Bunga anggrek (Sumber gambar: Amelia Cui/Pexels)

5 Hiasan Bunga Pembawa Keberuntungan Saat Imlek

01 February 2022   |   15:05 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Tahun Baru China atau Imlek menjadi momen yang sangat dinantikan bagi yang merayakannya. Selain menyajikan berbagai hidangan keberuntungan, keturunan Tionghoa juga mendekorasi rumah mereka dengan berbagai hiasan bernuansa merah, dilengkapi lampion yang bakal mempercantik rumah.

Selain itu, ada juga tanaman hias yang memiliki arti penting dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Dikutip dari chinahighlights, Hypeabis.id telah merangkum lima jenis bunga dan buah keberuntungan yang paling sering digunakan sebagai dekorasi di Tahun Baru Imlek.
 

1. Pohon Jeruk atau Kumquat

Pohon kumquat adalah tanaman yang sangat populer yang ditampilkan selama liburan Tahun Baru Imlek, terutama di daerah berbahasa Kanton Cina Selatan di Hong Kong, Makau, Guangdong, dan Guangxi. Memiliki pohon kumquat di rumah melambangkan keinginan untuk kekayaan dan keberuntungan. Bahkan di Kanton dan Mandarin, nama pohon tersebut terdengar seperti kata 'keberuntungan'.
 

2. Bunga Anggrek

Memasang dekorasi bunga saat perayaan Tahun Baru China atau Imlek merupakan sesuatu yang penting. Selain sebagai hiasan atau mempercantik dekorasi rumah, bunga anggrek juga memiliki makna khusus di dalam setiap perayaan Imlek.

Tak heran selama Tahun Baru Imlek, sejumlah toko bunga akan memiliki banyak karangan bunga, pot, dan rangkaian Anggrek dengan variasi dan warna yang tidak terbatas. Anggrek sendiri merupakan bunga yang halus, indah, dan elegan di China. Bunga tersebut telah lama dianggap sebagai simbol kesuburan dan kelimpahan. Anggrek juga menandakan kehalusan, kemewahan, dan kepolosan. Bunga-bunga ini menjadi hadiah berharga di musim ini.
 

3. Bunga Persik

Bunga persik termasuk jenis tanaman yang cukup populer untuk dekorasi saat Imlek. Bunga persik melambangkan romansa, kemakmuran, dan pertumbuhan yang populer di kalangan generasi muda yang sedang mencari cinta.

Tanaman ini dianggap suci di China termasuk buah persik yang juga dianggap sebagai buah keberuntungan yang melambangkan umur panjang. Tak heran bila bunga dan buah persi memiliki arti dan makna yang  sangat penting bagi orang Tionghoa, terutama saat perayaan Imlek.
 

4. Bunga Plum

Bunga merah muda cerah ini melambangkan ketekunan dan keandalan - dua sifat penting untuk menjadi sukses dalam hidup. Bunga pulm ini menjadi salah satu bunga simbolis terpenting bagi orang Tionghoa yang mewakili daya tahan dan keberanian. Plum, bersama dengan anggrek (kemurnian), bambu (kejujuran), dan krisan (kerendahan hati), merupakan 'empat bangsawan'.
 

5. Tanaman Bambu

Bambu keberuntungan menjadi simbol kekuatan bagi orang Tionghoa. Tanaman ini biasanya dibentuk dengan cara ditekuk, dipelintir, dan diputar-putar menjadi berbagai bentuk. Tanaman ini dihiasi dengan pita merah dan ornamen keberuntungan.



Editor: Gita
 
SEBELUMNYA

Kumpulan Puisi Sipit, dari Rasa Marah hingga Penerimaan Diri

BERIKUTNYA

4 Produk Paling Laris saat Imlek di E-commerce

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: