Ilustrasi orang tidur (Sumber gambar: Freepik)

Cara Mudah Menentukan Jam Tidur & Durasi Agar Istirahat Lebih Berkualitas

03 August 2023   |   16:13 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, tidur rupanya tidak sesederhana beristirahat pada malam hari. Untuk memeroleh tidur yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian utama, termasuk menentukan jam tidur, durasi, dan konsistensi agar kita bisa mendapatkan istirahat yang lebih berkualitas.

Sleep Educator Vishal Dasani mengatakan bahwa tidur yang berkualitas kerap ditandai dengan suasana hati yang lebih gembira. Selain itu, tubuh juga terasa lebih segar dan lebih bersemangat dalam menyambut aktivitas harian.

Baca juga: Tidur Nyenyak dan Berkualitas, Ini Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Sebelum Tidur Malam

Sebaliknya, jika bangun tidur perasaan justru lebih kacau dan badan terasa tidak segar, itu artinya adalah yang keliru dengan pola tidur yang sedang dijalani. Biasanya hal ini terjadi karena seseorang punya kebiasaan tidur yang buruk.

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi itu ialah dengan memperbaiki pola tidur. Caranya, ialah dengan menentukan jam tidur yang lebih konsisten. Penentuan jam tidur ini tidak kaku dan setiap orang bisa berbeda-beda.

Ada yang memiliki jam tidur di bawah jam 12 malam dan itu dipandang Vishal sebagai sesuatu yang baik. Namun, sebenarnya tidur setelah lewat jam 12 malam juga tidak selalu menandakan hal buruk.

Kuncinya adalah di durasi tidur dan kualitas yang didapat dari tidur tersebut. Untuk orang dewasa, sebaiknya durasi tidurnya di sekitar 7 jam hingga 9 jam per harinya.

“Tidak ada jam ideal dalam tidur. Jam ideal adalah yang sesuai dengan tubuh butuhkan dan lifestyle masing-masing. Setiap orang tentu berbeda-beda,” ungkap Vishal dalam acara Samsung Galaxy Watch5 Online Media Q&A Session secara daring, Kamis (03/8)

Menurut penulis buku Sleep Healing tersebut, anggapan bahwa tidur yang baik adalah sebelum jam 12 malam itu keliru. Sebab, jam biologis setiap orang berbeda-beda tergantung gaya hidup masing-masing. Oleh karena itu, yang paling penting adalah bagaimana memaksimalkan jam tidur yang ada agar tetap ideal.

Jika memaksakan untuk tidur sebelum jam 12 malam, seseorang yang tidak terbiasa justru bisa menjadi resah dan gelisah. Hal ini justru bisa membuat kualitas tidur jadi kurang baik.


Cara Menentukan Jam Tidur

 

(Tangkapan layar konferensi pers Samsung)

Sleep Educator Vishal Dasani (Tangkapan layar konferensi pers Samsung)



Untuk membangun kualitas tidur yang baik, ada baiknya seseorang membuat jadwal tidur. Ketika pola tidur seseorang sudah terjadwal, maka dia akan memiliki jam tidur yang lebih konsisten. Ini juga menjadi syarat lain yang tak kalah penting agar tidur berkualitas.

Menentukan jam tidur itu gampang. Vishal mengatakan meski seseorang bisa tidur malam pada jam berapa pun, tetapi ada baiknya hal itu tetap diatur. Dalam artian, jam tidur ini perlu disesuaikan dengan aktivitas harian masing-masing.

Oleh karena itu, menentukan jam tidur yang paling tepat ialah dengan melihat jam bangun seseorang terlebih dahulu. Setelah itu kita bisa menarik mundur sekitar 6 jam atau 7 jam sebelumnya untuk kemudian dijadikan jam tidur.

Misalnya, seseorang perlu berangkat bekerja pada pukul 08.00 WIB. Sementara itu, untuk persiapan bekerja, mandi, hingga me time perlu waktu sekitar satu jam. Dengan demikian, orang tersebut perlu bangun jam 7 pagi. Berarti, kira-kira seseorang disarankan sudah tertidur pukul 00.00 WIB. Hitung-hitungan sederhana ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya Genhype.

“Setelah itu, tinggal dipraktikan saja. Cara ini terbilang mudah dan efektif untuk kita bisa punya jam tidur yang konsisten. Sebab, kalau jam tidur tidak konsisten, sulit untuk menciptakan istirahat yang berkualitas,” imbuhnya.

Baca juga: Overthinking Hingga Sulit Tidur, Kenali Ragam Gejala Kecemasan


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Tantangan Berat The Meg 2: The Trench di Box Office

BERIKUTNYA

Peluang Bisnis Spa Makin Segar, Segini Modal Awal & Keuntungannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: