Ilustrasi makanan sehat (Sumber Unsplash/ Jannis Brandt)

5 Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Ada di Diet Harian

19 September 2022   |   06:56 WIB

Penyakit jantung menyebabkan hampir sepertiga dari kematian di seluruh dunia. Di Indonesia penyakit ini tiap tahunnya juga terus meningkat dan menempati peringkat tertinggi penyebab kematian pada usia produktif.

Menurut data Riskesdas, Kementrian Kesehatan, prevalensi penyakit jantung berdasarkan diagnosis dokter di Indonesia mencapai 1,5 persen dan didominasi masyarakat perkotaan akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan pola makan tidak seimbang.

Faktanya, beberapa makanan tertentu dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan yang menyebabkan risiko penyakit jantung. Untuk meminimalisir hal ini, konsumsi makanan dan minuman sehat pun harus dilakukan.

Baca juga: Banyak yang Tak Sadar, Waspadai Gejala Penyakit Jantung

Berikut adalah rekomendasi lima makanan sehat yang mudah ditemukan untuk mengurangi risiko serta memaksimalkan kesehatan jantung Genhype dilansir dari Healthline dan berbagai sumber. Simak ya.
 

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung nutrisi, dan mineral dengan antioksidannya yang tinggi. Tak hanya itu, lewat vitamin K dan Nitrat yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu mengurangi tekanan darah serta meningkatkan fungsi arteri.

Beberapa jenis sayuran hijau yang ternyata memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan jantung meliputi kangkung, bayam, brokoli, dan sawi yang tentunya dapat diolah sesuai selera.
 

2. Ikan Salmon

Ikan Salmon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung lewat kandungan protein dan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama jantung.

American Heart Association menyarankan makan daging salmon atau jenis ikan lain, seperti tuna, sarden, dan kod setidaknya dua kali seminggu karena memiliki manfaat  yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. 


3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, dengan mengonsumsinya secara rutin sebanyak satu buah sehari terbukti dapat menjaga kesehatan jantung. Fakta ini diungkap oleh sekelompok ilmuwan dari Amerika Serikat  dalam jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine.

Tak hanya itu, alpukat juga kaya akan potasium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung Genhype, yang mana lewat satu buahnya saja dapat memasok 975 miligram potasium, atau sekitar 28 persen dari jumlah yang kita butuhkan dalam sehari.


 4. Berry

Buah berry (stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry) merupakan makanan yang kaya akan antioksidan yang disaran kan untuk dikonsumsi seiap hari karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Kandungan dalam buah berry yang disebut anthocyanin juga mampu melebarkan pembuluh darah serta dapat melindungi orang yang mengonsumsinya dari stres oksidatif atau keadaaan di mana jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi batas kapasitas.
 

5. Kacang-kacangan

Konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan seperti kenari, almond, kedelai, hingga hazelnut juga dapat meningkatkan kinerja jantung lebih maksimal sehingga mengurangi risiko terhadap penyakitnya. 

Lewat antioksidan, folat, dan kandungan nutrisi baik lainnya, mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat menurunkan risiko penumpukan endapan arteri seperti kolesterol  dan trigliserida LDL (low density lipoprotein). 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
SEBELUMNYA

Jadi Simpul Literasi di Jakarta, Ini Wajah Baru Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

BERIKUTNYA

Yuk, Mulai Konsumsi Makanan Sehat untuk Kurangi Pemanasan Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: