IKN Nusantara di game Roblox (Sumber gambar: Instagram.com/kemenpupr)

Ada IKN Nusantara di Game Roblox, Begini Cara Mainnya

15 September 2023   |   08:15 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pengembangan ibu kota baru Indonesia kian dipercepat jelang pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara. Gedung-gedung fisik pemerintahan dan fasilitas lainnya kini sedang dalam masa pembangunan.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memiliki cara unik untuk memperkenalkan ragam konsep pembangunan di IKN Nusantara. Salah satunya adalah dengan membawa perkenalan lingkungan IKN Nusantara melalui game Roblox. 

Baca juga: Siap-siap, Roblox Bakal Hadir di PlayStation Pada Oktober 2023

Kabar ini disampaikan langsung oleh Kementerian PUPR melalui akun Instagram resminya. Dalam memperkenalkan IKN Nusantara melalui Roblox, Kementerian PUPR menggandeng studio game lokal yakni HH Games Studio yang menjadi salah satu otak di balik game Roblox seri Bigboos Tycoon. Tak hanya studio gim, perusahaan konsultan teknologi Datalabs juga digaet dalam proyek ini.

Melalui Roblox, masyarakat yang memainkan game ini dapat melihat konsep bangunan yang kini sedang dibangun di Kalimantan. Selain itu, penjelajahan IKN Nusantara di platform dapat dilakukan melalui ponsel atau komputer. Pemain cukup mengunduh aplikasi Roblox, kemudian mengetik Nusangka yang merupakan nama seri game Roblox untuk melihat konsep IKN Nusantara.

Dalam gim ini, pemain akan menjadi karakter Roblox untuk menyusuri IKN Nusantara. Karakter Roblox ini pun menggunakan pakaian tradisional khas Indonesia. Tak hanya satu, tersedia sekitar delapan jenis pakaian tradisional yang dapat dipilih pemain sebagai skin avatar sebelum berkeliling IKN Nusantara.

Saat memasuki area game, pemain dapat berjalan menyusuri IKN Nusantara dengan melihat Istana Presiden dan kantornya yang dibuat ikonik. Terdapat pula landskap Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang nantinya akan menjadi jantung pemerintahan ibu kota. Pemain bisa melihat lanskap KIPP IKN ini dari bagian atas gedung kantor presiden dengan pemandangan hijau di sisi kanan dan kiri kawasan.
 

Bangunan indah lainnya yang tak kalah menarik adalah rumah kaca dan Plaza Seremoni. Keduanya adalah tempat ikonik yang dirancang di tengah konsep forest city di IKN Nusantara. Sementara Plaza Seremoni menjadi salah satu ruang terbuka yang hadir di sepanjang Sumbu Kebangsaan, pilar utama dalam struktur kota di IKN Nusantara.

Hampir 70 persen keseluruhan IKN Nusantara akan dibuat dengan konsep ruang terbuka yang dikelilingi dengan ragam tanaman. Lewat Roblox, pemain pun dapat melihat konsep taman modern yang luas, asri, dan ditanami dengan berbagai jenis tumbuhan. Taman-taman ini menjadi ruang terbuka yang langsung menyatu dengan konsep penghijauan.

Game ini juga menawarkan pengalaman berbeda bagi pemain yang ingin menjelajah IKN Nusantara. Pemain bisa berkeliling IKN Nusantara di Roblox menggunakan sepeda sembari melihat pemandangan lanskap yang luas di ujung kota. Salah satunya adalah tiang-tiang pembangkit listrik yang merupakan infrastruktur pendukung keberlanjutan kota hijau IKN.

Baca juga: Yuk Simak Penjelasan Makna Filosofis Logo IKN Nusantara Bertema Pohon Hayat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Sudah Tayang, Ini 5 Alasan The Kidnapping Day Wajib Ditonton

BERIKUTNYA

Jabra Hadirkan PanaCast 50 Video Bar System dengan Panoramic View Seharga Rp85 Juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: