Ilustrasi TikTok (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Peluang Besar Buat UKM, Yuk Belajar Pemasaran Digital Gratis di TikTok

03 August 2021   |   13:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Manajer Konten Hypeabis.id

Sepanjang Juni, TikTok telah merampungkan rangkaian kelas online #MajuBarengTikTok dan berhasil menjangkau lebih dari 12.000 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Sebagai kelanjutan dari program pemberdayaan UKM ini, TikTok memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis lainnya untuk mengakses semua materi.

Seluruh materi ini dapat diakses dengan cara mengunjungi dan mendaftarkan diri di situs Maju Bareng TikTok. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen TikTok untuk mendukung para pelaku UKM agar bisa maju bersama pada era digital, dengan mengoptimalkan platform digital berbasis kreativitas, seperti TikTok.

Genhype dapat mengakses materi pemberdayaan ini kapan saja dan di mana saja. Ada lebih dari lima materi pemasaran digital yang bisa kalian akses dan terbagi ke dalam rangkaian topik yang secara holistik merangkum proses digitalisasi pengembangan bisnis online
 

Program #MajuBarengTikTok diselenggarakan 3-29 Juni 2021. Materi pembelajaran dapat diakses secara gratis. (Dok. TikTok Indonesia)

Program #MajuBarengTikTok diselenggarakan 3-29 Juni 2021. Materi pembelajaran dapat diakses secara gratis. (Dok. TikTok Indonesia)


Topik-topik tersebut antara lain Pengenalan ke Bisnis Online dan Toko Online, Media Sosial dan Platform Digital, Strategi Digital Marketing, Praktik Terbaik Konten Kreatif, Pengenalan TikTok untuk UKM, Pembuatan Konten Kreatif, hingga langkah dan tips untuk mulai beriklan di TikTok

Topik tersebut disampaikan oleh pemateri yang merupakan para ahli di bidang pemasaran, yang dapat diserap dan diterapkan oleh para peserta.

Pandu Nitiseputro, Head of SMB TikTok Indonesia menyampaikan bahwa pendampingan berkala pada UKM merupakan hal penting untuk mendukung mereka bisa go digital.

"Semenjak peluncuran solusi bisnis melalui TikTok for Business tahun lalu, kami melihat ada banyak UKM yang tumbuh di TikTok. Mereka terhubung dengan komunitas TikTok dengan menyampaikan kisah brand [storytelling] secara yang autentik,” ujar Pandu.

Menurutnya, program #MajuBarengTikTok ini dipersembahkan agar fitur dan layanan untuk para pelaku bisnis bisa dimanfaatkan secara efektif, sehingga mereka dapat menjangkau pasar dengan lebih luas lagi,

Program #MajuBarengTikTok yang telah terselenggara pada 3 hingga 29 Juni 2021 ini telah diikuti oleh peserta UKM yang berasal dari 34 provinsi berbeda di Indonesia. 

Latar belakang mereka juga beragam, mulai dari pebisnis kuliner, fashion, pelaku usaha bidang pendidikan dan agribisnis. 

Dari 10 kelas yang berbeda, topik mengenai pengenalan TikTok dan TikTok untuk UKM menjadi kelas yang paling banyak diminati, karena memberikan tips yang aplikatif untuk mereka bisa menjangkau konsumen di TikTok.

Salah satu peserta berbagi cerita bahwa fitur materi yang disajikan di kelas Maju Bareng TikTok telah memberikan banyak inspirasi di bidang digital marketing. 

"Program ini luar biasa membuka wawasan saya tentang pentingnya digital marketing di era pandemi seperti sekarang. Pemateri yang hadir juga luar biasa, materi mudah dipahami, overall keren!," kata Pipit Indriani, pemilik bisnis Juragan Seuhah.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Google Luncurkan Chipset Tensor untuk Ponsel Pixel 6

BERIKUTNYA

Simpan Kenangan Masa Kecil Anak dengan 5 Cara Ini Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: