Novia Nur Nirwani (Sumber gambar: Instagram/novianirwanii)

Kenalan dengan Novia Nur Nirwani, Atlet Lari Nasional Muda dengan Segudang Prestasi

13 October 2023   |   21:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Olahraga lari diminati banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang tua karena selain mudah dilakukan, olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tulang dan otot. Daya tarik inilah yang dirasakan oleh Novi, atlet lari nasional Indonesia dengan segudang prestasi dari kejuaraan lari nasional maupun internasional.
 
Atlet bernama lengkap Novia Nur Nirwani ini lahir di Cimahi, 28 November 1999 silam. Novi merupakan putri dari pasangan Sri Widyawati dan Nandang Mulyana serta dua saudara lainnya yang selalu mendukung karir atletnya hingga kini.  

Baca juga: Profil Muhammad Sejahtera Dwi Putra, Atlet Menembak yang Bawa Emas Pertama Asian Games 2022 untuk Indonesia
 
Tidak terbayangkan oleh Novi, dalam usia yang ke-23 tahun, dia sudah menjuarai beberapa kejuaraan lari, baik di taraf nasional hingga internasional. Berawal dari sedikit paksaan oleh kedua orang tuanya, menghantar Novi hingga pada kesuksesan.
 
“Ada sedikit paksaan awalnya dari orang tua untuk menjadi atlet atletik, sebelumnya bukan kemauan saya untuk menjadi pelari, Namun, seiring berjalannya dengan waktu ternyata saya menyadari bahwa bakat dan peluang saya lebih besar di lari. Akhirnya makin ke sini saya semakin menyukai dan mencintai profesi saya sebagai atlet” tutur Novi kepada Hypeabis.id, Kamis (12/102023).
 
Novi menjelaskan sejak sekolah dasar dirinya lebih menyukai olahraga basket. Menurutnya saat itu olahraga basket cukup populer dan lebih menyenangkan karena dilakukan dengan banyak orang. Adapun, pada 2015 Novi justru berpindah haluan dan fokus menekuni bakat larinya yang kini mengantarkannya ke kejuaraan bergengsi.

Selain menekuni olahraga lari, mahasiswa semester akhir di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini juga gemar bersepeda dan hiking. Dalam berbagai perlombaan Novi seringkali mendapat kendala diantaranya stres dan juga gugup. Untuk mengatasi masalah tersebut, Novi melakukan dengan cara latihan lari secara berkala, berdoa, hingga meminta dukungan dari keluarga.

Novi merupakan lulusan dari SMP Negeri 3 Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Setelah menamatkan pendidikan menengah pertamanya, Novi memutuskan untuk melanjutkan studi di salah satu sekolah khusus olahraga yakni SMA 116 Jakarta. 

Merantau seorang diri di ibukota tidak menjadikan Novi sebagai pribadi yang penakut. Keberanian Novi dibuktikan dengan dirinya menamatkan pendidikannya dengan baik dan mencetak banyak prestasi dalam bidang olahraga lari. Kejuaran yang pernah diikuti oleh Novi di antaranya adalah:
  • Asean School 2017, Novi memperoleh medali perunggu pada nomor lari 800 meter.
  • Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2017, mendapatkan medali emas pada nomor lari 1.500 meter dan 800 meter.
  • Kejurnas Junior 2018 menyabet emas pada nomor lari 800 meter dan 1,500 meter
  • Pekan Olahraga Nasional (PON) pada  2021, memperoleh medali perunggu pada nomor lari 1.500 meter.
  • Asean University 2021, mendapatkan medali perunggu pada nomor lari 1.500 meter dan medali perak pada nomor lari 800 meter.
  • Kejuaraan Nasional 2022 memperoleh medali emas pada nomor lari 800 meter dan 1.500 meter.
  • Jakarta Marathon 2022, menempati peringkat pertama untuk nomor lari 10KM.
  • Lazada Run Singapore 2023menempati posisi 1 pada nomor lari 10KM
  • World University 2023 menempati rank 12
  • Maybank Marathon 2023, posisi pertama untuk nomor lari 10KM.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Film Baru Makbul Mubarak, Watch It Burn Menangkan ONE COOL Award di BIFF 2023

BERIKUTNYA

5 Fakta Hari Sial Friday 13th, Sejarah & Deretan Peristiwa Apes yang Terjadi pada Tanggal Tersebut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: