Kopi Fest Indonesia 2023 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Jakarta Jadi Kota Terakhir Gelaran Kopi Fest Indonesia 2023, Cek Lokasi & Jadwalnya

05 October 2023   |   08:47 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Festival kopi tahunan yang diselenggarakan Otten Coffee dan Rasa Group, Kopi Fest Indonesia 2023 resmi menginjak penyelenggaraan di kota terakhir yakni Jakarta. Sebelumnya, wadah bagi para penikmat kopi ini sudah menyambangi Medan, Semarang, dan Bandung. Sebagai penutup, Kota Kasablanka dipilh sebagai lokasinya.

Seperti di kota lannya, Kopi Fest Indonesia 2023 menghadirkan banyak booth, pengalaman unik, hingga promosi menarik bagi para pengunjung mulai 4-8 Oktober 2023. CEO & Co-Founder Otten Coffee Jhoni Kusno menjelaskan, festival kopi ini mengajak pengunjung untuk ikut terlibat dalam aktivitas menarik.

Salah satunya adalah meracik dan mencicipi jenis minuman unik berbasis kopi atau bahan lainnya. “Mixologist experience yakni aktivitas meracik dan meramu minuman menjadi salah satu kegiatan yang cukup disorot dalam festival ini,” jelas Jhoni.

Baca juga: Mengenal Jenis Kopi Berkualitas: Ada Excelsa hingga Golden Crema

Jhoni mengatakan, Kopi Fest Indonesia 2023 memiiki misi untuk membawa kreasi beverage yang otentik dari berbagai daerah di Indonesia. Meski membawa judul kopi dalam tajuk festivalnya, acara ini tak melulu membicarakan dan mencicipi kopi, melainkan kesatuan minuman dalam bingkai gaya hidup masa kini.

Sehingga, acara ini bisa dinikmati oleh seluruh kalangan mulai dari penikmat kopi kasual hingga expert. Pengunjung bisa mencicipi racikan minuman dari barista profesional di experience bar.

Setiap merchant memiliki rasa kopi yang berbeda-beda. Untuk Jakarta, Kopi Fest Indonesia 2023 membawa 29 merchant kopi ternama termasuk Otten Coffee, DRiPP, dan lainnya. Sejauh ini, merchant terbanyak untuk gelaran Kopi Fest Indonesia 2023 masih dipegang oleh Medan dengan total 70 merchant. Meski lebih sedikit, festival kopi ini tetap maksimal menampilkan proses pembuatan kopi menggunakan mesin-mesin penggiling kopi pilihan.

Menurut Jhoni, festival ini bertujuan mengenalkan kopi Indonesia ke dunia. Otten Coffee menyoroti kebutuhan kopi yang kian bersentuhan dengan gaya hidup masyarakat dan menghidupkan dunia F&B.

“Kopi akan terus menjadi gaya hidup. Konsumsi kopi di Indonesia sudah meningkat 4 persen pada 2023 ini. Event ini diharapkan bisa menangkat penggiat kopi dan mempeluas bisnis UMKM kopi,” imbuhnya.
 

Ajang Berlomba Para Barista

Kopi Fest Indonesia 2023 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Kopi Fest Indonesia 2023 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Sebagai salah satu negara pengekspor kopi terbesar ke-4 di dunia, Indonesia terus memanfaatkan kekayaan biji kopi dan kreativitas untuk terus berkembang. Salah satu cara untuk menggali kreativitas penyajian kopi yaitu dengan menggelar lomba-lomba bagi barista. Tahun ini, Kopi Fest Indoensia 2023 membawa dua kompetisi kopi unggulan yaitu Indonesia AeroPress Championship 2023 dan Barista Innovation Challenge 2023.

Indonesia AeroPress Champiobship 2023 merupakan kompetisi kopi tingkat internasional menggunakan alat kopi populer bernama AeroPres. Terdapat 300 peserta dari seluruh penjuru Indonesia yang akan saling mengalahkan demi bisa berlaga di kompetisi dunia, World AeroPress Championship 2023 yang akan diselenggarakan di Melbourne, Australia.

Mewakili animo besar dalam dunia kopi, keempat kota yang disambangi Kopi Fest Indonesia 2023 juga akan berkompetisi untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi dunia ini. Sementara Barista Innovation Challenge 2023 lebih menitikberatkan pada kompetisi tantangan untuk para barista dalam berinovasi dan menunjukkan keahlian meracik minuman berbasis kopi dengan cara-cara unik dan baru.

Kompetisi ini diikuti oleh 150 peserta yang saling berlomba menemukan varian resep cita rasa kopi berciri khas Indonesia yang bisa bersaing dengan kopi internasional.

Baca juga: Cek 7 Jenis Kopi Terbaik Indonesia yang Mendunia, Ada Gayo hingga Wamena

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

4 Serial Drama Indonesia yang Berjaya di Asian Academy Creative Awards

BERIKUTNYA

Jennie BLACKPINK Rilis Single You & Me di Tengah Diskusi Kontrak BLACKPINK dan YG Entertainment

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: