Indonesia merupakan negara penghasil kopi berkualitas ( Sumber gambar: Mike Keneally/Unsplash)

Mengenal 5 Hasil Bumi Nusantara yang Diekspor ke Luar Negeri, Ada Cengkeh hingga Kakao

05 October 2023   |   17:31 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Kekayaan alam Indonesia seakan tidak ada habis untuk dikelolah oleh masyarakat. Berbagai sumber daya alam baik benda mati maupun hidup, dapat dijadikan sumber pendapatan dengan omset  besar.

Kekayaan alam Indonesia diperoleh dari berbagai sektor, misalnya kekayaan hutan, laut, minyak, batu bara, hingga berbagai rempah. Hingga saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengekspor berbagai hasil bumi baik mentah maupun dalam bentuk olahan siap pakai.

Baca juga:  4 Kunci Penting Menjadi Eksportir Sukses bagi Pebisnis Pemula

Lalu apa saja kekayaan dari bumi Ibu Pertiwi yang  diekspor luar negeri?. Berikut kami rangkum berdasarkan sumber Instagram Kementerian Pertanian Republik Indonesia, beberapa hasil bumi Nusantara yang diekspor ke luar negeri.


Kopi

Kopi merupakan salah satu komoditas Indonesia yang banyak memiliki penggemar baik di dalam maupun luar negeri. Biasanya para pebisnis akan berlomba-lomba menemukan berbagai jenis kopi dengan kualitas terbaik. Kopi Indonesia yang banyak diincar  konsumen adalah kopi Gayo, kopi Mandailing, kopi Lintong, kopi Java, kopi Bali, hingga kopi Flores.

Biasanya hasil kopi Indonesia akan diekspor ke beberapa negara Asean yakin, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Selain negara anggota ASEAN, kopi Indonesia juga diekspor ke  Amerika Serikat, Mesir, Jepang, dan juga Spanyol. Bahkan seperti dikutip dari Kedutaan Besar RI untuk Kairo, pada 2022 hasil ekspor kopi Indoensia ke sana mencapai 39.000 ton.


Teh

Kekayaan alam Indonesia selanjutnya yang memiliki penggemar hingga keluar negeri adalah olahan teh. Minuman yang memiliki penggemar selain kopi ini, merupakan kekayaan alam yang dapat kalian jumpai daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi dan lainnya.

Selain memiliki rasa yang nikmat, dikutip dari Kementerian Kesehatan RI teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya menangkal radikal bebas, membantu menurunkan berat  badan, risiko diabetes, dan menurunkan risiko kolesterol. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menerangkan bahwa hasil teh Indonesia kebanyakan diekspor ke Malaysia, Rusia,  dan Australia.


Cengkeh

Masih ingatkah kalian dengan alasan para penjajah yang menguasai perdagangan di Indonesia?. Tentu saja kedatangan penjajah saat itu ingin menguasai hasil rempah Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa sejak dahulu, hasil bumi Nusantara telah diincar oleh berbagai negara. Salah satu rempah yang banyak diminati adalah cengkeh.
 
Cengkeh merupakan bumbu dapur  yang dapat ditemui dengan mudah pada beberapa swalayan dan juga pasar tradisional. Sebagai salah satu negara penghasil cengkeh terbesar di dunia, Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa negara diantaranya Belanda dan Rusia. Beberapa wilayah Indonesia yang banyak menghasilkan cengkeh adalah Jawa Timur, Maluku, Sulawesi, Kalimantan Timur,  dan Nusa Tenggara Timur.


Kakao

Salah satu jajanan yang banyak diincar oleh masyarakat saat ini adalah coklat. Tentu saja hal ini didukung oleh cita rasa coklat yang manis dan sebagian olahan coklat memiliki rasa yang sedikit lebih pahit. Coklat merupakan olahan makanan yang diperoleh dari biji kakao. Indonesia merupakan satu di antara banyaknya negara penghasil kakao terbesar di dunia.

Tanaman perkebunan ini banyak dijumpai di dataran tinggi seperti, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sumatra Utara, Lampung, dan lainnya.sebagai salah satu negara penghasil kakao, Indonesia mampu mengekspor hasil perkebunan yang satu ini ke beberapa negara diantaranya, Malaysia, Singapura, Thailand, dan masih banyak lagi.


Minyak kelapa sawit

Masih terpatri dalam ingatan beberapa waktu lalu Indonesia mengalami krisis minyak goreng hingga memberlakukan pembatasan belanja minyak goreng. Namun, tahukah kalian bahwa indonesia merupakan salah satu negara yang mengekspor hasil olahan minyak kelapa sawit ke berbagai negara.

Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina merupakan negara sasaran ekspor minyak kelapa sawit Indonesia. Beberapa wilayah di Indonesia yang menghasilkan minyak kelapa sawit adalah Kalimantan Tengah, Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Sumatra Selatan, dan beberapa wilayah lainnya.
 
Namun demikian, selain beberapa kekayaan alam yang telah disebut di atas yang merupakan produk unggulan dari sektor pertanian / perkebunan Nusantara, ada juga hasil bumi yang non pertanian, salah satunya adalah batubara.

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor batubara terbesar kelima setelah Cina, India, Amerika Serikat, dan Australia. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menerangkan bahwa realisasi ekspor batubara Indonesia mencapai 1.022.000 ton per Oktober  2023. 

Baca juga:  Pintar Membaca Perubahan Selera Pasar, Kunci Keberhasilan Ekspor Kriya Indonesia

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Cek Daftar Promo & Syarat Liburan di Dufan Ancol Oktober 2023

BERIKUTNYA

Cek Syarat Promo McD 10.10 Oktober 2023 Cashback 50 Persen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: