Kereta Api Indonesia. (Sumber gambar: PT Kereta Api Indonesia/X)

Sejarah, Tema & Cara Memakai Twibbon HUT ke-78 KAI

26 September 2023   |   19:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kereta api menjadi alat transportasi favorit masyarakat. Selain murah, si ular besi ini terbilang kendaraan yang aman untuk bepergian, terutama untuk jarak antar kota, antar provinsi. Namun tahukah kalian jikalau keberadaan kereta api Indonesia memiliki sejarah yang panjang. 

Mengutip laman resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), sejarahnya dimulai ketika pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Desa Kemijen pada 17 Juni 1864. Dikomandoi Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele, pembangunan dilaksanakan oleh perusahaan swasta Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) menggunakan lebar sepur 1435 mm.

Baca juga: Stasiun Kereta Peninggalan Belanda yang Masih Berdiri Megah di Jakarta

Sementara itu, pada 8 April 1875, pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api negara melalui Staatssporwegen (SS). Rute pertama SS meliputi Surabaya-Pasuruan-Malang. Keberhasilan itu mendorong investor swasta membangun jalur kereta api selama puluhan tahun di sejumlah daerah, tidak hanya di Jawa saja. 

Sampai akhir 1928, panjang jalan kereta api dan trem di Indonesia mencapai 7.464 km dengan perincian rel milik pemerintah sepanjang 4.089 km dan swasta sepanjang 3.375 km. 

Ketika pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada 1942, perkeretaapian Indonesia diambil alih dan berubah nama menjadi Rikuyu Sokyuku (Dinas Kereta Api). Selama penguasaan Nippon, kereta digunakan untuk pengangkutan hasil tambah dan peralatan perang. 

Kendati demikian, perkeretaapian berhasil dikuasai pemerintah Indonesia yang baru menyatakan merdeka. Beberapa hari pasca proklamasi 17 Agustus 1945, pemerintah berhasil mengambil alih stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang. 

Puncaknya, Kantor Pusat Kereta Api Bandung berhasil direbut pada 28 September 1945. Kini, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia, meskipun masih ada rangkaian peristiwa perebutan hingga perubahan nama, struktur, serta lambang transportasi massal ini.

Ya, Kereta Api Indonesia akan berulang tahun ke-78 pada lusa. Pada tahun ini, tema yang dipilih KAI yakni Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju. 

Nah, buat Genhype penggemar kereta api, ada berbagai cara loh untuk ikut merayakan dan memeriahkannya. Salah satunya dengan memasang Twibbon bertemakan HUT KAI. 

Caranya cukup mudah. Cukup mengakses laman Twibbonize dan masukkan keyword HUT KAI ke-78 atau HUT ke-78 KAI di kolom pencarian. Pilih salah satu Twibbon yang menurut kalian menarik.

Selanjutnya, pilih foto yang ingin kalian pajang. Klik ‘Ok’. Foto yang dipilih otomatis akan muncul di dalam Twibbon yang kalian pilih. Kamu bisa menyesuaikan tata letaknya terlebih dahulu, setelah itu klik ‘download’. 

Secara otomatis, Twibbon akan tesimpan di galeri. Kalian juga dapat membagikan Twibbon ucapan HUT KAI di media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebok, maupun Twitter. Berikut ini rekomendasi link Twibbon yang bisa kalian coba:

Link Twibbon HUT ke-78 KAI (1) : https://twb.nz/hutkai78daop5a
Link Twibbon HUT ke-78 KAI (2) : https://twb.nz/hutkai78thdaop5pwt
Link Twibbon HUT ke-78 KAI (3) : https://twb.nz/kai78tahun
Link Twibbon HUT ke-78 KAI (4) : https://twb.nz/dppkaihutri78
Link Twibbon HUT ke-78 KAI (5) : https://twb.nz/hutkai78
Link Twibbon HUT ke-78 KAI (6) : https://twb.nz/hutkaike78daop5purwokertohzf
Link Twibbon HUT ke-78 KAI (7) : https://twb.nz/hut-kai78
Link Twibbon HUT ke-78 KAI (8) :  https://twb.nz/hutkeretaapike78
Link Twibbon HUT ke-78 KAI (9) : https://twb.nz/hutke78kai

Baca juga: 8 Twibbon untuk Memeriahkan HUT ke-78 Kereta Api Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Kiat Menerapkan Eco Vacation Saat Berlibur

BERIKUTNYA

6 Cara Sederhana Mencegah Masalah Pernapasan Akibat Polusi Udara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: