Sejumlah kendaraan menunggu kereta melintas di perlintasan sebidang jalur kereta api (KA) di Jakarta, Sabtu (5/8/2023). JIBI/Bisnis/Suselo Jati

8 Twibbon untuk Memeriahkan HUT ke-78 Kereta Api Indonesia

26 September 2023   |   19:35 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Awal sejarah perkeretaapian di Indonesia tercatat pada saat jalur kereta api pertama, yakni jalur Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta), yang pada 17 Juni 1864 digali oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele.

Pembangunan jalur ini dilakukan oleh perusahaan swasta Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM), dengan menggunakan lebar sepur 1435 mm. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian terjadi pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang sebelumnya dikuasai oleh Jepang.

Salah satu momen paling bersejarah dalam rangkaian ini adalah pengambilalihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung pada 28 September 1945. Dilansir situs resmi KAI, peristiwa bersejarah inilah menjadi awal ditetapkan tanggal ini sebagai Hari Kereta Api Indonesia atau HUT KAI, yang juga menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI). 

Baca juga: Grafik Perjalanan Kereta Api 2023 Berlaku 1 Juni, Cek Update Operasional KRL Jabodetabek Terbaru

Selanjutnya, berdasarkan perjanjian damai Konferensi Meja Bundar (KMB) pada Desember 1949, dilaksanakan pengambilalihan aset-aset milik pemerintah Hindia Belanda. Pengalihan ini berbentuk penggabungan antara DKARI dan SS/VS menjadi Djawatan Kereta Api (DKA) pada 1950.

Pada 25 Mei, DKA berubah nama menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Kemudian, pada 1971 pemerintah melakukan restrukturisasi PNKA menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA), dengan tujuan meningkatkan pelayanan jasa angkutan.

Selanjutnya, PJKA berubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) pada tahun 1991. Barulah pada 1998, Perumka kemudian berubah menjadi Perseroan Terbatas, yaitu PT. Kereta Api Indonesia (Persero).

Peristiwa-peristiwa ini menjadi tonggak bersejarah dalam perkembangan perkeretaapian di Indonesia, dan kereta api menjadi salah satu sarana transportasi yang sangat penting dalam evolusi sejarah negara ini.
 

Daftar Twibbon HUT ke-78 KAI 

Tahun ini, tema HUT ke-78 KAI adalah Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju. Untuk merayakan Hari Kereta Api Indonesia atau HUT KAI, berikut 8 twibbon unik dengan tema tersebut yang bisa Genhype coba.

1. Link Twibbon HUT KAI 1
2. Link Twibbon HUT KAI 2
3. Link Twibbon HUT KAI 3
4. Link Twibbon HUT KAI 4
5. Link Twibbon HUT KAI 5
6. Link Twibbon HUT KAI 6
7. Link Twibbon HUT KAI 7
8. Link Twibbon HUT KAI 8

 

Cara Memakai Twibbon HUT ke-78 KAI

1. Pilih salah satu Twibbon yang ingin Genhype gunakan dari link yang tersedia.
2. Setelah memilih Twibbon, kalian akan diarahkan ke laman Twibbonize. Di laman tersebut, cari tombol atau opsi yang bertuliskan 'Pilih Foto' dan klik pada tombol tersebut.
3. Kalian akan diminta untuk memilih foto yang ingin dimasukkan ke dalam Twibbon. Klik pada opsi 'Pilih Foto' atau sejenisnya, dan pilih foto yang sesuai dengan keinginan. Setelah memilih foto, klik OK.
4. Foto yang kalian pilih akan muncul di atas Twibbon HUT ke-78 KAI Tahun 2023. Kalian dapat menggeser foto tersebut untuk menyesuaikan posisinya dengan Twibbon. Namun, pastikan foto tersebut berada di tempat yang sesuai pada Twibbon.
5. Setelah menyesuaikan posisi foto, klik opsi crop atau sejenisnya untuk menggabungkan foto dengan Twibbon sesuai dengan yang Genhype inginkan.

Sekarang, Twibbon HUT ke-78 KAI Tahun 2023 sudah jadi. Untuk mengunduhnya, cari tombol 'download' atau opsi serupa pada laman tersebut. Klik tombol tersebut untuk menyimpan Twibbon ke dalam galeri atau gadgetmu.

Setelah diunduh, Genhype dapat menggunakan Twibbon tersebut dengan mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Twitter, atau juga dapat menggunakannya sebagai foto profil.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Merek Jam Tangan Terkenal yang Jadi Simbol Gaya Hidup dan Prestise

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Pemain Film KKN di Desa Penari 2, Ada Aulia Sarah hingga Aming

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: