Puppy (Foto: Tim Umphreys/Unsplash)

Perhatikan 4 Cara Memelihara Puppy Bagi Pemula Sebelum Mengadopsinya

13 September 2023   |   20:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Salah satu hal yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang adalah dengan merawat hewan peliharaan. Biasanya orang memelihara hewan juga akan mendapatkan penghibur sekaligus penjaga bagi pemiliknya. Salah satu hewan yang banyak dipelihara adalah puppy atau anak anjing.

Saking banyaknya pencinta puppy, mereka membuat sebuah grup atau perkumpulan penggemarnya. Beberapa kelompok pencinta anjing misalnya klub Boxer Indonesia yang terbentuk sejak 2019, Jakarta Dog Lovers yanng didirikan 2016, serta Bali Fun Dog yang dibentuk sejak 2015.

Baca juga: Kenali 5 Ras Anjing Langka yang Banyak Dicari Pencinta Anabul

Selain itu masih banyak lagi kelompok pencinta anjing di Indonesia. Selain berkelompok, beberapa orang juga mulai memelihara puppy secara mandiri. Sama seperti jenis hewan peliharaan lainnya, puppy juga memiliki beberapa perawatan yang  harus diperhatikan, terutama bagi pemula.

Saat ditemui di acara Petspedia: Pets Bazaar, Metiyo, pemilik pet shop Gardenia Kennel yang memiliki toko di Jakarta dan Kota Semarang, membagikan beberapa tip memelihara puppy bagi pemula.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, sebelum memelihara anak anjing di rumah.

1. Mempersiapkan pengetahuan dasar terkait puppy
Membekali diri dengan pengetahuan terkait hewan peliharaan dapat membantu kalian untuk mengetahui karakter dan juga berbagai hal terkait puppy.

Misalnya, mempelajari ciri-ciri hewan peliharaan yang sakit, mengetahui makanan yang sesuai dengan jenis dan karakternya, mencari tahu estimasi biaya untuk mengurus puppy, dan juga pengetahuan cara menjaga kestabilan emosional saat merawat hewan peliharaan yang satu ini.
 
2. Membuat komitmen dengan diri sendiri
Komitmen atau niatan yang kuat tentu saja dibutuhkan dalam melakukan apapun. Hal ini juga harus dilakukan ketika kalian ingin memelihara puppy. Dengan membuat sebuah komitmen, kalian bisa bertanggung jawab secara penuh  terhadap hewan peliharaan.

Selain itu, kalian juga lebih mudah beradaptasi dengan hewan peliharaan seperti puppy yang  sangat aktif, sehingga bisa konsisten dari awal memeliharanya dengan menyenangkan.
 
3. Persetujuan lingkungan keluarga dan tempat tinggal

Dukungan yang baik dari keluarga dan lingkungan sekitar akan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Jika kalian memelihara puppy, bisa saja mengganggu anggota keluarga dan juga tetangga.

Oleh sebab itu, kalian wajib untuk mendapatkan izin dari lingkungan sekitar agar menjaga kenyamanan bersama. Selain itu, kalian juga lebih leluasa untuk membawa hewan peliharaan untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah ketika sudah mengantongi izin.
 
4. Menyiapkan perawatan  puppy
Metiyo juga menjelaskan, untuk memelihara puppy wajib menyiapkan segala keperluannya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti menyiapkan kandang yang cukup luas agar puppy yang aktif ini dapat bergerak secara leluasa dan tidak mudah stres.

Tidak hanya itu, kalian juga wajib menyediakan makanan sesuai jenis puppy.  Bukan hanya itu saja, Genhype juga harus menyiapkan berbagai perawatannya, seperti shampo, bedak anjing, parfum, dan juga harness atau tali anjing.
 
Baca juga: Hari Anjing Internasional 26 Agustus, Yuk Cek Ras Anjing Termahal di Indonesia

Nah itulah beberapa hal yang wajib Genhype persiapkan sebelum memelihara puppy. Dengan memberikan fasilitas yang baik, hewan peliharaan tidak mudah mengalami stres. Selain itu, pemilik  pet shop Gardenia Kennel ini juga menjelaskan estimasi biaya untuk perawatan puppy berkisar mulai Rp500.000 per bulan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resep Lava Cake isi Choco Cadbury yang Manis dan Lumer di Mulut

BERIKUTNYA

Kenali Gejala Utama Aneurisma Otak, Sakit Kepala Sering Dirasakan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: