Orang sedang menikmati makanan- (Photo by Louis Hansel on Unsplash)

Pengin Diet Cara Sehat? Gampang Kok, Ikuti Aja Langkah-Langkah Simpel Ini

12 September 2021   |   08:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini makin banyak orang yang sadar akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Pilihan yang paling banyak dilakukan salah satunya dengan menjalani diet. Selain konsultasi ke dokter, biasanya kita mencari sumber informasi di internet dan mengikuti cara diet para influencer atau selebritas sebagai alternatif rujukan.

Tetapi, Dokter Gizi Raissa Djuanda bilang dalam menjalani diet, sebaiknya jangan cuma melihat satu informasi saja lho. Perlu juga nih kamu riset kecil-kecilan untuk menentukan kira-kira cara apa sih yang terbaik untuk program diet kamu.

Fyi nih, kalau sehat itu bukan cuma ngomongin fisik, tapi ada juga sehat secara mental dan sosial. Kalau kamu ingin dikatakan sehat, perlu banget nih menjaga ketiganya agar tetap optimal.

Kalau untuk sehat secara fisik, tentunya menjaga pola makan sehat dengan memilih makanan yang bernutrisi tinggi, juga harus tetap berolahraga teratur. Habis itu diikuti dengan menerapkan pola hidup bersih, mencukupi kebutuhan cairan setiap hari, dan istirahat yang cukup.

Ketika menjalani diet, biasanya ada empat jenis makanan yang paling dihindari yaitu nasi, tepung, minyak, dan gula. Tapi, Dokter Raissa justru menyarankan hal paling mudah adalah diet gizi seimbang. Yakni dengan tidak mengurangi salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pendeknya, cuma mengurangi porsinya.

Caranya mudah kok, setiap kali kamu makan, kurangi dari seperempat porsi yang biasa kamu konsumsi. Dengan begitu, otomatis kamu sudah mengurangi tiga perempat porsi setiap harinya. Total kalori yang masuk juga akan lebih rendah pastinya. 

Sebaiknya dalam menjalani diet, kamu konsultasi lebih dulu ke dokter gizi karena masing-masing kondisi tiap orang kan berbeda-beda. Ada yang gemuk tapi sehat, ada yang gemuk dengan penyakit penyerta seperti hipertensi, penyakit jantung, diabetes, atau kolesterol. Kondisi tertentu ini nantinya bakal berpengaruh pada pantangan untuk makan.

Nah, setelah tahu info satu ini, kira-kira kapan kamu mau memulai untuk hidup sehat dengan gizi seimbang?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sensasi Kelezatan Barbeque Khas Korea

BERIKUTNYA

3 Fitur Komunikasi Berbasis Suara Ini Sedang Tren. Mau Coba?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: