Smartphone Samsung Galaxy S23 FE (Sumber gambar: Samsung)

Rilis Hari Ini di Indonesia, Cek Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy S23 FE

13 October 2023   |   06:54 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung, akhirnya merilis smartphone flagship versi murah terbarunya yakni Samsung Galaxy S23 FE (Fan Edition). Produk ini merupakan pelengkap seri premium Samsung S23 (Reguler, Plus, dan Ultra) yang sebelumnya telah hadir di Indonesia. 

Dengan CPU Samsung Exynos 2200, Galaxy S23 FE menjadi gawai pintar yang patut diperhitungkan oleh para gamer di dalam negeri. Kehadiran prosesor besutan Samsung dalam device itu akan membuat pengalaman bermain gim-gim kesayangan menjadi lebih baik.

CPU Samsung Exynos 2200 merupakan prosesor yang dirilis oleh perusahaan asal Korea Selatan pada 2022, dan dirancang dengan Samsung Xclipse graphics processing unit (GPU) berbasis arsitektur AMD RDNA 2.

Baca juga: Intip Kemewahan Galaxy Z Fold5 & Galaxy Watch6, Edisi Khusus Samsung x Thom Browne 

Xclipse memiliki fitur grafis seperti ray tracing (RT) yang dan variable rate shading (VRS) yang sebelumnya hanya berada di perangkat desktop, laptop, dan konsol. Ray tracing merupakan teknologi yang menyimulasikan cara cahaya “berperilaku” secara fisik di dunia nyata.

“Dengan menghitung pergerakan dan karakteristik warna sinar cahaya saat memantul dari permukaan, ray tracing menghasilkan efek pencahayaan yang realistis untuk adegan yang dirender secara grafis,” demikian pernyataan Samsung dalam lamannya. 

Sementara variable rate shading merupakan teknik yang dapat memaksimalkan beban kerja GPU, sehingga pengembang dapat membuat bayangan berada pada tingkat yang lebih rendah. Namun, tidak akan berpengaruh terhadap kualitas secara keseluruhan.

Dengan begitu, GPU menjadi memiliki lebih banyak space untuk bekerja di bagian paling penting bagi pemain gim dan meningkatkan frame-rate agar i menjadi lebih mulus.
 

Samsung Galaxy S23 FE (Sumber: Samsung)

Samsung Galaxy S23 FE (Sumber: Samsung)

Xclipse GPU itu juga hadir dengan bermacam teknologi seperti advanced multi-IP governor (AMIGO) yang meningkatkan kinerja dan efisiensi secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, CPU itu juga memiliki core berbasis Arm paling baru yang tersedia di pasar, yakni Armv9 dan neural processing unit (NPU) yang mengalami peningkatan. Core itu diklaim memiliki peningkatan substansial dibandingkan pendahulunya, yakni Armv8 terkait keamanan dan kinerja.

Perusahaan juga merancang CPU octa-core dalam Exynos 2200 dalam struktur tri-cluster yang terdiri dari Arm Cortex®-X2, tiga core besar Cortex-A710, dan empat core kecil Cortex-A510.

Selain prosesor CPU Samsung Exynos 2200 yang memiliki speed 2,8 GHz; 2,5 GHz; dan 1,8 GHz, Galaxy S23 FE juga telah memiliki teknologi Dynamic AMOLED 2x yang diklaim dapat membuat detail terhadap layar selalu tampak realistis.

Tidak itu saja, eye comfort shield yang terdapat di dalamnya juga dapat mengurangi paparan sinar biru, sehingga melihat layar di tempat gelap bukan masalah lagi. Kemudian, max refresh rate 120 Hz yang terpasang juga membuat scrol menjadi lebih mulus dan bermain gim menjadi lebih baik.

Samsung Galaxy S23FE juga dapat menjadi pilihan bagi Genhype yang suka dengan fotografi lantaran gawai ini dilengkapi dengan kamera 50 megapiksel (Mp), 12 Mp, dan 8 Mp. Selain itu, kamera yang terpasang juga memiliki optical zoom 3x dan digital zoom sampai 30 kali.

Untuk menunjang aktivitas fotografi dan bermain gim, perusahaan menyematkan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Pengguna disebut dapat menonton video hingga 22 jam dan mendengarkan musik sampai 69 jam.
 

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE 


Processor
CPU Speed
2.8GHz, 2.5GHz, 1.8GHz

CPU Type
Octa-Core

CPU Name
Samsung Exynos 2200

Display

- Size (Main display)
163.1mm (6.4" full rectangle) / 158.9mm (6.3" rounded corners)
 
- Resolution (Main display)
1080 x 2340 (FHD+)
 
- Technology (Main Display)
Dynamic AMOLED 2X
 
- Color Depth (Main Display)
16M
 
- Max Refresh Rate (Main Display)
120 Hz

Camera

- Rear Camera - Resolution (Multiple)
50.0 MP + 12.0 MP + 8.0 MP
 
- Rear Camera - F Number (Multiple)
F1.8 , F2.2 , F2.4
 
- Rear Camera - Zoom
Optical Zoom at 3x , Digital Zoom up to 30x
 
- Front Camera - Resolution
10.0 MP
 
- Front Camera - F Number
F2.4
  
- Video Recording Resolution
UHD 8K (7680 x 4320) @24fps
 
- Slow Motion
960fps @HD, 240fps @FHD

Penyimpanan/Memori

- Memori RAM
8 GB
 
- Penyimpanan
256 GB
 
- Penyimpanan Tersedia
219,1

Battery
4500 mAh

Sensors
Accelerometer, Barometer, Fingerprint Sensor, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, Light Sensor, Virtual Proximity Sensing

OS
Android

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Niall Horan Eks One Direction Bakal Konser di Jakarta Mei 2024, Cek Informasi Tiketnya

BERIKUTNYA

Mengenal Jenis-jenis Angle Kamera untuk Kreasi Foto yang Tidak Monoton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: