Oscar de la Renta (Sumber foto: Flickr/Georgewbushcenter)

5 Fakta Oscar de La Renta, Desainer yang Karyanya Dikenakan Selena Gomez

15 September 2023   |   19:30 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Nama desainer legendaris Oscar de la Renta jadi buah bibir. Sebab, karyanya yang dikenakan penyanyi Selena Gomez di ajang MTV Video Music Awards 2023 beberapa waktu lalu, sukses mencuri perhatian publik. Gomez tampil menawan dengan balutan gaun merah karya sang desainer.

Siapa sebenarnya desainer ini? Pemilik nama lengkap Óscar Arístides Renta Fiallo ini merupakan salah satu desainer hebat dunia. Oscar lahir di Santo Domingo, Republik Dominika pada 22 Juli 1932. Oscar merupakan putra ketujuh dari pasangan Oscar Avelino de la renta dan Maria Antonia Fiallo. 

Baca juga: Selena Gomez Tampil Anggun di MTV Award Dengan Busana dari Oscar de la Renta

Dia dikenal karena karyanya yang menggabungkan sentuhan keanggunan klasik dengan inovasi yang memukau. Desainnya telah menghiasi karpet merah, panggung, dan sorotan media selama beberapa dekade. Gaun yang dipilih oleh Selena Gomez adalah contoh sempurna dari keahlian dan bakat desainer ini.

Untuk mengenal lebih jauh kiprah sang desainer, berikut fakta-faktanya yang dihimpun dari situs resminya, Britannica, dan council of Fashion  Designers of America.

 

1. Bercita-cita Menjadi Pelukis Abstrak

Desainer terkenal dunia ini, mengawali kariernya dengan menempuh pendidikan di San Fernando Royal Academy of Fine Arts, Madrid pada usia 18 tahun. Saat mengenyam pendidikan di Madrid, awalnya Oscar ingin menjadi seorang  pelukis abstrak. Namun, Oscar memutuskan untuk  membantu pekerjaan desainer terkenal di Spanyol, yakni Cristobal Balenciaga sebagai ilustrator untuk butik.

Selain itu, Oscar pernah menjadi asisten desainer Lanvin Castillo-Antonio del Castillo dan Christian Dior. Setelah beberapa tahun bertahan di Paris, pada 1963 Oscar memutuskan untuk tinggal di New York, Amerika dan bekerja di perusahaan  Elizabeth Arden.


2. Masuk ke Industri Fesyen

Untuk pertama kalinya pada 1965 Oscar bergabung bersama Jane Derby dengan menanam saham sebanyak 33 persen.  Pada tahun yang sama, Oscar mulai mendirikan label Oscar de la Renta. Karya pertama desainer asal Dominika ini digunakan oleh Helmut Newton untuk mengisi majalah Vogue edisi 1967.

Setelah itu, karya-karya Oscar mulai dikenal di kalangan sosialita karena menggunakan desain bernuansa modern, terkesan romantis, feminin. Selain itu, Oscar juga menggunakan teknik pembuatan pakaian yang berkualitas.

Oscar memadukan desain menggunakan kain sutra halus, dengan teknik ruffles pada kain, serta menggunakan warna-warna cerah namun terkesan lembut. Selain merancang busana, desainer terkenal ini juga mengepakan sayapnya pada dunia desain aksesoris, tas, parfum, hingga interior rumah tangga dengan label namanya sendiri.


3. Kehidupan Sosial

Selain terkenal sebagai seorang desainer, Oscar de la Renta juga terkenal baik hati dengan selalu membantu masyarakat miskin. Beberapa jejak kebaikannya adalah saat sang desainer mendirikan Yayasan  Casa del Nino di La Romana yang menyediakan panti asuhan dan sekolah.

Pendirian yayasan ini dikarenakan, lebih dari 1.200 anak di Dominika menjadi yatim piatu, karena kurangnya kemampuan orang tua untuk memberikan kehidupan yang layak pada anak-anaknya. Salah satu anak yang menjadi yatim piatu adalah Moises, yang saat ini menjadi anak angkat dari Oscar de la Renta.


4. Akhir Perjalanan Kariernya

Perjalanan karier sang desainer berhenti saat Oscar mengidap penyakit kanker. Dia meninggal pada 20 Oktober 2014. Namun sebelum menghembuskan nafas terakhir, Oscar telah mempersiapkan desain yang akan dipamerkan pada pameran Pre-Fall 2015. Beberapa koleksi yang disiapkan sang legendaris adalah rok pensil dan peplum yang melukiskan style feminin, gaun cantik dengan gaya full skirt, serta berbagai pakaian dengan motif sulaman bunga.


5. Langganan Tokoh & Selebritas 

Semasa hidupnya, karya-karya Oscar pernah dikenakan beberapa selebritas dan tokoh dunia. Misalnya, ibu negara Amerika Serikat seperti  Amy Adams dan Hillary Clinton. Selain itu, gaun karya Oscar juga dikenakan oleh Sarah Jessica Parker, Jacqueline Kennedy Onassis, Nancy Reagan, hingga Michelle Obama.

Baca juga: Desainer Nicklas Skovgaard Membuat Debut Eksklusif di Copenhagen Fashion Week

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Drawing & Mekanisme Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia Masuk ke Pot 1

BERIKUTNYA

Cek Passing Grade Tes SKD CPNS 2023, Ini Rinciannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: