Friday 13th (Sumber Foto: Freepik)

5 Fakta Hari Sial Friday 13th, Sejarah & Deretan Peristiwa Apes yang Terjadi pada Tanggal Tersebut

13 October 2023   |   16:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, ada fakta menarik mengenai tanggal 13 Jumat atau Friday 13th. Konon momen tersebut dianggap sebagai hari sial bagi masyarakat di seluruh dunia, terutama di Inggris dan Amerika Serikat. Sampai saat ini banyak orang menghindari hari tanggal tersebut.

Ketakutan akan Jumat 13 disebut dengan julukan paraskavedekatriaphobia atau triskaidekafobia, atau fobia terhadap angka 13 dan kelipatan bilangannya. Mengutip dari Independent, berikut fakta-fakta mengenai Friday 13th yang ditakuti dan dihindari banyak orang.

Baca juga: Sejarah Hari Kesadaran Ataksia 25 September, Kondisi Langka yang Membatasi Gerak Tubuh


1. Awal Mula Jumat 13 Ditakuti

Sebetulnya awalnya tidak jelas mengapa Jumat tanggal 13 sangat ditakuti orang-orang di seluruh dunia. Beberapa sejarawan percaya bahwa takhayul tersebut pertama kali muncul pada akhir abad ke-19. Dokumentasi pertama yang menyebutkan hari ini dapat ditemukan dalam biografi komposer Italia Gioachino Rossini, yang meninggal pada hari Jumat tanggal 13. 

selain itu, ada juga yang percaya bahwa mitos tersebut berasal dari Alkitab. Di sebutkan bahwa Yesus disalib pada hari Jumat dan ada 13 tamu di Perjamuan Terakhir, yakni malam hari sebelum penyalibannya.


2. Jumat 13 Terjadi Tiga Kali dalam Kalender

Menurut kalender Gregorian, hari ke-13 dalam sebulan selalu jatuh pada Jumat daripada hari-hari lainnya. Jum'at tanggal 13 tahun 2015 terjadi tiga kali, yakni Februari, Maret dan November. Jumat 13 juga diprediksi akan terjadi tiga kali yakni pada 2026 mendatang.


3. Dipercaya Membawa Kesialan

Para ahli mengatakan bahwa triskaidekafobia atau fobia terhadap jumat memengaruhi banyak orang. Hal tersebut dilihat dari sejumlah bisnis yang menghindari Jumat tanggal 13, mulai dari gedung bertingkat, hotel, dan rumah sakit, mereka tidak memiliki lantai 13. Selain itu juga banyak bandara yang tidak memiliki gerbang bernomor 13. Anehnya lagi banyak orang menganggap 13 orang yang bersantap di meja makan dianggap membawa sial.


4. Diangkat dalam Film

Ketakutan akan Jumat 13 makin digaungkan dengan munculnya sejumlah novel dan film yang mengangkat tema tersebut. Sebut saja seri film Friday the 13th yang pertama kali dirilis pada 2009. Sampai saat ini waralaba tersbeut punya belasan sekuel dan novelnya yang laris di pasaran.

Disutradarai oleh Marcus Nispel dan ditulis oleh Damian Shannon dan Mark Swift. Friday the 13th mengisahkan tentang Clay Miller (Jared Padalecki) mencari adiknya yang hilang, Whitney (Amanda Righetti), yang saat itu sedang berkemah di hutan di Crystal Lake dan diculik oleh seorang prsikopat bernama Jason Voorhees (Derek Mears).

Film ini dirilis pada Jumat, 13 Februari 2009 di bioskop. Meskipun mendapatkan ulasan negatif, film ini memperoleh sekitar US$19 juta pada malam pembukaan dan US$40 juta pada akhir pekan pembukaannya. Selain itu, topeng yang dikenakan oleh villain utamanya, Jason Voorhees sangat terkenal dan legendaris.
 

5. Peristiwa Buruk yang Terjadi pada Jumat 13

  • Oktober 1307 - Penahanan dan pembunuhan terhadap Kesatria Kenisah
  • Agustus 1920 - Perang Soviet-Polandia: Pertempuran Warsawa dimulai
  • September 1940 - Italia menginvasi Mesir
  • Oktober 1944 - Perang Dunia II: Ibu kota Latvia, Riga, diambil alih Tentara Merah
  • November 1970 - Badai Bhola yang menghantam kawasan Delta Gangga, Pakistan Timur (kini Bangladesh) dan menewaskan sekitar 500.000 jiwa
  • November 1998 - Tragedi Semanggi I
  • November 2015 - Terjadinya serangan teroris di Paris
  • Agustus 2021 - Mangkunegara IX meninggal dunia.

Baca juga: Mengenang Yuri Gagarin, Ini Sejarah Hari International Day of Human Space Flight

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kenalan dengan Novia Nur Nirwani, Atlet Lari Nasional Muda dengan Segudang Prestasi

BERIKUTNYA

10 Lukisan Terakhir Para Seniman Terkenal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: