Ilustrasi rumah dengan tanaman hijau. (Sumber gambar: Unsplash/Sam Goodgame)

10 Jenis Tanaman Merambat yang Bikin Rumah Jadi Lebih Sejuk

12 October 2023   |   11:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tanaman hijau menjadi elemen yang dipilih banyak orang untuk sekadar mempercantik ruangan hingga memberikan efek sejuk di dalam rumah. Tanaman juga banyak jenisnya mulai dari pepohonan di halaman rumah, tanaman hias dengan pot, hingga tanaman rambat.

Fungsi dari tanaman merambat hampir sama dengan pohon berdaun rindang, yaitu membuat rumah terasa lebih sejuk. Hanya saja, tanaman merambat memiliki ukuran yang lebih fleksibel dan tampilannya lebih cantik. Cocok untuk rumah dengan halaman mungil dan ditanam di area teras atau gazebo. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Konsep Rumah Minimalis

Di samping memiliki dedaunan yang rimbun, beberapa jenis tanaman merambat juga ada yang disertai dengan bunga-bunga cantik sehingga bisa menamban kesan indah dan estetik pada hunian. Terlebih, tanaman rambat juga relatif tidak memerlukan perawatan khusus sehingga mudah untuk dipelihara pada rumah.

Tanaman rambat biasanya hadir menjalar dan memenuhi beberapa area rumah tertentu seperti dinding, kanopi, tiang, hingga pagar. Berikut adalah 10 tanaman rambat yang bisa menjadi pilihan untuk membuat hunian lebih sejuk. 
 

1. Vernonia Elliptica

Dikenal juga dengan nama Lee Kwan Yew, tanaman merambat ini identik dengan daun-daunnya yang berukuran kecil dan tumbuh menjuntai ke bawah (curtain creeper). Tanaman ini cocok untuk bangunan dengan iklim tropis yang dapat ditanam pada balkon sebagai dekorasi, atau kanopi agar memberikan kesejukan tersendiri pada hunian. 

2. Morning Glory

Tanaman merambat lainnya yang memiliki bunga cantik adalah Morning Glory. Tanaman ini diberi nama Morning Glory karena bunganya bermekaran pada pagi hari. Warna bunga tanaman merambat ini biasanya ungu jika ditanam di daerah panas dan biru jika ditanam di daerah sejuk. Morning Glory juga bisa bertahan hidup meski disiram setiap seminggu sekali. 
 

3. Bougenville

Bougenville atau bunga kertas menjadi salah satu tanaman merambat yang populer. Tanaman ini memiliki daun yang lebat sekaligus bunga warna-warni sehingga bisa menambah nilai estetik rumah. Selain bisa membuat rumah sejuk, tanaman rambat ini juga cukup tangguh karena bisa hidup di tengah udara panas tanpa perlu disiram air setiap hari. 
 

Tanaman bunga bougenville. (Sumber gambar: Ilham Abitama/Unsplash)

Tanaman bunga bougenville. (Sumber gambar: Ilham Abitama/Unsplash)

4. Sirih

Terkenal sebagai tanaman obat, sirih juga bisa menjadi pilihan tanaman rambat yang menyejukkan hunian. Sirih mudah untuk dirawat, dan bisa tumbuh di berbagai bagian dari rumah baik di dinding vertikal, atap rumah, atau kanopi. Tanaman ini juga mampu menjulur tinggi apabila diimbangi penopang, sebab sirih tidak mempunyai kekuatan berdiri sendiri sehingga memerlukan berbagai objek tinggi yang berada di dekatnya. 
 

5. Tanaman Dollar

Tanaman satu ini identik dengan daunnya yang berukuran kecil dengan warna hijau tua. Di Indonesia, tanaman merambat ini populer sebagai penghias dinding eksterior sekaligus penyejuk hunian. Tanaman tanpa bunga ini mampu tumbuh merambat dengan cepat. Hanya saja, kalian perlu memperhatikan keadaan tanah di sekitarnya karena akar tanaman ini sangat kuat dan bisa merusak. 
 

6. Mandevilla

Mandevilla bisa menjadi pilihan tanaman merambat yang cocok untuk menghias pagar rumah. Tanaman merambat dengan bunga berwarna putih, pink, dan merah ini memiliki karakteristik batang yang cukup lemas, sehingga perlu diikat beberapa sudutnya agar bisa merambat ke tempat yang diinginkan dengan sempurna. Selain memiliki bunga yang cantik, Mandevilla juga terbilang kuat untuk menghadapi hama. 
 

7. Bunga Alamanda

Bunga allamanda catharitica atau yang lebih dikenal sebagai bunga Alamanda memiliki banyak variasi warna. Namun, yang paling populer adalah bunga berwarna kuning menyerupai bentuk terompet. Tanaman satu ini cocok sebagai penghias pagar dengan media tanam yang kuat. Kalian hanya perlu memastikan tidak ada daun gugur dalam tanaman rimbun ini, agar bisa sepanjang tahun.
 

Tanaman Ivy. (Sumber gambar: Dinah Liu/Unsplash)

Tanaman Ivy. (Sumber gambar: Dinah Liu/Unsplash)

8. Ivy

Ivy merupakan jenis tanaman evergreen yang relatif agresif dan memiliki rentang hidup yang cukup panjang. Oleh karena itu, tanaman ini cocok untuk ditanam di lingkungan perkotaan, terutama di wilayah dataran rendah, karena mampu membantu menyerap polusi dengan baik. Daun tamanan ivy bisanya hadir dengan variasi warna hijau yang unik mulai dari hijau gelap, remang, hingga terang. Tanaman ini akan terlihat cantik ketika sudah menempel kuat di tembok.


9. Golden Moneywort

Golden Moneywort merupakan tanaman merambat yang tidak memiliki bunga. Daunnya berwarna hijau cerah dengan sentuhan kuning, sehingga bisa menciptakan suasana sejuk pada hunian. Tanaman ini tumbuh menjuntai ke bawah sehingga cocok untuk diletakkan di kanopi dan melengkapi elemen vegetasi di rumah.
 

10. Philodendron Micans

Philodendron micans adalah jenis tanaman philodendron merambat yang tidak biasa karena memiliki daun beludru hijau tua hingga merah marun yang indah. Tanaman satu ini cenderung cepat tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khsusus. Daunnya akan tumbuh ke atas yang biasanya dikaitkan pada teralis atau tiang.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Menyerap Racun di Udara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Lebih Dekat dengan Metode Seduh Kopi Tubruk, Tradisi 300 Tahun yang Masih Bertahan

BERIKUTNYA

Museum MACAN Siap Gelar Pameran Voice Against Reason, Hadirkan Karya dari 24 Perupa Asia-Pasifik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: