Ilustrasi (dok. Pexels)

Simak Rahasia Menjaga Kesehatan Jantung

05 August 2021   |   09:04 WIB

Menjaga kesehatan jantung sangat penting, terutama saat kita di usia muda. Sebab, penyakit ini bisa berujung pada kematian. Dokter Spesialis Jantung, dr Vito Anggarino Damay mengatakan untuk menjaga kesehatan jantung ada baiknya kita banyak mengonsumsi sayur-sayuran.

Hal ini karena sayur-sayuran bisa mengurangi penyerapan kolestwrol jahat dalam tubuh yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Nah dari sekian banyak makanan, daging salah satu yang mengandung kolesterol jahat. Karenanya ketika mengonsumsi daging, perlu dibarengi dengan sayuran agar kolesterol jahat akan terbuang di saluran cerna. 

Serat di dalam sayuran pun membuat kenyang lebih lama, terlebih jika dilengkapi dengan mengonsumsi buah-buahan yang menambah rasa manis dan rasa puas di otak, sehingga membatasi diri untuk makan berlebih. 

Selain makan banyak sayur dan buah, herbal seperti jahe, kunyit, dan temulawak juga bisa meminimalisir risiko terkena penyakit jantung dan kardiovaskular. 

Hal ini karena herbal alami memiliki efek antioksidan dan antiradang yang menekan risiko penyakit jantung koroner di kemudian hari. 

Selain memperhatikan asupan, kamu perlu menjaga berat badan ideal. Sebab obesitas membuat risiko kamu terkena penyakit jantung lebih besar. 

Selain itu penting juga untuk berolahraga. Dokter Kedokteran Olahraga di RS Mitra Keluarga Kemayoran, dr. Michael Triangto mengatakan olahraga untuk kesehatan jantung, berkaitan dengan menurunkan berat badan, membakar kalori, dan juga lemak di dalam tubuh.

Olahraga yang mampu memberikan hasil seperti itu yakni olahraga bersifat aerobik seperti jalan cepat, joging, bukan lari sprint dan bukan latihan beban. 

Intensitas olahraga juga harus ringan sampai sedang, dengan frekuensi 3-5 kali seminggu, dan durasi 150 menit per minggu.

Sementara itu, jikalau mau sehat untuk jantung, olahraga harus berdampak pada tensi darah, terkontrolnya kolesterol, dan gula darah. Hal ini karena hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes dapat memperberat kondisi jantung. 

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Intip Inspirasi Desain Rumah Gaya Kolonial Belanda

BERIKUTNYA

5 Tips Hilangkan Bau Kaki yang Mengganggu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: