Ilustrasi ruang obrolan di WhatsApp. (Dok. Christian Wiediger dari Unsplash)

WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sekali Lihat Serupa Instagram

04 August 2021   |   07:48 WIB

Buat Genhype yang terbiasa untuk mengirim foto dan video yang hanya tampil satu kali setelah dibuka di dalam pesan pribadi di Instagram, kini kalian akan menemukan fitur serupa di dalam platform WhatsApp mulai Rabu (4/8). Alasan rilisnya fitur ini dilatarbelakangi oleh keluhan akan penyimpanan foto dan video yang memakan memori di dalam ponsel.

Jika Sekali Lihat di Instagram bisa didapatkan dengan menggeser ke tombol paling kiri yang bertuliskan Sekali Lihat, maka di WhatsApp fitur ini bekerja ketika pengguna memilih tombol 1 yang terletak di sebelah kiri dari tombol kirim. 
 

Tampilan fitur Sekali Lihat di WhatsApp. (Dok. WhatsApp)

Tampilan fitur Sekali Lihat di WhatsApp. (Dok. WhatsApp)


Lalu, foto dan video yang terkirim dengan ikon "sekali lihat" akan dibuka oleh pengguna dan foto tersebut akan hilang setelah dibuka dan pesan tersebut akan ditandai dengan status "dibuka". Jika konten tersebut belum dibuka selama 14 hari setelah pengiriman, maka media akan mengalami kedaluwarsa di dalam ruang obrolan.

Perincian lainnya yang juga disebutkan adalah fitur Sekali Lihat membuat konten foto dan video yang dikirim maupun diterima yang dibagikan tidak bisa diteruskan, disimpan, diberi bintang, dan dibagikan serta masih bisa dipulihkan dari cadangan (backup) jika pesannya belum dibuka saat pencadangan berlangsung.

Dalam unggahan blog resminya, WhatsApp mengimbau fitur ini digunakan untuk orang yang dipercayai pengguna karena bisa saja penerima akan menangkap atau merekam konten di dalam Sekali Lihat di dalam perangkatnya maupun dengan perangkat lain yang dimiliki.

Berdasarkan laporan The Verge yang dikutip Hypeabis.id, Mark Zuckerberg sempat mengonfirmasi kehadiran fitur ini pada Juni 2021 meski tidak merincikan hal-hal terkait fitur ini.

WABetaInfo juga pernah melaporkan fitur ini telah melalui proses uji coba atau beta test selama satu bulan sebelum peluncurannya.

 

SEBELUMNYA

Trik Menata Rumah Minimalis Terasa Lega dengan Konsep Open Plan

BERIKUTNYA

Hati-hati! Banyak Duduk & Jarang Gerak Bisa Alami Gangguan Tidur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: