Ilustrasi kaki bersih (dok. Pexels)

5 Tips Hilangkan Bau Kaki yang Mengganggu

05 August 2021   |   09:15 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bau kaki seringkali membuat kita tidak merasa nyaman, dan lebih parahnya mengganggu orang di sekitar. Bayangkan ketika kalian membuka sepatu di tempat umum, tiba-tiba tercium bau tak sedap dari kaki kalian, kemungkinan orang-orang di sekitar akan langsung menutup hidung. Hal yang cukup memalukan. 

Bau kaki biasanya disebabkan penumpukan bakteri dan keringat. Nah, bagi kamu yang mengalami masalah ini, berikut cara mudah menghilangkan bau kaki dan bisa kamu lakukan di rumah :

1. Rendam Pakai Teh 

Cukup masukkan tiga hingga empat sendok makan daun teh hitam ke dalam wadah air panas. Diamkan selama 5 hingga 7 menit. Kemudian rendam kaki dalam campuran air dan daun teh tersebut selama 40 hingga 45 menit atau rendam kaki sampai suhu air menjadi netral.

2. Jaga Agar Tetap Kering

Karena hal utama yang membuat kaki kamu bau adalah keringat, menjaganya tetap kering lantas menjadi penting atau bersentuhan dengan udara. Jika harus memakai kaus kaki, pilih bahan kain yang mudah menyerap keringat. 

3. Gunakan Cuka

Ambil saja wadah berisi air hangat. Tambahkan satu cangkir cuka ke dalam wadah air ini. Lalu rendam kaki kamu ke dalam wadah tersebut selama 30 menit. Ulangi proses ini dua atau tiga kali dalam seminggu, karena kandungan asamnya akan membantu kamu menghilangkan penumpukan bakteri dari sudut dalam kaki. 

4. Jaga Kebersihan Kaki

Menjaga kebersihan kaki dapat mengatasi masalah kaki bau secara permanen. Misalnya menggunakan kaos kaki berbahan dasar kapas atau memakai sepatu dengan sirkulasi udara yang cukup. Kamu juga perlu mencuci kaki beberapa kali dalam sehari dengan sabun antibakteri. Pastikan juga untu menjaganya tetap kering.

5. Coba Pakai Tawas

Bubuk tawas adalah solusi yang bagus untuk meminimalkan kadar air dan dapat membantu kamu menjaga kelembapan di kaki. Gunakan bubuk tawas untuk membersihkan atau menyerap kelembapan dari sudut dalam kaki yang dapat mencegah penumpukan bakteri dan pada akhirnya bau kaki akan hilang.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Simak Rahasia Menjaga Kesehatan Jantung

BERIKUTNYA

Brand Personal Care ini Ajak Penggunanya Kembalikan Kemasan Bekas untuk Daur Ulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: