Museum Nasional (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Kondisi Terkini Museum Nasional Setelah Kebakaran, Steril Dijaga Petugas

17 September 2023   |   12:51 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kondisi terkini Museum Nasional setelah dilalap si jago api tampak lengang. Terlihat pintu masuk museum yang berada di Jalan Merdeka Barat juga ditutup. Setelah insiden kebakaran, Museum Nasional atau juga dikenal Museum Gajah ditutup untuk umum.

Pantauan Hypeabis.id di lokasi, dari pintu utama di Jalan Merdeka Barat museum ini memang tampak masih seperti biasa. Tidak ada bagian yang terlihat gosong atau rusak akibat kebakaran.

Baca juga: BLU Museum Cagar & Budaya Pastikan Koleksi Repatriasi dari Belanda Aman

Bangunan kokoh berwarna putih dan sebuah tulisan Museum Nasional dengan warna merah yang khas masih bersih. Bagian ini memang tidak terkena dampak dari kebakaran.

Lain hal dengan bagian belakang museum yang berada di Jalan Abdul Muis. Terlihat, puing-puing gosong akibat kebakaran masih berserakan. Terlihat pula tumpukan bangunan proyek.

Kendati kebakaran berada di bagian belakang, tetapi pihak MNI tetap menutup museum pada hari ini dan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Saat ini, Museum Nasional steril dari kunjungan wisatawan.
 

Museum Nasional (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Museum Nasional (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Namun, meski pintu masuk telah ditutup dan dijaga petugas, terlihat sejumlah masyarakat yang penasaran usai mendengar kabar kebakaran di museum ini terlihat melihat-lihat dari area depan. Beberapa sibuk mengambil gambar dengan gawainya.

Beberapa orang yang baru akan berkunjung juga mesti mundur karena baru tahu museum hari ini ditutup. Sementara itu, papan pengumuman berwarna kuning berisi informasi penutupan sementara Museum Nasional juga telah dipasang.

"Pengumuman museum tutup sementara hingga pemberitahuan lebih lanjut," tulis pihak MNI melalui laman Instagram-nya, dikutip Hypeabis.id, Minggu (17/9).

Bagi masyarakat yang telanjur melakukan pemesanan tiket, informasi mengenai proses tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat. Pihak MNI juga meminta dukungan dan doa agar museum bisa beroperasi normal seperti biasa.
 

Museum Nasional (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Museum Nasional (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Sebelumnya, pada Sabtu, (16/9/2023), terjadi insiden kebakaran di Museum Nasional. Titik kebakaran berada di Gedung A dan sampai pukul 21.45 WIB, api mulai berangsung dilokalisir oleh oetugas pemadam kebakaran.

Sebagai gambaran, MNI terbagi ke tiga bagian, yakni Gedung A, gedung B, dan gedung C. Adapun titik kebakaran hanya berada di bagian belakang gedung A.

Setelah api berhasil padam, pihak MNI akan segera mengerahkan tik investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi, baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan.

Pihak MNI juga sudah bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa investigasi ini berjalan dengan transparan. Prioritas MNI dan Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) ialah mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda bersejarah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

BLU Museum Cagar & Budaya Pastikan Koleksi Repatriasi dari Belanda Aman

BERIKUTNYA

Tidak Kebagian Uji Coba Kereta Cepat? KCIC Akan Buka Pendaftaran Tahap Kedua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: