Fitur Flows di WhatsApp Business (Sumber gambar: Meta)

Flows, Fitur Terbaru WhatsApp Business Pendukung Transaksi Belanja

21 September 2023   |   21:45 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan teknologi milik Mark Zuckerberg, Meta baru saja mengumumkan fitur baru untuk aplikasi chatting yakni WhatsApp. Tampaknya, Meta mengambil konsentrasi besar dalam memperluas fitur bisnis di samping pembajaruan kecerdasan buatan untuk aplikasi ini.

Beberapa fitur baru diperkenalkan Meta dalam agenda percakapan global di Mumbai. Kali ini, Meta memperkenalkan fitur baru untuk menunjang aktivitas bisnis dalam mempermudah transaksi belanja. Perusahaan yang juga membawahi Instagram dan Facebook ini memperkenalkan fitur yang berfokus untuk membantu mempercepat penyelesaian transaksi bisnis melalui obrolan WhatsApp.

Baca juga: Fitur-fitur yang Jadi Highlight di iOS 17

Meta menamai fitur ini dengan sebutan Flows, sebuah fitur pelengkap untuk meningkatkan layanan bisnis yang detail. Melalui Flows, fitur layanan bisnis ini mampu menyediakan menu yang beragam. Pemilik bisnis juga dapat mengelola formulir dan menatanya sesuai dengan kebutuhan.

Karena berkonsentrasi pada layanan bisnis, saat ini Meta hanya mengumumkan layanan ini untuk WhatsApp Business. Belum ada keterangan lebih lanjut apakah fitur ini akan hadir untuk versi WhatsApp biasa. “Kami akan menyediakan Flows untuk bisnis di seluruh dunia menggunakan Platform WhatsApp Business dalam beberapa minggu mendatang,” jelas Meta dalam keterangan tertulis.

Meta mencontohkan, Flows dapat membantu kegiatan memilih kursi kereta secara langsung dengan praktis, membuat janji temu dengan rekan bisnis, hingga memesan makanan.  Untuk merangkum banyak fitur transaksi dalam satu platform, Meta akan menautkan akun pembayaran langsung melalui obrolan WhatsApp menggunakan kartu kredit, debit, hingga aplikasi e-wallet lainnya.

Mengawali perilisannya di Mumbai, India, fitur ini secara perdana meluncur untuk pasar India sejak Selasa (19/9/2023). Kini, pengguna WhatsApp di India dapat menambahkan item ke keranjang belanja melalui fitur Flows di WhatsApp dan langsung melakukan pembayaran menggunakan metode pilihan yang tersedia. Saat ini, Meta mengumukan baru bekerja sama dengan aplikasi UPI, Razorpay, dan PayU di luar layanan bank debit dan kredit.
 

Meta Verified Segera Meluncur ke WhatsApp

Fitur Meta Verifed di WhatsApp Business (Sumber gambar: Meta)

Fitur Meta Verified di WhatsApp Business (Sumber gambar: Meta)


Kabar lain yang tak kalah penting adalah rencana Meta untuk membawa fitur verifikasi di WhatsApp. Setelah menggulirkan Meta Verified di Instagram dan Threads, kini Meta akan membawa fitur centang biru itu ke dalam WhatsApp. Nantinya, pemilik bisnis yang memiliki akun WhatsApp Business bisa mendapatkan logo centang biru.

Untuk membuat fitur ini berjalan mulus, Meta akan meminta pengelola bsnis menunjukkan keasliannya kepada Meta sebelum menerima lencana verifikasi tersebut. Meta juga menjamin akan memberi peningkatan dukungan pada akun dan perlindungan dari peniruan identitas.

“Bagi bisnis yang tertarik untuk mendaftar, Meta Verified akan hadir dengan fitur-fitur premium tambahan termasuk kemampuan untuk membuat halaman WhatsApp khusus yang mudah ditemukan melalui pencarian web, dan dukungan multi-perangkat sehingga banyak karyawan dapat merespons pelanggan,” imbuh Meta. Saat ini, Meta tengah bersiap untuk melakukan pengujian Meta Verified di  WhatsApp Business sebelum merilisnya secara global.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

Kontrak Masih Proses, Rumor 3 Member BLACKPINK Hengkang dari YG Entertainment Beredar

BERIKUTNYA

Candra Wijaya Nilai Regenerasi Atlet Bulutangkis Nasional Masih Hadapi Sejumlah Tantangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: