Ilustrasi dekorasi ruangan. (Dok. HiveBoxx dari Unsplash)

6 Tips Dekorasi Rumah yang Bisa Bikin Genhype Lebih Nyaman

25 August 2021   |   15:16 WIB

Tak hanya membuat rumah lebih indah, mendekorasi juga merupakan kegiatan perawatan diri yang produktif sekaligus menenangkan. Berbagai hal yang bisa dilakukan antara lain adalah mengurangi barang yang tidak terpakai hingga membuat ruang khusus. Tentunya, walaupun menyenangkan, dekorasi rumah tak bisa dilakukan secara sembarangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan mendekorasi rumah berjalan dengan baik. Apa saja? Simak enam tips berikut ini!

1. Ciptakan ruang tanpa barang-barang tak terpakai
Mendekorasi ruangan bukan hanya menambah barang, melainkan juga mengurangi barang-barang yang tidak terpakai. Ini disebabkan karena barang-barang tersebut memicu kesan tidak rapi dan memperburuk tampilan ruangan.

Selain itu, hal ini juga membuat adanya hubungan antara ruangan dengan lingkungan di luar rumah serta keselarasan melalui penataan barang sesuai dengan kenyamanan dan fungsinya. 

Penataan ini bisa dilakukan dengan meletakkan barang-barang penting di lokasi yang terlihat, sedangkan barang-barang lainnya bisa ditata di gudang atau ruang penyimpanan.

2. Buat ruang untuk aktivitas sehari-hari dan relaksasi
 

Ilustrasi dekorasi ruangan. (Dok. Nick Hillier dari Unsplash)

Ilustrasi dekorasi ruangan. (Dok. Nick Hillier dari Unsplash)

Ruangan khusus untuk aktivitas sehari-hari dan relaksasi yang fungsional dan nyaman bisa menjadi tempat yang banyak digunakan selama masa pandemi. Ini bisa dilakukan dengan memberikan furnitur khusus dan dekorasi seni yang mempercantik ruangan, misalnya lemari kecil untuk menaruh buku, kursi beanbag, dan lukisan mini.

3. Tambahkan cahaya, warna, tekstur, dan bentuk
Beberapa faktor yang memiliki dampak besar terhadap kesan ruangan seperti cahaya, warna, tekstur, dan bentuk bisa memengaruhi tampilan yang kemudian berdampak pada diri sendiri. Inilah mengapa pencahayaan yang buruk, warna gelap, tekstur dan bentuk yang kurang halus bisa memberikan kesan yang kurang cantik pada sebuah ruang.

Sebaliknya, pencahayaan terang yang hangat (tidak mencolok), warna halus yang menenangkan, serta tekstur dan bentuk yang serasi bisa menciptakan kesan ruangan yang menenangkan dan inspiratif. Jangan lupa tetap memperhatikan preferensi pribadi untuk dekorasi ruangan agar Genhype semakin nyaman!

4. Berikan sentuhan dekorasi bermakna
 

Ilustrasi dekorasi ruangan. (Dok. Collov Home Design dari Unsplash)

Ilustrasi dekorasi ruangan. (Dok. Collov Home Design dari Unsplash)

Supaya ruangan yang didekorasi tetap meninggalkan kesan yang segar dan baru, beri dekorasi yang memiliki makna tertentu. Artinya, tambahkan penggunaan tanaman, keramik, karya seni, hingga bahan-bahan alami yang bisa memberikan kesan tenang dan nyaman pada ruangan.

5. Alihkan ruangan sebagai area yang personal
Beberapa ruangan bisa dibangun dengan kesan yang personal dan intim seperti ruang tamu, di mana hal ini bisa diwujudkan dengan memberikan sentuhan barang-barang memorabilia seperti lukisan, pajangan foto, dan miniatur.

Tak hanya memberikan kesan personal, hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan kesan unik dan baru pada ruangan.

6. Tetap kreatif
 

Ilustrasi dekorasi ruangan. (Dok. Taylor Heery dari Unsplash)

Ilustrasi dekorasi ruangan. (Dok. Taylor Heery dari Unsplash)

Kreativitas adalah kunci dalam proses dekorasi ruangan, di mana proses ini bisa menciptakan hal baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Pastikan Genhype bisa tetap berpikir kreatif dan tetap bereksperimen dengan kreativitas yang dimiliki, sehingga bisa menghadapi masa pandemi dengan baik.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Modifikasi Baju Tradisional, Intip Seragam Atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

BERIKUTNYA

Pengguna PS4 & PS5 Bisa Jajal Game Call of Duty Vanguard sebelum Resmi Dirilis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: