Lava Cake (Sumber Foto: Unsplash)

Resep Lava Cake isi Choco Cadbury yang Manis dan Lumer di Mulut

13 September 2023   |   23:43 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Lava cake merupakan salah satu dessert yang digemari masyarakat Indonesia. Asal usul nama lava, karena cokelat dalam kuenya akan meleleh seperti lava yang mengalir keluar dari gunung berapi. Kue ini biasanya dipanggang setengah matang. Bagian luarnya keras sementara bagian dalamnya lunak.

Di berbagai negara, lava cake punya julukan yang berbeda-beda, misalnya molten chocolate cake, kue truffle cokelat, dan the big mac of desserts. Sejarahnya bermula sejak 1981, seorang koki legendaris asal Prancis bernama Michel Bras ingin minum coklat panas untuk menghangatkan badan setelah seharian bermain ski.

Sampai kemudian munculah ide untuk menyantap cokelat panas sebagai kudapan. Awalnya dia membuat kue coklat di atas ramekin atau wadah cupcake tahan panas. Pada bagian tengah adonan kue cokelat tersebut diberi bola beku ganache yang akan meleleh saat dipanggang.

Baca juga:  Resep Nasi Ayam Katsu Korea, Hidangan Lezat yang Lengkap

Enam tahun kemudian muncul hidangan serupa yang dibuat oleh chef Jean-Georges Vongerichten pada 1987 di sebuah pesta besar. Sang juru masak terkejut saat melihat kue buatannya masih mentah karena bagian dalamnya terlihat meleleh keluar. Namun, orang-orang yang hadir disana justru memberikan pujian dan tepuk tangan meriah karena kelezatan kue tersebut.

Sampai saat ini, ada dua versi lava cake yang diikuti oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Ada yang menerapkan resep dari chef Bras yang menambahkan ganache beku di dalam adonan kue, sehingga saat kuenya dipanggang coklat di dalamnya akan meleleh.

Namun, ada juga yang lebih suka resep Vongerichten yang memanggang kue setengah matang, sehingga bagian luarnya garing dan dalamnya sedikit mentah. Nah Genhype, yuk simak cara membuat lava cake berikut ini.
 

Bahan-bahan

  • 150 gram - Coklat cadburry
  • 125 gram - Gula pasir
  • 75 gram - Terigu
  • 75 gram - Unsalted Butter 
  • 4 butir - Telur
  • 1/4 sdt - Garam
  • 1/2 - Baking powder
 

Cara Membuat

  1. Lelehkan coklat cadbury dengan metode bain-marie lalu sisihkan sampai dingin 
  2. Nyalakan oven dengan suhu 160°C
  3. Campur telur dan gula dalam wadah, kocok dengan whisker tercampur rata
  4. Tambahkan terigu, garam, dan baking powder sambil diayak. Aduk hingga rata
  5. Terakhir masukkan lelehan coklat. Aduk kembali hingga rata
  6. Siapkan cetakan muffin atau mangkok alumunium foil. Olesi dengan margarin dan taburi tipis dengan terigu. Tuang adonan ke dalam cetakan.
  7. Masukkan ke dalam loyang dan panggang selama 5 menit.
  8. Pemanggangan, pastikan kue tidak terlalu mengembang dan benar-benar angkat setelah 5 menit. Jika terlalu matang maka lava-nya tidak terbentuk.
Catatan:
Bain-marie atau hot water bath adalah teknik memasak untuk melelehkan makanan. Caranya masukkan coklat dalam wadah tahan panas, kemudian letakkan wadah tersebut ke wadah lebih besar yang berisi air. Panaskan dengan api kecil sambil di aduk sampai meleleh.

Baca juga: Sejarah dan Resep Songgo Buwono, Egg Benedict ala Keraton Yogyakarta

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Video Musik Jung-kook 'Seven' Sabet 209 Juta Penayangan dalam Sebulan di YouTube

BERIKUTNYA

Perhatikan 4 Cara Memelihara Puppy Bagi Pemula Sebelum Mengadopsinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: