Sri Asih (Sumber gambar: Dok. Bumilangit)

Sri Asih Raih Penghargaan Fantastic Fest 2023 di Amerika Serikat

28 September 2023   |   16:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Film produksi Bumilangit Cinematic Universe (BCU) berjudul Sri Asih diumumkan sebagai pemenang kategori Next Wave Features di Fantastic Fest 2023. Penobatan dalam penghargaan festival film ini mengambil tempat di Texas, Amerika Serikat mulai 21 - 28 September 2023.

Film yang dibintangi Pevita Pearce ini diumumkan sebagai pemenang kategori Next Wave Features pada Rabu (27/9/2023). Fantastic Fest adalah festival film genre terbesar di Amerika Serikat yang berfokus pada kisah baru, dengan konsep sinema menantang dari para sineas di dunia.

Baca juga: Sukses di Bioskop, Sri Asih Tayang di Disney+ Hotstar Pekan Depan

Bukan hanya memberikan penghargaan di akhir rangkaian agenda, Fantastic Fest 2023 juga menyuguhkan film-film pilihan dari sutradara-sutradara di dunia yang sudah dikurasi dan melewati persaingan ketat. Saat ini, Sri Asih masih diputar di bioskop mitra Fantastic Fest di Amerika Serikat bersama film lainnya, seperti Lounge, Riddle of Fire, Kim’s Video, Short Fuse, UFO Sweden, dan lainnya.

Sutradara film Sri Asih, Upi Avianto mengungkapkan kesenangannya atas kemenangan Sri Asih yang memenangkan kategori dalam nominasi tersebut. Bagi Upi, kemenangan ini menjadi sebuah pemantik semangat yang baru untuk terus berkarya, termasuk juga dalam menghasilkan cerita-cerita baru ke depannya.

“Senang sekali rasanya film Sri Asih mendapat apresiasi tinggi dari audiens internasional dan dari festival internasional bergengsi seperti Fantastic Fest,” jelas Upi dalam keterangan tertulis.

Produser kreatif BCU Joko Anwar yang terlibat sebagai ko-enulis di Sri Asih juga menerjemahkan kemenangan ini sebagai optimisme bahwa karya dan cerita-cerita baru bisa diterima dengan baik oleh masyarakat internasional.

“Ini menandakan bahwa Sri Asih memang memiliki kualitas yang tidak diragukan. Penghargaan ini sekaligus memberikan kami semangat lagi untuk melahirkan karya-karya berikutnya di BCU,” jelas Joko.

Kemenangan Sri Asih bukan menempuh jalan mudah. Sebab, Direktur Pemrograman Fantastic Fest Annick Mahnert mengatakan bahwa tahun ini Fantastic Fest menerima banyak film-film unik dari seluruh dunia. Ini un menjad tantangan bag tim program dan juri untuk menilai dan mengkurasi seluru film. Proses kurasi yang panjang dan memilah film-film yang berkompetisi juga dilakukan dengan kritis dan mendalam.

“Dengan begitu banyak perspektif luar biasa yang diwakili, tugas mereka untuk mengulas film-film fantastis ini tidak dapat dipungkiri sangat menantang. Kritik mereka yang bijaksana dan profesional terhadap setiap karya mewujudkan keunggulan sinematik yang kami perjuangkan di Fantastic Fest,” jelas Mahnert.
 

Gerbang Bumilangit

 

Sri Asih (Sumber gambar: Dok. Bumilangit)

Sri Asih (Sumber gambar: Dok. Bumilangit)

Sri Asih merupakan film kedua dari BCU sekaligus menjadi film superhero wanita pertama di jagat sinema tersebut. Meski dimulai dengan Gundala, Sri Asih juga menjadi gerbang utama yang membuka alur cerita penuh dalam film-film BCU ke depannya.

Salah satunya adalah dengan pengenalan karakter atau anggota Jagabumi. Melalui film Sri Asih, penonton dapat mengetahui masa depan BCU melalui peran tokoh kunci yang terlibat dalam sepanjang film.

Tak hanya Pevita Pearce yang memerankan Sri Asih sendiri, film in juga membawa pemeran ternama lainnya seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Jefri Nichol, Dimas Anggara, Surya Saputra, Jenny Zhang, dan Randy Pangalila. Film Godam akan meneruskan jalan cerita BCU setelah pengenalan karakter penting di Sri Asih.

Baca juga: 8 Karakter Superhero Bumilangit Fase 1, Siapa Setelah Gundala dan Sri Asih?

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ini Dia Resep Sayur Lodeh yang khas Betawi

BERIKUTNYA

Romantika Cinta Pasangan & Keluarga di Film Mohon Doa Restu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: