Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah sukses meraih medali emas dari cabang angkat besi kelas 73kg putra dengan total angkatan 359kg di XSC Gymnasium, Selasa (3/10). (Sumber Foto:naif al'as/ nocindoensia)

Jadwal Kontingen Indonesia di Asian Games ke-19 pada Sabtu 7 Oktober 2023

07 October 2023   |   09:05 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Asian Games ke-19 atau 2022 tinggal menyisakan beberapa hari saja. Indonesia yang kini telah mengumpulkan 36 medali berpotensi menambahnya lantaran beberapa atlet Garuda masih melakoni sejumlah pertandingan pada hari ini, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Dirangkum dari laman resmi Asian Games ke-19 China, sejumlah atlet Indonesia masih berjuang untuk mengibarkan bendera Merah Putih dan merebut medali. Dengan begitu, posisi Garuda di ajang ini berpotensi mengalami peningkatan.

Baca juga: Jadwal Asian Games , Dari Bulu Tangkis hingga Karate Wakil Indonesia Akan Bertanding Hari Ini

Saat ini, Indonesia berada di posisi ke-13 sebagai peraih medali emas terbanyak. Sementara berdasarkan jumlah medali terbanyak, Merah Putih berada di peringkat 12. Para atlet nasional berhasil membuat Garuda meraih 36 medali secara keseluruhan untuk sementara.

Dari total itu, 7 di antaranya adalah medali emas. Sementara medali perak dan perunggu masing-masing sebanyak 11 dan 18. Jumlah medali emas yang diperoleh Indonesia membuat Garuda mengungguli sejumlah tim nasional Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Bagi negara-negara Asia Tenggara, Thailand masih menjadi yang teratas dengan memperoleh 10 medali emas, 14 perak, dan 30 perunggu. Total medali yang berhasil digenggam oleh negara yang terkenal sebagai Negeri Gajah Putih itu mencapi 54 medali.

Berikut sejumlah atlet Indonesia yang akan bertanding pada hari ini, Sabtu, 7 Oktober 2023.


Panahan

Di cabang olahraga panahan, atlet Ratih Zilizati Fadhly akan berhadapan dengan Aditi Gopichand Swami dari India dalam Women's Individual Compound. Wanita berhijab tersebut akan memperebutkan medali perunggu. Dengan begitu, Indonesia berpotensi menambah medali ini jika Ratih berhasil memenangkan pertandingan.

Keduanya dijadwalkan akan bertanding pada pukul 08.40 waktu setempat di Fuyang Yinhu Sports Centre. Pertandingan antara Ratih dan Aditi merupakan pertandingan pertama partai final di ajang olahraga panahan.


Jujitsu

Indonesia juga memiliki peluang untuk menambah medali dari olaharaga Jujitsu. Di ajang eliminasi 16 besar Women- 63 kg, Ilma Yeni Megawati akan berhadapan dengan Hee Joo Choi dari Korea Selatan.

Jika berhasil mengalahkan Choi, Ilma akan terus melaju ke babak selanjutnya. Peluang untuk menambah medali pun terbuka lebar bagi Indonesia. Tidak menutup kemungkinan, sang atlet membuka harapan bagi Garuda mencapai target 12 emas di ajang ini.


Karate

Karate menjadi cabang olahraga yang memiliki peluang paling besar untuk menambah pundi-pundi medali Garuda di ajang Asian Games ke-19 China. Bukan tanpa sebab, atlet Indonesia yang masih bertahan di cabang bela diri ini mencapai tiga orang, yakni Sadi Firmansyah, Cok Agung Sanistyarani, dan Dessynta Rakawuni Banurea.

Sadi Firmansyah saat tulisan ini dibuat tengah bertanding dengan atlet asal Malaysia, yakni Muhammad Arif Afifudd Bin AB Malik. Sementara dua atlet lainnya, belum mendapatkan nomor pertandingan.


Soft Tennis

Dari cabang olahraga soft tennis, ada Dwi Rahayu Pitri yang akan bertanding melawan atlet tuan rumah, yakni Li Denglin. Keduanya akan melangsungkan pertandingan di HOC Tennis Centre CC pada pukul 10.00 waktu setempat dalam babak quarterfinal.

Meskipun tidak mudah mengingat lawannya adalah atlet tuan rumah, Dwi memiliki peluang untuk meraih medali dan membuat jumlah perolehan medali Indonesia bertambah di ajang ini.

Masih dari ajang yang sama, Sunu Wahyu Trijati juga akan bertanding di ajang ini. Dia akan menghadapi atlet asal Korea Selatan, yakni Hyoungwook Yoon. Keduanya akan bertanding di HOC Tennis Centre C7 pada pukul 07.00 waktu setempat.


Wrestling

Randa Riandesta juga menjadi atlet Indonesia lainnya yang akan berlaga di cabang olahraga wrestling. Dia akan menjalani men freestyle 86 kg 1/8 final di Lin’an Sports Culutre & Exhibition Centre Tower A pada hari ini, Sabtu, 7 Oktober 2023.
 

Panjat Tebing


Di cabang olahraga panjat tebing, dua atlet wanita Indonesia juga masih akan berlaga. Mereka adalah  Nur Diatul Jannah dan Sukma Lintang Cahyani. Pada saat tulisan ini dibuat, mereka masih bertanding. Kedua atlet tersebut akan bertanding melawan tim dari negara lain yang turut serta dalam nomor Women's Boulder and Lead. Mereka dapat melaju final dan meraih medali jika dapat selalu menang sejak pagi ini.


Catur

Di cabang olahraga catur,  tim putri yang terdiri dari Dewi Ardhiani Anastasia Citra, Medina Warda Aulia, Ummi Fisabilillah, Irene Kharisma Sukandar, dan Chelsie Monica Ignesias Sihite berhasil masuk ke ronde 9. Mereka dapat berpotensi menyumbangkan medali kepada Merah Putih jika berhasil mengalahkan lawan-lawannya di partai ini.

Baca juga: Profil Muhammad Sejahtera Dwi Putra, Atlet Menembak yang Bawa Emas Pertama Asian Games 2022 untuk Indonesia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mobil Sport Listrik MG Cyberster Siap Kunjungi Indonesia, Diklaim Jadi Kendaraan Masa Depan

BERIKUTNYA

Mengintip Konsep Desain Ruang Publik di Kawasan Halte Grogol 2 Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: