Semangka dapat mencegah dehidrasi (Sumber gambar: Unsplash//Amy Shamblen)

Rekomendasi Makanan & Minuman guna Mencegah Dehidrasi

03 October 2023   |   20:00 WIB

Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami cuaca panas akhir-akhir ini. Terkait dengan hal tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan secara umum, fenomena cuaca dengan suhu panas terik terjadi karena dipicu oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer.

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh. Untuk menghindari kekurangan cairan tersebut, pentingnya menjaga keseimbangan cairan tubuh dan asupan yang tepat. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu mencegah dehidrasi.

Baca juga: Ini Perbedaan Dehidrasi dan Radang Tenggorokan, Serta Cara Pengobatannya

Berikut ini Hypeabis.id telah merangkum beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi pada tubuh kalian di cuaca panas, terutama bagi kalian yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.


1. Air Kelapa

Minum air kelapa sangat bermanfaat ketika mengalami kekurangan cairan karena mengandung air yang sangat diperlukan, serta menyediakan elektrolit dan sedikit kandungan karbohidrat. Hal ini sangat penting jika kalian sedang mengalami dehidrasi. Air Kelapa juga dapat membantu mencegah kram otot.

Sebuah studi memperlihatkan bahwa air kelapa mengisi kembali cairan yang hilang selama berolahraga seefisien minuman olahraga. Namun, beberapa peserta penelitian lebih sering melaporkan bahwa mereka merasa kembung dan sakit perut yang lebih besar setelah mengonsumsi air kelapa.


2. Semangka dan Melon

Buah dan sayur memiliki kandungan air yang sanggat tinggi, sehingga dapat menjadikan buah dan sayur menjadi pilihan yang bagus untuk mencegah dehidrasi. Terutama untuk buah-buahan seperti semangka dan melon. Keduanya memiliki kandungan air yang cukup untuk mengusir dehidrasi. Di samping itu, semangka dan melon juga memiliki kandungan serta vitamin, yang bermanfaat bagi tubuh. 


3. Kaldu dan Sup

Kaldu tulang dan sup lain dengan protein hewani juga menyediakan kolagen. Protein ini berasal dari hewan yang penting untuk kesehatan sendi, yang mungkin sangat penting jika kalian mengalami dehidrasi. Sementara itu, natrium adalah elektrolit penting yang dibutuhkan saat kalian mengalami dehidrasi. Namun, ingat jika mengonsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan masalah jantung dan tekanan darah tinggi.


4. Yogurt

Olahan susu satu ini begitu banyak manfaat. Dilansir Docs Medical, yogurt merupakan sumber kalsium, protein, dan karbohidrat yang sangat baik, serta cairan yang dapat membantu menjaga tubuh kalian tetap terhidrasi. Yogurt juga mengandung elektrolit seperti kalium dan natrium, yang dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang.


5. Air Putih

Air merupakan komponen terpenting yang dibutuhkan tubuh manusia. Air putih yang dikonsumsi tidak hanya berperan dalam menghilangkan rasa haus. Beberapa manfaat lain bagi kesehatan jika rutin minum air putih setiap hari yaitu air putih bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit. Air putih bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Baca juga: Aturan Minum Air saat Olahraga Lari Supaya Tubuh Tidak Dehidrasi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Fakta-Fakta Menarik Glenn Fredly The Movie yang Bakal Tayang pada 2024

BERIKUTNYA

5 Tip Membuka Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: