untuk pasar Indonesia.  Kendaraan roda dua yang satu ini memiliki keunikan atau kekhasan tersendiri dibandingkan dengan kendaraan sejenis. 

Bahkan, sejumlah kendaraan-kendaraan lama roda dua Vespa sampai saat ini masih berada di jalan-jalan di dalam negeri lho Genhype. Penasaran dengan perjalanan Vespa yang kini telah berusia 75 tahun? Berikut sejarah Vespa di Indonesia ini berdasarkan siaran pers yang diterima oleh Hypeabis.id


1950-an


Era 1950- an merupakan era yang paling bersejarah bagi Vespa karena pada era inilah Vespa model klasik dan ikonik lahir dan berkembang di Indonesia. Kehadiran Vespa keluaran era awal kelahirannya pun masih menjadi primadona sampai saat ini di Indonesia. Hal ini dikarenakan oleh Vespa yang hadir sebagai kendaraan roda dua dengan bentuk unik, berkarakter serta revolusioner pada masanya.

Baca juga:Sejarah Pabrik Vespa di Indonesia, Berkembang dan Layu di Pulo Gadung
 

1960-an


Setelah dekade pertama sejak kelahirannya, Vespa di tanah air semakin diterima dan populer. Pada masa ini, Vespa disorot karena dipilih untuk menjadi simbol penghormatan terhadap Kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia. 

Pemerintah Indonesia memberikan Vespa atas jasa Kontigen Garuda sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Kongo. Momentum ini menjadi sebuah torehan sejarah yang berarti dan mendalam bagi Vespa di Indonesia.
 

1970-an


Kejayaan Vespa di tanah air terus berlanjut, melalui model-model klasik dan ikonik, dari Vespa Sprint 150cc, Vespa Super 150cc, dan Vespa Special 90cc. Sampai kini, Vespa model klasik dan ikonik tersebut masih bernilai di mata para pecinta Vespa juga sebagai gaya simbolik klasik yang penuh gaya.
 

1980-an 


Di era ini, Vespa yakin bahwa Indonesia siap untuk menarik perhatian pecinta otomotif dengan line up big engine. Vespa Excel 200cc dan Vespa Spartan 200cc merupakan dua model big engine pertama yang dipasarkan di Indonesia dan diapresiasi oleh seluruh pecinta Vespa di Indonesia hingga saat ini.
 

1990-an


Vespa Corsa yang dilengkapi starter elektrik dan transmisi matik hadir pertama kali di Indonesia. Vespa Corsa sendiri memulai peralihan Vespa klasik menuju Vespa modern sehingga menjadikan Vespa Corsa sebagai pelopor motor matik di Tanah Air.
 

2000-an 


Menandai ulang tahun ke-50, Vespa mempersembahkan Vespa ET dalam tiga versi, yakni Vespa ET4, Vespa ET2, dan Vespa ET2 Injection. 
Vespa ET4 mendulang popularitasnya di era milenium karena untuk pertama kalinya, Vespa hadir dengan mesin 4-tak serta transmisi fully automatic. 

Vespa ET4 juga menjadi basis Vespa Ferrari Limited Edition yang dibuat khusus untuk tim Ferrari saat merayakan pencapaian mereka di Kejuaraan Dunia Formula 1.
 

2011 


Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Vespa yang dinilai begitu tinggi, PT Piaggio Indonesia hadir secara resmi di Indonesia untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi konsumer di pasar ini. 

Produk pertama yang dibawa oleh PT Piaggio Indonesia adalah Vespa LX 150 2v dan Vespa S 150 2v yang langsung digemari oleh pecinta Vespa di tanah air.
 

2012


Vespa kembali menghadirkan line up big engine dengan menghadirkan Vespa GTS 250 sebagai flagship dari Vespa di tahun ini, dan juga Vespa PX 150 yang unik dan klasik bagi pecinta Vespa.
 

2013


Setelah mengawali kehadiran Vespa resmi di bawah naungan PT Piaggio Indonesia, PT Piaggio Indonesia memperluas rangkaian produknya dengan meluncurkan Vespa Primavera 150 3v, Vespa Sprint 150 3v, dan Vespa 946 Ricordo Italiano.
 

2015


Untuk menekankan komitmennya bagi seluruh pecinta lifestyle dan otomotif, Vespa berkolaborasi dengan Giorgio Armani, salah satu brand ternama di dunia dan meluncurkan Vespa 946 Emporio Armani. 

Kolaborasi ini merupakan interpretasi dari perayaan dua ulang tahun merek Italia yang mendunia, yakni ulang tahun Piaggio Group yang ke-130 dan brand Giorgio Armani yang ke-40.
 

2016


Merayakan ulang tahun yang ke-70, Vespa menghadirkan Vespa Settantesimo atau Vespa 70th Anniversary yang direpresentasikan oleh model Vespa PX, Primavera, dan GTS. 

Ketiga Vespa edisi terbatas ini dibalut dengan warna Azzurro 70, warna biru muda khas tradisi Vespa. Di tahun yang sama, Vespa juga memulai pembaharuan mesin dengan memperkenalkan teknologi mesin i-get.
 

2017


PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Vespa GTS 300, sebagai Vespa bertenaga big engine yang menjadi standar terbaru bagi Vespa GTS pada masa depan.
 

2018 


Tahun itu menjadi tahun yang juga istimewa bagi Vespa karena model klasik dan abadi, Vespa Primavera berulang tahun ke-50. Vespa Primavera telah mewarnai hari-hari para pecinta Vespa selama setengah abad, dan masih tetap dinilai digemari sampai hari ini.
 

2019 


Pada 2019, Vespa Indonesia kembali melengkapi pilihan ragam produknya dengan menghadirkan produk baru Vespa GTS Super Tech 300 HPE ABS. Vespa Super Tech 300 HPE menjadi Vespa pertama yang dilengkapi fitur layar digital TFT berwarna.
 

2020 


Vespa berkolaborasi dengan seniman kelas dunia melalui Vespa Primavera Sean Wotherspoon dengan jumlah yang sangat terbatas. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari Vespa yang selalu berjiwa muda dan relevan dari generasi ke generasi.
 

2021


Menjadi tahun penuh perayaan bagi PT Piaggio Indonesia, terutama bagi Vespa yang berulang tahun ke-75 dan telah mencapai lebih dari 19 juta unit produksi secara global. 

Baca juga: Asyik, Vespa Luncurkan Motor Kolaborasi dengan Justin Bieber

Sebelumnya, Vespa juga memberikan kejutan dengan Vespa Picnic untuk mereka yang menyukai kebebasan dan menghargai setiap momen kecil yang sangat berarti.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Perpanjangan PPKM Level 4, Museum Macan Tutup Sementara & Galnas Gelar Pameran Daring

BERIKUTNYA

Bulan Depan, Lebih Dari 60 Karya Koleksi Pengusaha David Ross Akan Dilelang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: