Secara umum persiapan bola voli juga hampir sama dengan jenis kegiatan olahraga lain (sumber gambar Unsplash/Jannes Glas)

Relasi Makin Banyak & Uang pun Bertambah berkat Voli

03 October 2023   |   14:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Popularitas olahraga bola voli belakangan ini tampak semarak di Indonesia. Prestasi atlet dalam pertandingan antar kampung (tarkam) dan Proliga, hingga banyaknya artis yang mulai menekuni kegiatan ini. Lantaran hal itu tak ayal membuat olahraga mintonette tersebut populer di masyarakat.

Bola voli memang menjadi salah satu pilihan publik untuk menyalurkan hobi terhadap kegiatan fisik. Tidak heran jika berbagai gelanggang olahraga di kota-kota besar kerap penuh oleh para pegiat yang ingin menjajal olahraga ini.

Baca juga: Tren Outfit Olahraga Makin Kece dan Nyaman Dipakai

Tak hanya itu, orang bermain bola voli lantaran kegiatan ini merupakan salah satu cabang olahraga yang menyenangkan dan memiliki banyak manfaat. Hal itupun diamini oleh Oong Nugroho (34) yang sudah menekuni olahraga tersebut sejak dua dasawarsa terakhir.

Oong sapaan akrabnya sudah menjadi libero di klub bola voli selama bertahun-tahun di Salatiga, Jawa Tengah. Wirausahawan itu menyampaikan bola voli juga memiliki banyak manfaat, termasuk dari tataran prestasi hingga kesehatan tubuh.

Jenis olahraga kardiovaskular itu menurutnya juga mengharuskan pemain untuk bergerak aktif saat di lapangan. Sebab untuk memenangkan permainan, mereka dituntut untuk melompat, memukul, dan menahan bola dari tim lawan agar tidak terjatuh ke tanah.

"Selain membuat badan kita tetap sehat dan bugar, bola voli juga bisa menambah relasi pertemanan, pengalaman, dan tentu saja uang dari setiap turnamen," katanya saat dihubungi Hypeabis.id belum lama ini.
 

Ilustrasi olahraga bola Voli  (sumber gambar Unsplash/Paulo Henrique Macedo Dias)

Ilustrasi olahraga bola Voli (sumber gambar Unsplash/Paulo Henrique Macedo Dias)

Selaras, pelatih bola voli, Ilyas mengatakan salah satu daya tarik bola voli adalah bisa dimainkan segala usia. Tak hanya itu, olahraga juga tidak tidak membutuhkan ruangan yang luas, yakni sekitar 9x18 meter.

Lelaki berusia 37 tahun yang sejak 2012 membangun Persatuan Bola Voli (PBV) Tornado itu antusiasme masyarakat terhadap voli memang tinggi. Hal itu pun terbukti lewat klubnya yang memiliki sekitar 100 orang lebih atlet putra dan putri di Gor Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Secara umum persiapan bola voli juga hampir sama dengan jenis kegiatan olahraga lain. Para pemain harus terlebih dulu melakukan pemanasan sebelum bermain di lapangan serta melakukan pendinginan setelahnya, untuk menghindari risiko cedera bagi yang bersangkutan.

Dia pun mengungkap tidak ada persiapan khusus bagi pemula yang ingin menggeluti olahraga tersebut. Namun, dia menyarankan untuk menggunakan perlengkapan standar, seperti sepatu khusus bola voli serta menggunakan deker atau pelindung lutut selama jalannya pertandingan.

Adapun, teknik-teknik dasar dari permainan ini meliputi passing atau penerimaan bola (bawah dan atas). Kemudian teknik dasar service (bawah dan atas), dan smash atau spike yang harus dipelajari oleh pemula agar mahir saat bermain voli.

Ilyas mengungkap, untuk menguasai teknik-teknik dasar tersebut biasanya harus latihan praktek minimal dua kali dalam satu minggu. Bagi anak asuhnya dia pun juga memberi video tutorial yang bisa dipelajari di rumah saat waktu senggang.

Olahraga bola voli  menurutnya juga termasuk olahraga yang ramah dengan kantong. Sebab pegiat tidak membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang banyak untuk berlatih. Yakni hanya bermodal bola voli seharga kisaran Rp350.000-Rp500.000 sudah bisa menekuni olahraga tersebut.

"Untuk pemula dasar dari tidak bisa menjadi bisa untuk mempelajari semua teknik bermain bola voli biasanya membutuhkan waktu minimal 3-4 bulan," tukasnya.

Baca juga: Penggiat Olahraga Harus Tahu, Ini Cara Mengonsumsi Suplemen yang Tepat Menurut Ahli

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tren Berjualan di Social Commerce Resmi Dilarang, Apa Dampaknya?

BERIKUTNYA

3 Pelajaran Penting Bagi Anak Untuk Menumbuhkan Kepedulian dan Kemampuan Resiliensi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: